Beberapa Hal Tidak dapat dibeli dengan Uang

Benarkah uang adalah segalanya dalam kehidupan manusia? Atau jika dibalik pertanyaannya : benarkah kita hidup hanya untuk uang?

Tergantung Paradigma

Kita hidup di dunia yang seolah membuat uang laksana ‘dewa’. Ia bisa merubah apa saja. Secara negatif ia dapat merubah yang putih menjadi hitam, orang baik menjadi jahat, kawan menjadi lawan, saudara menjadi musuh. 

Secara positif ia bisa merubah yang sebaliknya. Ia ibarat sebuah patung yang memiliki dua wajah. Sisi mana yang akan kita gunakan tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

Sebagian orang memandang uang sebagai ‘dewa’, karenanya orang tersebut bisa melakukan apa saja demi uang. Namun sebagian lagi memandang uang sebagai ‘benda’, karenanya ia berlaku sewajarnya terhadap uang.

Sekarang tanyakan pada diri anda : anda menganggap uang sebagai dewa atau benda? Pilihan manapun yang pilih, maka demikian uang akan berlaku pada anda.

Uang Memberi Kebebasan

Lalu jika keberadaan uang tergantung dari paradigma orang yang menggunakannya, lalu apa sebenarnya fungsi uang? Apa peranannya dalam kehidupan?

Fungsi uang yang utama tentu saja sebagai alat tukar. Semenjak sistem barter tak lagi populer, masyarakat modern mulai menggunakan uang. 

Sejatinya, keberadaan uang merupakan jaminan rasa aman terhadap kelangsungan hidup kita. Kita bisa memiliki rumah, makanan, pakaian, membeli berbagai kebutuhan lainnya dengan uang. 

Memiliki uang membuat kita bisa memiliki kehidupan yang layak. Dengan memiliki uang, kita memperoleh kebebasan.

Uang dan Kebutuhan

Menurut data, ada sekitar 795 juta orang di dunia atau 1 dari 9 orang di dunia, yang tidak memiliki makanan yang cukup untuk membuat mereka hidup sehat. 

Makanan saat ini tidak ada yang gratis, semua dibeli dengan uang. Sebagian besar populasi tersebut berada di negara berkembang dengan 12.9 persen terancam kekurangan gizi. 

Satu dari enam anak-anak di negara berkembang memiliki berat badan dibawah normal. WFP menghitung bahwa diperlukan sejumlah US$3.2 billion atau 3,2 milyar dolar Amerika diperlukan untuk menutrisi sekitar 66 juta anak yang menderita kelaparan.

Sehingga di dunia saat ini, jika tidak memiliki uang, kita tidak bisa memperoleh makanan, pendidikan, tempat tinggal, pakaian dan kebutuhan dasar lainnya.

Beberapa Hal Tidak dapat dibeli dengan Uang

Meskipun nampaknya orang-orang kaya hampir dapat membeli apa saja, namun, ternyata tidak semua hal dapat kita beli dengan uang, seperti :

1. Cinta

Cinta merupakan rasa yang dimiliki oleh masing-masing orang. Meski selalu mungkin untuk dimanipulasi, namun Rasa Cinta tetap tidak bisa dibeli. Kita tidak bisa menciptakan, atau memberi nilai, atau mengukur rasa Cinta dengan uang.

2. Waktu yang hilang

Waktu yang sudah kita lewatkan tidak dapat lagi kita ulang. Sekalipun kita memiliki banyak uang, tetap tidak bisa kita ulang.

3. Bakat

Bakat adalah pemberian dari tuhan. Betapapun banyaknya uang kita, bakat tidak dapat kita kita beli dengan uang.

4. Kesehatan

Banyak orang yang memiliki uang yang banyak namun memiliki kesehatan yang buruk. Ketika kesehatan mereka tidak dapat diperbaiki lagi, uang hanya bisa digunakan untuk membeli obat-obatan. Namun tidak menjamin dengan banyak uang kita menjadi sehat.

5. Hubungan keluarga sedarah

Serupa bakat, hubungan keluarga sedarah adalah hubungan yang tidak bisa dibeli dengan uang.

6. Keinginan akan pengetahuan

Otak yang pintar dan keinginan belajar yang kuat tidak dapat dibeli dengan uang. Kita selalu bisa mengusahakan kedua hal tersebut namun tidak akan pernah bisa membelinya.

Sejatinya, uang adalah alat yang dapat kita gunakan untuk apa saja. Jika kita butuh pendidikan, makanan, layanan kesehatan, uang dapat digunakan untuk memenuhinya. 

Uang memberikan kita kebebasan. Dengan memiliki uang kita dapat bebas memilih hal-hal apa saja yang kita butuhkan.

Namun kendali selalu ada di tangan anda. Karena keduanya mungkin terjadi : apakah anda menganggap uang sebagai dewa atau uang sebagai benda.

Meski jika kita hidup untuk uang, maka semua akan terasa sia-sia. Karena ketika kita mati, tak sepeserpun uang akan kita bawa bersama kita. Maka hiduplah untuk hal-hal yang lebih tinggi. 

Hiduplah karena ingin mengabdi kepada Tuhan, hiduplah karena ingin menjadi orang yang baik, hiduplah karena kita ingin hidup yang kita jalani bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Pada akhirnya, uang memang penting. Namun tidak semua hal penting dalam kehidupan harus dinilai dengan uang. Karena uang, tidak bisa membeli segala-galanya. Uang bukanlah dewa, melainkan hanya sebuah benda.

0 Response to "Beberapa Hal Tidak dapat dibeli dengan Uang"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak