Doa Saat Mengalami Kesulitan

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta’ala, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dari-Nya, dan meminta ampunan-Nya. 

Kita berlindung kepada-Nya dari keburukan-keburukan jiwa kita, dan kejelekan-kejelekan perbuatan kita. 

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah atas diri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, keluarganya, para sahabatnya, dan orang orang yang setia meniti jalan petunjuknya hingga hari kiamat.

Tidak selamanya hidup berjalan dengan mudah dan nyaman. Ada kalanya kesulitan mendera kehidupan.

Kesulitan adalah hal yang biasa terjadi. Setiap orang tentu selalu berhadapan dengan masalah yang silih berganti, sehingga kesulitan datang.

Sejatinya, kesulitan merupakan jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk menguji setiap hambanya. Sedangkan setiap kesulitan tercipta dengan jalan keluar yang telah disiapkan Allah.

Ketika kesulitan terjadi, mencari pertolongan adalah fitrah dari setiap makhluk. Tentunya, pertolongan harus dimintakan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Salah satunya dengan membaca doa ini. Allah akan memberikan jalan keluar terbaik dari setiap kesulitan.

Doa ketika dilanda kesulitan

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa maa ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau jadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Lailaha illallahul adhimul halimu la ilaha illallahu rabbussamawati wal ardhi wa rabbul arsyil adhimi. 

(Tiada Ilah selain Allah Yang Mahaagung dan Mahapenyantun. Tiada ilah selain Allah, Tuhan langit dan bumi serta Tuhan arasy yang mulia.)

اللهم إني أعوذبك مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahumma inni audzubika min jahdil bala’i wa darkis syaqai wa suil qadhai wa syamatatil a’dai. 

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari cobaan yang memayahkan, kesengsaraan yang menderitakan, takdir yang buruk, dan cacian musuh.”     

Doa Mendapat Rezeki

اَللَّهُمَّ اِنِّي أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنَى رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as'aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka 'alaa kulli syai-in qadiir

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar englau melimpahkan rezeki kepadaku rezeki yang halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Demikian doa yang panjatkan ketika sedang mengalami kesulitan dalam masalah ekonomi. Semoga doa-doa di atas bisa memperkuat iman kita.

0 Response to "Doa Saat Mengalami Kesulitan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak