Apa itu Media Massa, Media Online

Media Massa

Media massa merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, serta televisi.

Karakteristik media

Karakteristik media massa adalah sebagai berikut :

1. Bersifat melembaga, artinya “pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni mulai dari pengumpulan pengelolaan sampai pada penyajian informasi”.

2. Bersifat satu arah, artinya “komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau toh terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda”.

3. Meluas dan serempak, artinya “dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. 

Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama”.

4. Memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.

5. Bersifat terbuka, artinya “pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dan suku bangsa”.

Media Online

Media online (online media) yang disebut juga cyber media (media siber), Internet media (media internet), dan new media dapat diartikan sebagai media yang tersaji secara online disitus web (website) internet.

Dalam perspektif studi media atau komunikasi massa, media online menjadi objek kajian teori “media baru” (new media), yaitu istilah yang mengacu pada permintaan akses ke konten (isi/formasi) kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital serta umpan balik pengguna interaktif, partisipatif kreatif dan pembentukan komunitas sekitar konten media, juga aspek generasi “real time”. 

Menurut Chun, mengatakan “new media merupakan penyederhanaan istilah (simplifikasi) terhadap bentuk media diluar lima media massa konvensional yaitu televisi, radio, majalah, Koran dan film. 

Sifat new media adalah cair (fluids), konektifitas individual dan menjadi sarana untuk membagi peran kontrol dan kebebasan. 

Meski demikian, ciri-ciri massal bukanlah karakteristik utamanya. Pada awalnya, internet dimulai sebagai alat komunikasi nonkomersial dan pertukaran data diantara professional, tetapi perkembangan selanjutnya adalah internet adalah sebagai penyedia barang dan berbagai jasa serta sebagai alternative bagi alat komunikasi pribadi dan antarpribadi.

0 Response to "Apa itu Media Massa, Media Online"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak