FUNGSI SEJARAH DAN MANFAAT SEJARAH BAGI KEHIDUPAN

Kehadiran sejarah bukan serta merta tanpa tujuan untuk mencapai fungsi tertentu dalam pemahamannya. 

Kita perlu mengetahui fungsi sejarah agar bisa memaknai sejarah seutuhnya dalam perkembangan zaman. Berikut ini fungsi sejarah yang perlu kita ketahui: 

1. Fungsi Intrinsik

Sejarah sebagai kajian ilmu kemudian terus berkembang melalui perspektif filsafat agar terus tercipta sejarah-sejarah baru. 

Perkembangan teori sejarah juga berpengaruh pada perkembangan ilmu-ilmu lain, termasuk di dalamnya perkembangan metode sejarah

Sejarah sebagai upaya mengenal masa lalu, bersamaan dengan bumbu mitos sejarah kemudian menjadi alat yang tepat untuk memahami masa lalu

Sejarah untuk menyatakan pendapat membuat banyak penulis sejarah atau sejarawan menggunakan ilmunya untuk mengungkapkan sesuatu

Sejarah dapat menjadi profesi, yakni sebagai penulis atau peneliti sejarah atau yang diakui sebagai sejarawan

2. Fungsi Ekstrinsik

Fungsi ekstrinsik dari sejarah adalah memberikan kebermanfaatan untuk banyak orang melalui perkembangan ilmu lain. 

Sejarah kemudian masuk ke semua lini kajian ilmu untuk mengungkapkan pengetahuan kepada orang banyak. 

Misalnya ilmu pendidikan, filsafat, moral, etika, estetika atau seni, sampai ilmu eksakta.

Manfaat Sejarah Bagi Kehidupan

Selain memiliki fungsi intrinsic dan ekstrinsik yang sifatnya public, sejarah juga bisa bermanfaat bagi kehidupan seseorang secara pribadi. Sejarah dapat menjelma menjadi nilai yang hidup berdampingan dengan manusia. 

Berikut ini manfaat sejarah yang perlu kita ketahui agar lebih menghargai sejarah dan maknanya untuk terus dilestarikan:

1. Peneguh Hati

Setiap manusia memerlukan ketenangan dan keteguhan hati untuk menjalani hidup, maka dengan penguasaan sejarah manusia bisa lebih memaknai apa yang sedang ia lakukan saat itu secara sadar. 

2. Bermanfaat Untuk Pengajaran

Sejarah dapat menjadi pelajaran bagi manusia untuk melakukan sesuatu di masa depan atau sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan. 

Sejarah secara pribadi dapat dimaknai sebagai pengalaman hidup ruang, waktu, meskipun mungkin bukan dia yang mengalaminya. 

Sejarah bisa menjadi sumber informasi bagi seseorang untuk mengenal banyak hal yang bisa mempengaruhi jalan hidupnya. 

3. Sebagai Peringatan

Sejarah mewakili peristiwa yang pernah terjadi masa lalu, baik yang sifatnya positif atau negative itu tetap bernama sejarah yang sudah terjadi. 

Hal tersebut dapat mengingatkan seseorang untuk memetik sinyal dalam situasi tertentu berdasarkan kejadian yang sudah pernah terjadi. 

4. Sebagai Sumber Kebenaran

Setiap manusia pasti membutuhkan kebenaran untuk menjalankan kehidupannya, maka sejarahlah yang membuktikan bahwa seseorang harus memahami sesuatu agar bisa bertahan hidup. 

Sejarah dapat berguna sebagai pemenuhan kebutuhan intelektual manusia sebagai makhluk berakal dan terus berpikir dinamis. 

5. Bermanfaat Untuk Masa Depan

Sejarah selain menjadi sumber informasi juga dapat menjadi inspirasi dan instruksi untuk menjalani kehidupan di masa datang. 

Ada pepatah yang mengatakan bahwa sejarah atau masa lalu adalah pelajaran berharga untuk berkembang di masa depan. 

Jadi seseorang bisa menggunakan pengalamannya untuk menentukan masa depannya. 

0 Response to "FUNGSI SEJARAH DAN MANFAAT SEJARAH BAGI KEHIDUPAN"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak