Pengertian Ilmu Bantu Sejarah

Pengertian ilmu bantu sejarah adalah cabang ilmu yang dapat digunakan sejarawan dalam pelaksanaan penelitian maupun rekontruksi peristiwa sejarah.

Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang melibatkan manusia atau tentang manusia itu sendiri. Jadi, ilmu bantu sejarah adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Untuk mendapatkan gambaran masa lalu yang berkesinambungan mengatasi problem sekarang, maka tudi-studi komprehensif berupa tinjauan-tinjauan lebih populis serta semarak dari aktivitas manusia zaman dahulu perlu digalak-kan.

Komitmen ini baru terwujud manakala sejarah mengalami integrasi keilmuan sengan disiplin pengetahuan lainnya. 

Dengan begitu, wawasan masa lampau bisa dipugar menjadi bahan tealaah yang solutif dalam meningkatkan hajat hidup orang banyak, disamping telah ikut menciptakan objek- objek baru penelitian historis. 

Landasan berfikir seperti demikian akan menemui bentuk praksisnya ketika ilmu sejarah menjadikan prinsip-prinsip keilmuan lainnya untuk menganalisis pola-pola kemanusian masa lalu.

Dalam studi kesejarahan, ilmu-ilmu bantu memiliki sistematika tersendiri yang membantu rasio historis yang dimiliki sejarawan dalam memetakan objekobjek yang selama ini belum terpikirkan. 

Realitas indrawi yang dimiliki sejarawan dewasa ini, agaknya sudah mulai terbuka untuk menangkap fenomena dinamis yang bergeliat dalam tubuh ilmu-ilmu sosial. 

Tindakan ini mendapat perhatian utama untuk membiasakan diri berfikir serta bertindak sesuai dengan gerak zaman ini. 

Implikasi dari berfikir serta bertindak secara matang akan strukturilmu-ilmu sosial berdampak pada cara kerja otak sejarawan yang demikian masif memikirkan yang belum terfikirkan. 

Bayangkan jika sejarawan yang sebelumnya lekat dengan pemikiran intrik politik masa awal kemerdekaan kemudian dialihkan untuk memikirkan serta memberikan penjelasan terkait bagaimana keadaan transportasi sungai di pinggiran Ibu Kota Jakarta.

Tidak dapat dipungkiri, pertanyaan tersebut sepertinya belum cukup untuk memproduksi jawaban hanya dengan logika kesejarahan murni. Sejarawan membutuhkan ilmu-ilmu bantu yang menyokong temuannya. 

Sesuatu yang bisa dilakukan yaitu melakukan tinjauan literatur yang lebih mendalam dan mengunakan kacamata ilmu bantu terkait. 

Ilmu neutika (kelautan) yang beberapa prinsipnya bisa diterapkan meneliti sungai dan sosiologi pedesaan, umpamanya, dipilih untuk membantu kerja sejarawan mengungkap kehidupan masyarakat sekitar sungai pinggiran Ibu Kota.

Fungsi dan kegunaan ilmu bantu sejarah, antara lain :

1. Sebagai alat bantu untuk mengungkap suatu fakta dari sumber sejarah.

Dengan mengunakan ilmu bantu seorang sejarah akan mampu melihatsuatu peristiwa dari sudut pandang yang berbeda-beda. 

Dengan ilmu bantu, sejarawan akan dapat mengungkap dan menjelaskan sebuah peristiwa dengan lebih dalam dan tajam.

2. Sebagai alat untuk mengurai sekaligus mengkritisi sumber dan fakta-fakta yang sudah di himpun oleh peneliti.

3. Sebagai kontrol agar proses yang dilakukan peneliti sejarah tetap berstandar pada metode-metode ilmiah agar peneliti tidak terjebak terjebak kedalam fiksi dan mitos. 

Fungsi ini terasa penting dalam konteks Indonesia. Sebagaimana kita maklum di masyarakat Indonesia perkembangan tradisi lisan sangatlah luas. 

Perkembangan tradisi ini tidak diikuti dengan tradisi menulis. Tradisi menulis hanya dilakukan oleh kalangan yang sangat terbatas. 

Dengan segala kelemahannya, tradisi lisan sering kali mengabaikan kaidah-kaidah logika. Tak mengherankan jika akhirnya sejarah bercampur dengan mitos.

0 Response to "Pengertian Ilmu Bantu Sejarah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak