Irama dan Seni Baca Alquran

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala, Shalawat dan Salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam keluarga sahabat dan para pengikutnya yang setia dan istiqamah hingga hari akhir.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk memuji dengan membaca Al Qur’an dengan bacaan yang tartil

…وَΨ±َΨͺِّΩ„ِ Ψ§Ω„ْΩ‚ُΨ±ْΨ§ٰΩ†َ ΨͺَΨ±ْΨͺِيْΩ„ًΨ§ۗ

“…Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil (perlahan-lahan)”.(QS. Al-Muzammil [73] :4)

Umat Islam dianjurkan untuk sering membaca Alquran. Karena Membaca Alquran bernilai pahala di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Terdapat sejumlah irama baca Alquran dan seni baca Alquran yang bisa diterapkan dan dipelajari dengan mudah.

Seni membaca Alquran ini dikenal juga dengan An-Naghom fil Quran yang artinya memperindah suara saat tilawah atau membaca Alquran.

Bacaan ayat suci Alquran akan terdengar lebih indah dan merdu saat disenandungkan dengan langgam atau melagukan Alquran ini. 

Orang-orang yang mendengarkan lantunan atau lagu tilawah Alquran ini juga akan mudah tersentuh. Seni baca Alquran ini bisa dilakukan dengan menggunakan sejumlah irama atau lagu tilawah quran.

Terdapat 7(tujuh) lagu, irama dan seni membaca Alquran yang dapat membantu Anda menyenandungkan ayat suci dengan lebih merdu.

Seni baca Alquran ini dapat dipraktekkan dengan menggunakan lagu dan irama baca Alquran. terdapat 7 (tujuh) irama yang populer untuk membaca Alquran.

Berikut ini 7 (tujuh) Irama dan Seni Baca Alquran

1. Irama Bayyati 

Irama dengan menggunakan lagu bayyati dikenal juga toha. Irama bayyati ditandai dengan suara yang lembut meliuk-liuk, memiliki gerak lambat dengan pergeseran nada yang tajam waktu turun naik dan sering terjadi secara beruntun.

Irama bayyati memiliki empat tingkatan nada. Biasanya irama ini digunakan sebagai lagu pembuka dan penutup.

2. Irama Hijaz

Irama Hijaz bersifat allegro yakni ringan, cepat, lincah. Irama ini juga memiliki variasi turun naik yang tajam.

3. Irama Shaba

Irama dengan lagu Shaba juga memiliki sifat allegro yakni gerak irama yang ringan. Namun, irama ini cenderung lebih mendatar tapi bisa menggugah emosi pendengarnya. Irama shaba memiliki empat variasi atau tingkatan nada.

4. Irama Rast

Seni baca Alquran dengan irama rast sering dijadikan untuk irama azan.(Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Irama dengan lagu Rast memiliki enam tingkatan nada. Saat tilawah Alquran, Irama ini memiliki karakter yang ringan dan cepat. Biasanya irama Rast dipakat untuk kumandang azan maupun imam salat.

5. Irama Jiharkah

Irama dengan lagu Jiharkah memiliki karakteristik dengan suara minor yang khas lalu dilanjutkan dnegan nada yang tinggi. Irama jiharkah memiliki dua tingkatan nada.

6. Irama Sika

Irama dengan lagu Sika memiliki sifat grave yaitu gerak lembut dan lebih khidmat. Terdapat empat jenis nada sika yang bisa digunakan.

7. Irama Nahawand

Irama dengan lagu Nahawand sering kali disenandungkan pada ayat-ayat Alquran yang sedih. Terdapat lima tingkatan nada pada irama Nahawand.

Anda bisa menggunakan seni baca Alquran dengan menggunakan sejumlah irama atau lagu saat tilawah Alquran. Langgam Alquran ini juga bisa dikombinasikan satu sama lain agar lebih indah dan merdu.

Sesungguhnya suara yang bagus itu dapat menambahkan keindahan dalam membaca al-quran, begitu juga dapat mendapatkan pahala bagi orang yang membacanya dan mendengarnya.

0 Response to "Irama dan Seni Baca Alquran"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak