Pengertian, Ciri-Ciri Gay dan Lesbian

Homoseksual secara terminologi berarti memiliki kelamin sama. Sedangkan menurut etimologisnya berarti ketertarikan seksual untuk mengadakan kontak atau hubungan seks dengan pasangan yang berjenis kelamin sama, baik laki-laki maupun perempuan. 

Tetapi istilah ini lebih populer diidentikkan dengan kecenderungan seksual sesama jenis antar laki-laki (pelakunya disebut gay), sedangkan kecenderungan seksual sesama jenis antara perempuan dikenal dengan istilah lesbi (pelakunya disebut dengan lesbian). 

Homoseksual dilakukan dengan cara memasukkan penis kedalam anus. Sedangkan lesbian dilakukan dengan cara melakukan masturbasi satu sama lain atau dengan cara lainnya untuk mendapatkan orgasme (puncak kenikmatan atau climax of the sex act).

Sawitri Supardi Sadarjoen mendefenisikan homoseksual sebagai suatu kecenderungan yang kuat akan daya tarik erotis terhadap seseorang justru terhadap jenis kelamin yang sama.

Ahli lain mendefinisikan homoseksual sebagai kelainan terhadap orientasi seksual yang ditandai dengan timbulnya rasa suka terhadap orang lain yang mempunyai kelamin sejenis atau identitas gender yang sama.

Maka dalam hal ini dapat ditarik suatu pengertian bahwa homoseksual adalah kebiasaan seorang laki-laki melampiaskan nafsu seksualnya pada sesamanya, sedangkan lesbian adalah kebiasaan seorang perempuan melampiaskan nafsu seksualnya pada sesamanya pula.

Lesbian adalah istilah bagi perempuan yang mengarahkan pilihan orientasi seksualnya kepada perempuan atau disebut juga perempuan yang mencintai perempuan baik secara fisik, seksual, emosional, atau secara spiritual. 

Pada umumnya perkembangan homoseksualitas terjadi pada anak gadis usia remaja. Perkembangannya biasanya merupakan satu stadium belaka dari perkembangan seksual yang sebenarnya. 

Selanjutnya lambat laun anak gadis tersebut akan menemukan teman kencan yang sesungguhnya dalam hubungan heteroseksual.

Gay dan lesbian dapat mengacu pada tiga aspek yaitu :

1. Orientasi Seksual

Orientasi seksual yang dimaksud disini adalah ketertarikan, dorongan, hasrat untuk terlibat secara seksual dan emosional (ketertarikan yang bersifat romantis) terhadap orang yang berjenis kelamin sama. 

American Psychiatric Association (APA) menyatakan bahwa orientasi seksual berkembang sepanjang hidup seseorang.

Dalam taraf tertentu, pada umumnya setiap orang cenderung memiliki rasa ketertarikan terhadap sesama jenis.

2. Perilaku Seksual

Homoseksual dilihat dari aspek ini mengandung pengertian perilaku seksual yang dilakukan antara dua orang yang berjenis kelamin sama. 

Perilaku seksual manusia melingkupi aktifitas yang luas seperti strategi untuk menemukan dan menarik perhatian pasangan (perilaku mencari & menarik pasangan), interaksi antar individu, kedekatan fisik atau emosional, dan hubungan seksual.

3. Identitas Seksual

Tidak semua homoseksual secara terbuka berani menyatakan bahwa dirinya adalah gay ataupun lesbian terutama kaum homoseksual yang hidup di tengah-tengah masyarakat atau negara yang melarang keras, mengucilkan, dan menghukum para homoseksual. 

Para homoseksual ini lebih memilih untuk menutupi identitas mereka sebagai seorang gay ataupun lesbian dengan tampil selayaknya kaum heteroseksual.

Dalam kehidupan, masyarakat sering tidak mengetahui seseorang itu merupakan lesbian atau gay, dikarenakan masyarakat belum mengetahui ciri-ciri konkrit dari perilaku ini. 

Beberapa ciri-ciri lesbian yang perlu diketahui yaitu :

1. Selera Fashion Yang Berbeda

Salah satu ciri ciri lesbian yang mudah terlihat adalah gaya fashionnya yang berbeda jika dibandingkan dengan wanita pada umumnya. Kaum lesbian biasanya memiliki gaya dan selera fashion yang cukup nyentrik. 

Misalnya saja pada gaya rambut, biasanya gaya rambut yang cukup populer di kalangan lesbian adalah rambut pendek ala militer, gaya undercut, ataupun potongan rambut pendek lainnya yang diberikan banyak gel.

2. Gerak-Gerik Yang Berbeda

Tak hanya pada pemilihan gaya fashion saja, gerak gerik dari wanita lesbian akan berbeda daripada wanita normal lainnya. Misalnya saja saat mereka berjalan, maka gaya jalannya mirip dengan pria. 

Terkadang mereka akan membungkuk agar menyembunyikan dada mereka, langkah kakinya begitu cepat, senyum yang cukup genit, bahkan senang melakukan kontak mata. 

Selain itu, saat berbicara dengan lawan bicaranya terutama wanita, akan berusaha untuk duduk terlalu dekat dan melakukan gerakan-gerakan yang tidak lazim.

3. Dingin dan Cuek Kepada Pria

Memang terdapat beberapa tipe wanita yang memiliki sikap dingin dan cuek kepada pria, apalagi yang belum begitu dikenalnya. Namun sikap dingin dan cuek tersebut berbeda dari yang diperlihatkan oleh wanita lesbian. 

Kaum lesbian memiliki sikap yang benar-benar cuek dan dingin kepada pria, seolah-olah menujukkan ketidaktertarikan. Bahkan sikapnya tersebut memperlihatkan kebencia di hatinya. 

Hal ini dikarenakan rata-rata dari kaum lesbian memiliki masa lalu yang cukup buruk dengan pria sehingga memori pahit tersebut masih tersimpan dan membuatnya mengalami kelainan orientasi seksual.

4. Memiliki Kedekatan Yang Cukup Mendalam Dengan Teman Wanita

Ciri ciri lainnya yang dapat terlihat adalah ketika memiliki kedekatan yang cukup dalam dengan teman wanita lainnya. 

Meskipun wanita berteman dengan wanita lainnya merupakan hal yang wajar, namun terkadang ada beberapa hal yang memperlihatkan ketidak wajaran. 

Misalnya saja melakukan hal-hal yang lebih seperti menyentuh bagian tubuh tertentu dari teman wanita nya tersebut ataupun hal lainnya yang tidak lazim. Jika seperti ini maka dipastikan wanita tersebut adalah lesbian.

5. Gaya Hidup

Beberapa wanita yang lesbian mungkin memiliki karakter yang ramah dan polos, namun beberapa diantaranya ada pula yang gampang bergaul dan senang sekali keluar secara berkelompok. 

Selain itu, ada pula wanita-wanita lesbian yang memiliki gaya hidup yang hedonis, sehingga senang menghabis-habiskan uang untuk memenuhi kebutuhannya. 

Selain itu, mereka juga senang akan hal-hal yang berkaitan dengan lesbian, seperti tokoh film, musisi, kota-kota lesbian, dan lainnya.

6. Memperhatikan Teman Wanita Terlalu Berlebih

Ciri lainnya yang dapat mudah terlihat adalah sikap dan perhatiannya yang terlalu berlebihan pada teman wanita lainnya. 

Jika kebaikan yang dimilikinya terlalu berlebihan dan tidak seperti teman pada umumnya maka patut mencurigainya. 

Biasanya wanita yang lesbian seringkali memberikan sesuatu hal yang sebenarnya jika dilihat dari kemampuannya adalah hal yang cukup istimewa.

7. Senang Menatap Wanita Dalam Waktu Yang Lama

Jika biasanya wanita sering menatap pria lama-lama, berbeda halnya dengan wanita yang mengidap lesbian. Wanita yang lesbian sering kali melirik bahkan hingga menatap dalam wanita lainnya dalam waktu yang lama. 

Bahkan sikapnya ini tak hanya dilakukan pada teman wanita yang dikenalnya, bahkan wanita yang berpapasan dengannya sekalipun juga. Hal ini dikarenakan perasaan sukanya terhadap sesama jenis.

8. Tidak Merasa Aneh Saat Mencium Sesama Wanita

Perhatikan gerak-geriknya dalam kehidupan sosial, jika wanita tersebut merasa biasa saja saat memeluk bahkan mencium wanita lainnya di depan umum maka bisa jadi ini menjadi ciri-ciri jika wanita tersebut memiliki kelainan orientasi seksual.

9. Posesif Jika Ada Orang Lain Yang Mendekati Teman Wanitanya

Hal ini mungkin akan dilakukan bagi wanita lesbian yang berperan sebagai butchy, namun tak menuntut kemungkinan jika femme juga akan bertindak seperti itu. 

Wanita yang lesbian seringkali bersikap posesif jika teman wanita terdekatnya didekati oleh orang lain. Hal ini bukan dikarenakan takut jika tidak bisa bermain bersama lagi, namun takut kehilangan di dalam kehidupannya.

10. Senang Membicarakan Wanita Lainnya

Jika wanita tak pernah membicarakan aktor, musisi, ataupun pria lainnya di dalam kehidupannya dan hanya membicarakan wanita-wanita favoritnya saja maka sudah pasti anda perlu mencurigainya. 

Bahkan pembicaraannya bukan mengenai hal prestasi ataupun hal umumnya, melainkan lebih ke fisik wanita tersebut. 

Tidak jauh berbeda dengan pelaku gay, ada beberapa ciri-ciri gay yaitu :

1. Sangat Menjaga Penampilan

Pria yang gay biasanya selalu menjaga penampilannya dan berusaha selalu tampil lebih modis dan trendy. Sehingga membuat dirinya selalu update mengenai gaya fashion terkini. 

Jika pria-pria normal pada umumnya menyukai pilihan baju berwarna netral dan gelap, namun berbeda dengan pria gay yang cenderung menyukai pakaian yang lebih berwarna dan mencolok. 

2. Pandai Bersolek

Meskipun banyak pria normal pada umumnya yang sering memperhatikan penampilan, namun memang hampir kebanyakan pria gay akan memperhatikan penampilan mereka sehari harinya. 

Pria gay lebih pandai bersolek dibandingkan pria normal lainnya. Bahkan dirinya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bersolek diri sebelum keluar dari rumah. Tak hanya itu saja, produk-produk perawatan wajah dan tubuhnya pun bisa melebihi kaum wanita.

3. Pilihan Acara Favorit TV Tentang Kecantikan

Jika pada umumnya pria menyukai acara-acara yang berhubungan dengan sport, action, atau sejenisnya. 

Namun pria yang gay memiliki acara favorit yang berbeda dengan pria pada umumnya, pria gay senang melihat acara kecantikan seperti cara penggunaan make up, fashion show, kontes kontes kecantikan, dan sejenisnya.

4. Pilihan Baju Yang Terlalu Memperlihatkan Lekuk Tubuh

Pemilihan baju pria normal dengan pria yang gay tentunya sangat berbeda. Misalnya saja dari pemilihan kaos.

Jika pria normal menyukai pakaian yang sedikit longgar berbeda dengan pria gay yang lebih menyukai pakaian yang sedikit lebih ketat bahkan hingga memperlihatkan lekuk tubuhnya. 

Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan hasil fitnes yang selama ini dilakukannya. Yang terpenting adalah gayanya yang selalu up to date dan tidak pernah ketinggalan zaman.

5. Selalu Menjaga Bentuk Tubuh

Menjaga bentuk tubuh agar tetap fit memang menjadi keinginan bagi setiap pria. Namun bagi pria yang gay, hal seperti ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan. 

Sangat penting bagi mereka untuk memiliki tubuh yang atletis sehingga pria gay selalu menjaga bentuk tubuhnya dengan baik. Menurut mereka, semakin besar dan kokoh otot-otot tubuhnya maka membuatnya semakin percaya diri.

6. Selalu Ingin Tampil Wangi

Untuk seorang pria gay, penting sekali untuk menjaga wangi dan kebersihan tubuh mereka. Sehingga tak masalah bagi mereka untuk membeli parfum berkelas dengan harga yang cukup mahal. Yang terpenting adalah tampilannya yang selalu wangi dan menarik perhatiannya.

7. Menjaga Jarak Dari Wanita

Tanda-tanda lainnya yang dapat terlihat jelas dari pria gay adalah sikapnya yang selalu menghindari wanita, bahkan pria gay akan sering mengacuhkan wanita meskipun wanita tersebut benar-benar cantik dan mempesona. Pria gay akan lebih senang berdekatan dengan sesama pria dibandingkan dengan wanita cantik.

8. Gesture dan Sikapnya Yang Gemulai

Pria gay biasanya akan terlihat dari gesture dan sikapnya yang sedikit gemulai, sama halnya dengan wanita. 

Meskipun bentuk badan yang dimilikinya cukup atletis, namun cara bicaranya benar benar berkebalikan dari bentuk tubuhnya. Saat makan, minum, berjalan, berbicara dan lainnya benar-benar gemulai mirip dengan wanita.

9. Suka Berbelanja

Tak hanya menyukai fitnes, pria gay memiliki hobi berbelanja sama halnya dengan wanita. Berbelanja pakaian, kebutuhan, bahkan komestik menjadi kegiatan yang harus dilakukannya. Bahkan barang-barang yang dibelinya selalu bermerk dan up to date sehingga terlihat lebih menarik.

10. Suka Film-Film Romantis

Jika kebanyakan pria menyukai adegan action, thriller, dan sport ketika memilih sebuah film, berbeda dengan pria gay yang menyukai jenis film-film dengan genre romantis apalagi yang tidak bersensor. 

Pria gay memang memiliki hati yang cukup peka dan sensitif sama halnya dengan wanita, sehingga dirinya bisa mudah larut dalam film yang ditontonnya.

0 Response to "Pengertian, Ciri-Ciri Gay dan Lesbian"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak