Provinsi dengan Bahasa Daerah Terbanyak di Indonesia

Indonesia menjadi negara dengan bahasa daerah terbanyak nomor dua setelah Papua Nugini yang mencatatakan 810 bahasa kedaerahan. 

Di tahun 2019 ini, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Budaya Repubik Indonesia bahkan mencatat telah ada penambahan 50 lainnya.

Sehingga secara resmi total bahasa daerah di tanah air mencapai 718. Dan ini tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke.

Ada dua alasan besar yang memungkinkan bertambahnya jumlah bahasa daerah di Indonesia. 

Pertama, terdapat beberapa bahasa yang sama yang digunakan di beberapa provinsi yang berbeda seperti Jawa, Melayu, Bali, dan Bajo. 

Kedua, masih adanya wilayah di Indonesia yang belum sepenuhnya teridentifikasi hingga saat ini, terutama di provinsi Indonesia Timur

Sebagaimana diketahui, bahasa daerah menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia dengan menjadikan sebagai mata pelajaran bermuatan lokal (Mulok) di sekolah. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk melestarikan sekaligus memberikan pengenalan kepada para siswa di setiap provinsi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar provinsi di Indonesia yang memiliki bahasa kedaerahan terbanyak:

1. Papua

Wilayah Papua berada di posisi teratas dengan jumlah 300. Wilayah paling Timur di Indonesia ini juga menjadi tetangga terdekat Negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak di dunia, yakni Papua Nugini. 

Papua diantaranya memiliki bahasa daerah Aabinomin, Abrap, Abun, Abun Gii, Afilaup, Aframa dan masih banyak lagi

2. Provinsi Papua Barat

Provinsi Papua Barat memiliki 95 bahasa daerah dan mencatatkan diri sebagai wilayah kedua terbesar yang memiliki jumlah terbanyak di tanah air. 

Jika ditotal, saat ini Pulau Papua mencatatkan lebih dari 400 atau lebih dari setengah yang ada di Indonesia ada di wilayah ini.

3. Maluku

Pulau Maluku mencatatkan diri sebagai wilayah di Indonesia yang memiliki jumlah bahasa daerah terbanyak ke-3 dengan jumlah mencapai 70. Diantaranya ada Balkewan, Banda, Barakai, Batuley, Kur dan masih banyak lagi.

4. Nusa Tenggara Timur (NTT)

Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi provinsi terbanyak keempat yang mencatatkan diri memiliki bahasa daerah terbanyak di Indonesia. Tercatat, NTT memiliki 69 bahasa, diantaranya adalah Abui (Abao), Adang, Alor, Anakalang dan banyak lagi lainnya.

5. Sulawesi

Sulawesi memiliki bahasa daerah terbanyak kelima dengan catatan 58 bahasa. Bahasa daerah yang umum digunakan anatra lain adalah Bada, Balaesang, Balantak, Bantik, Baras, Besoa dan lain sebagainya.

6. Kalimantan

Kalimantan, selain menjadi pulai terbesar di Indonesia juga merupakan wilayah yang memiliki jumlah bahasa terbesar keenam di Indonesia. Kalimantan tercatat memiliki 57 bahasa daerah. 

Diantaranya adalah Bayan, Benuak, Berangas, Bulungan, Dayak Baream, Dayak Kapuas, Dayak Ngaju, Dayak Pulau Telo, Dayak Sei Dusun dan masih banyak lagi. 7. Sumatera

7. Sumatra

Sumatera memiliki 26 bahasa daerah yang biasa digunakan oleh masyarakatnya. diantaranya adalah Devayan, Gayo, Kerinci, Jawa, lampung dan banyal lainnya.

8. Nusa Tenggara Barat (NTB)

Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat memiliki 11 bahasa daerah yang banyak digunakan masyarakatnya, meski sebagian besar merupakan bahasa daerah yang banyak digunakan berasal dari bahasa daerah dari, provinsi lain, seperti Makasar, Sulawesi, Jawa, Bali dan lainnya.

9. Jawa

Jawa mencatatkan diri dengan 10 bahasa daerah yang dimilikinya, diantaranya adalah bahasa jawa, sunda, melayu, mandarin dan lain sebagainya. 

Karena itu, Jawa mencatatkan diri sebagai provinsi ke-9 yang memiliki jumlah bahasa terbanyak di Indonesia.

10. Bali

Bali memiliki setidaknya 10 bahasa daerah. diantaranya bahasa Bali, Jawa, Mandarin, Melayu, Bajo dan lain sebagainya.

Nah, itulah daftar provinsi yang memiliki bahasa daerah terbanyak di Indonesia. Indonesia sendiri masih berpontensi menambah jumlah kekayaan yang satu ini, 

Mengingat masih ada provinsi lain yang belum sepenuhnya teridentifikasi dan tercatat memiliki bahasa daerah lainnya.

0 Response to "Provinsi dengan Bahasa Daerah Terbanyak di Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak