Bacaan Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Islam

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠู…ِ
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta’ala, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dari-Nya, dan meminta ampunan-Nya. 

Kita berlindung kepada-Nya dari keburukan-keburukan jiwa kita, dan kejelekan-kejelekan perbuatan kita. 

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah atas diri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan orang orang yang setia meniti jalan petunjuknya hingga hari kiamat.

Tahun Baru Islam atau yang sering disebut dengan Tahun Baru Hijriyah 1444 yakni Tahun Baru bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia.

Bulan Muharram merupakan bulan yang penting dalam sejarah Islam. Dan bulan Suro menjadi penanda awal tahun kalender Islam.

Dan pada tahun ini, peringatan Tahun Baru 1 Muharram bertepatan pada hari Sabtu, 30 Juli 2022.

Nah, untuk menyambut tahun Baru Islam kali ini atau 1 Muharram disunnahkan untuk membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Berikut ini doa akhir tahun dan awal tahun yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam yang dibaca setelah ashar atau sebelum datang waktu Maghrib.

Doa Akhir Tahun:

ุงَู„ู„ّٰู‡ُู…َّ ู…َุง ุนَู…ِู„ْุชُ ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ٍ ูِูŠ ู‡ٰุฐِู‡ِ ุงู„ุณَّู†َุฉِ ู…َุง ู†َู‡َูŠْุชَู†ِูŠ ุนَู†ْู‡ُ ูˆَู„َู…ْ ุฃَุชُุจْ ู…ِู†ْู‡ُ ูˆَุญَู„ُู…ْุชَ ูِูŠْู‡ุง ุนَู„َูŠَّ ุจِูَุถْู„ِูƒَ ุจَุนْุฏَ ู‚ُุฏْุฑَุชِูƒَ ุนَู„َู‰ ุนُู‚ُูˆْุจَุชِูŠْ ูˆَุฏَุนَูˆْุชَู†ِูŠْ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุชَّูˆْุจَุฉِ ู…ِู†ْ ุจَุนْุฏِ ุฌَุฑَุงุกَุชِูŠْ ุนَู„َู‰ ู…َุนْุตِูŠَุชِูƒَ ูَุฅِู†ِّูŠ ุงุณْุชَุบْูَุฑْุชُูƒَ ูَุงุบْูِุฑْู„ِูŠْ ูˆَู…َุง ุนَู…ِู„ْุชُ ูِูŠْู‡َุง ู…ِู…َّุง ุชَุฑْุถَู‰ ูˆَูˆَุนَุฏْุชَّู†ِูŠ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุซَّูˆَุงุจَ ูَุฃَุณْุฆَู„ُูƒَ ุฃَู†ْ ุชَุชَู‚َุจَّู„َ ู…ِู†ِّูŠْ ูˆَู„َุง ุชَู‚ْุทَุนْ ุฑَุฌَุงุฆِูŠْ ู…ِู†ْูƒَ ูŠَุง ูƒَุฑِูŠْู…ُ

Allรขhumma mรข ‘amiltu min ‘amalin fรฎ hรขdzihis sanati mรข nahaitanรฎ ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fรฎhรข ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alรข ‘uqรปbatรฎ, wa da‘autanรฎ ilat taubati min ba‘di jarรข’atรฎ ‘alรข ma‘shiyatik. Fa innรฎ astaghfiruka, faghfirlรฎ wa mรข ‘amiltu fรฎhรข mimmรข tardhรข, wa wa‘attanรฎ ‘alaihits tsawรขba, fa’as’aluka an tataqabbala minnรฎ wa lรข taqtha‘ rajรข’รฎ minka yรข karรฎm.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal tahun: 

ุงَู„ู„ّٰู‡ُู…َّ ุฃَู†ْุชَ ุงู„ุฃَุจَุฏِูŠُّ ุงู„ู‚َุฏِูŠู…ُ ุงู„ุฃَูˆَّู„ُ ูˆَุนَู„َู‰ ูَุถْู„ِูƒَ ุงู„ุนَุธِูŠْู…ِ ูˆَูƒَุฑِูŠْู…ِ ุฌُูˆْุฏِูƒَ ุงู„ู…ُุนَูˆَّู„ُ، ูˆَู‡ٰุฐَุง ุนَุงู…ٌ ุฌَุฏِูŠْุฏٌ ู‚َุฏْ ุฃَู‚ْุจَู„َ، ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุงู„ุนِุตْู…َุฉَ ูِูŠْู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูˆَุฃَูˆْู„ِูŠَุงุฆِู‡ِ، ูˆَุงู„ุนَูˆْู†َ ุนَู„َู‰ ู‡ٰุฐِู‡ِ ุงู„ู†َّูْุณِ ุงู„ุฃَู…َّุงุฑَุฉِ ุจِุงู„ุณُّูˆْุกِ، ูˆَุงู„ุงِุดْุชِุบَุงู„َ ุจِู…َุง ูŠُู‚َุฑِّุจُู†ِูŠْ ุฅِู„َูŠْูƒَ ุฒُู„ْูَู‰ ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ุฌَู„َุงู„ِ ูˆَุงู„ุฅِูƒْุฑَุงู…ِ

Allรขhumma antal abadiyyul qadรฎmul awwal. Wa ‘alรข fadhlikal ‘azhรฎmi wa karรฎmi jรปdikal mu‘awwal. Hรขdzรข ‘รขmun jadรฎdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fรฎhi minas syaithรขni wa auliyรข’ih, wal ‘auna ‘alรข hรขdzihin nafsil ammรขrati bis sรป’I, wal isytighรขla bimรข yuqarribunรฎ ilaika zulfรข, yรข dzal jalรขli wal ikrรขm.

Artinya: “Ya Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Demikianlah doa akhir tahun dan awal tahun Baru Islam yang dianjurkan dibaca untuk menyambut Tahun Baru Islam 2022 atau 1444 Hijriyah.

0 Response to "Bacaan Doa Akhir Dan Awal Tahun Baru Islam"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak