Komponen Dan Peran Struktur Organisasi Sekolah

Dalam pengelolaan pendidikan di dalam Sekolah Menengah Pertama (SMP), terdapat suatu struktur organisasi yang berfungsi untuk merencanakan dan memastikan bahwa pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah berjalan dengan baik. 

Adapun komponen komponen dan peran dari struktur organisasi tersebut adalah:

1. Kepala Sekolah

Kepala sekolah berperan sebagai Manager, Edukator, Administrator, Leader Motivator, dan juga Inovator.

2. Wakil Kepala Sekolah

Wakil kelapa sekolah berperan membantu kepala sekolah dalam melakukan berbagai kegiatan seperti menyusun rencana, pengarahan, pengorganisasian, pengawasan, penilaian, pengembangan keunggulan, menyusun laporan, maupun ketenagakerjaan.

3. Bagian Kurikulum

Bagian Kurikulum berperan untuk menyusun kalender pendidikan, menyusun pembagian tugas para guru maupun jadwal pelajaran, mengatur pelaksanaan program pengayaan, mengatur mutasi siswa, maupun menyusun laporan.

4. Bagian Kesiswaan

Bagian kesiswaan berperan untuk mengatur pelaksanaan bimbingan konseling, menyusun pelaksanaan ekstra kurikuler, menyelenggarakan olahraga, menyeleksi calon penerima beasiswa

5. Bagian Sarana dan Prasarana

Bagian sarana dan prasarana memiliki peran untuk merencanakan kebutuhan prasarana penunjang kegiatan belajar, mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana, menyusun laporan. 

Dibawah pengawasan bagian sarana dan prasarana, terdapat pula 2 bagian lagi, yaitu Pustakawan dan Pengelola Laboratorium.

6. Bagian Ketatausahaan

Bidang Ketatausahaan memiliki peran untuk menyusun laporan kerja, mengelola keuangan sekolah, mengurus administrasi ketenagaan dan siswa, menyusun administrasi perlengkapan, pembinaan dan juga pengembangan karir pegawai tata usaha di sekolah.

7. Guru Mata Pelajaran

Guru mata pelajaran berperan melaksanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan analisis hasil ujian, melakukan kegiatan penilaian proses belajar, mengisi daftar nilai siswa, dan sebagainya.

8. Guru Konseling

Guru konseling memiliki beberapa peran, antara lain menyusun program pelaksanaan bimbingan dan konseling, memberikan layanan bimbingan kepada para siswa, menyusun laporan, dan sebagainya.

9. Wali Kelas

Wali kelas disini berperan penuh dalam pengelolaan kelas.

0 Response to "Komponen Dan Peran Struktur Organisasi Sekolah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak