TATA CARA PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

1. PEDOMAN UMUM 

  1. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian
  2. Naskah ditulis dengan huruf Time New Roman font 11. Panjang naskah sekitar 8–15 halaman dan diketik 1 spasi.
  3. Seting halaman adalah 2 kolom dengan equal with coloumn dan jarak antar kolom 5 mm, sedangkan Judul, Identitas Penulis, dan Abstract ditulis dalam 1 kolom.
  4. Ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3,5 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 2,0 cm. 

2. SISTIMATIKA PENULISAN

  1. Bagian awal : judul, nama penulis, abstraksi.
  2. Bagian utama : berisi pendahuluan, Kajian literature dan pengembangan hipotesis (jika ada), cara/metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan kesimpulan dan saran (jika ada).
  3. Bagian akhir : ucapan terima kasih (jika ada), keterangan simbol (jika ada), dan daftar pustaka.

3. JUDUL DAN NAMA PENULIS
  1. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15.
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”, u penulis kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Nama perguruan tinggi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman font 10. 
4. ABSTRACT/ABSTRAK
  1. Abstract ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa indonesia, berisi tentang inti permasalahan/latar belakang penelitian, cara penelitian/pemecahan masalah, dan hasil yang diperoleh. Kata abstract dicetak tebal (bold).
  2. Jumlah kata dalam abstract tidak lebih dari 250 kata dan diketik 1 spasi.
  3. Jenis huruf abstract adalah Times New Roman font 11, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat.
  4. Abstract dilengkapi dengan Keywords yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi. Kata Keywords dicetak tebal (bold).
5. ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH
  1. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Times New Roman font 11 dan dicetak tebal (bold).
  2. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi spasi.
  3. Kata asing ditulis dengan huruf miring.
  4. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja.
  5. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.

6. REFERENSI

Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. Kemutakhiran referensi
sangat diutamakan. 

Template Artikel Ilmiah

JUDUL DITULIS DENGAN
FONT TIMES NEW ROMAN 12 CETAK TEBAL
(MAKSIMUM 12 KATA)

Mahasiswa1 , Pembimbing12 , Pembimbing23 (Font Times New Roman 10 Cetak Tebal dan NamaTidak Boleh Disingkat) 
123Nama Prodi Nama Jurusan Fakultas Seni dan Desain 
1Email penulis1@cde.ac.id 
2Email penulis1@cde.ac.id 
3Email penulis1@cde.ac.id 
[Font Times New Roman 10 spasi tunggal, tidak di cetak tebal] 

Abstract [Times New Roman 11 Cetak Tebal dan Miring]

Abstrak bahasa Inggris/Indonesia. tidak boleh lebih dari 200 kata, boleh berkisar antara 80-100 kata, dalam satu alinea tanpa acuan (referensi) tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak berisi: tujuan penelitian, metode pelaksanaan, teknik analisis dan hasil kegiatan. Disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, diketik dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat. dengan font Times New Roman huruf 11, spasi tunggal,.

Keywords: Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 11
spasi tunggal, dan cetak miring]

PENDAHULUAN
Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, urgensi permasalahan, hasil kajian pustaka utama yang menjadi landasan penelitian, hasil-hasil riset sebelumnya yang relevan dengan kajian penelitian, dan tujuan penelitian. 

Penulis sangat disarankan menggunakan referensi artikel jurnal bereputasi dari terbitan terbaru untuk dijadikan landasan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan disajikan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf, tidak dibagi bagian perbagian yang ditulis dengan model pembaban laporan penelitian/skripsi/tesis disertasi. Panjang bagian pendahuluan 15-20 % dari total naskah. [Times New Roman, 11, normal, Spasi 1]. Lihat terbitan TANRA sebelumnya untuk menyesuaikan isi tulisan dan gaya selingkung.

METODE

Bagian Metode penelitian menjelaskan tentang: pendekatan, ruang lingkup atau objek, definisi operasional variable/deskripsi fokus penelitian, tempat, populasi dan sampel/informan, bahan dan alat utama, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. 

Bagian ini berisi uraian prosedur dan langkah-langkah penelitian yang bersifat khas sesuai dengan topik yang dikaji. Panjang bagian metode berkisar 10-15 % total panjang naskah. Seluruh bagian meotode juga disajikan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf, tidak dibagi bagian perbagian yang ditulis dengan model pembaban laporan penelitian/skripsi/tesis disertasi [Times New Roman, 11, normal, Spasi 1].

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil Sub judul di hasil, tuliskan dengan huruf kapital diawal kata saja, bold. Seperti bagian yang lain, tidak diberikan nomor, huruf, atau bullet. Bahasa asing, bahasa daerah, dan istilah tidak baku dicetak dengan huruf miring.

Bagian hasil dan pembahasan menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian disajikan dengan lengkap dan sesuai ruang lingkup penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul. Hasil analisis data dimaknai dengan benar. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. [Times New Roman, 11, normal]. 

Tabel 1. Judul Tabel dengan Bold, Spasi 1,

Proses Kreatif (anak sub judul)

Jika ada anak sub judul lainnya di hasil, tuliskan dengan huruf kapital diawal kata saja, Seperti bagian yang lain, tidak diberikan nomor, huruf, atau bullet. Bahasa asing, bahasa daerah, dan istilah tidak baku
dicetak dengan huruf miring. Untuk anak sub judul tidak dibold.

Pembahasan

Pembahasan menjadi aspek terpenting dari keseluruhan bagian penelitian dan selayaknya diberi ruang paling besar. Pembahasan berisi pemaknaan hasil penelitian yang telah diuraikan. Apa makna analisis data yang telah dihasilkan pada bagian hasil? Bagian pembahasan ini merupakan bagian terpenting dari artikel sehingga author sehingga penulis diminta memberikan pembahasan yang lengkap dan jelas.

Pembahasan harus menunjukkan kebaruan dan temuan signifikan dari penelitian yang dilakukan. Pembahasan dilakukan dengan (1) menafsirkan temuantemuan penelitian, (2) mengintegrasikan temuan dalam struktur ilmu pengetahuan, (3) menungkap temuan-temuan baru (teori baru atau modifikasi teori yang sudah ada), dan (4) penjelasan implikasi temuan secara teori dan praktis.

Gunakan hasil penelitian terbaru dari jurnal bereputasi untuk membahas temuan penelitian. Panjang paparan hasil penelitian dan pembahasan antara 50-60 % total panjang artikel. Bagian pembahasan ditulis dengan Time New Roman 11

Jika naskah menyertakan gambar, gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan di bawah gambar dengan posisi tengah (center justified) seperti contoh berikut.

Gambar 1. Ilustrasi Karya Ahmad Yasin pada Harian Kompas Minggu 8 Maret 2020

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. Simpulan adalah temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan peneitian atau tujuan penelitian. Hasil penelitian memberikan saran/kontribusi terhadap aplikasi dan/atau pengembangan ilmu. Simpulan dan saran dipaparkan dalam bentuk paragraf, antara 5-10% total panjang naskah. [Times New Roman, 11, normal].

DAFTAR PUSTAKA

Memuat sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir. Daftar rujukan ditulis sesuai dengan American Psychological Association (APA) Fifth edition. Semua sumber yang tercantum dalam daftar pustaka harus ada dalam naskah artikel. 

Penulisan naskah dan situasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. [Times New Roman, 11, normal].

0 Response to "TATA CARA PENULISAN ARTIKEL ILMIAH "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak