Jenis Penyakit Mental

Gangguan mental atau jiwa sebaiknya dimengerti dan dipahami oleh masyarakat luas. Gangguan mental atau jiwa merupakan suatu penyakit yang mempengaruhi pola pikir, emosi dan perilaku para penderitanya.

Terdapat sejumlah faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan mental pada seseorang. Mulai dari stres karena menderita penyakit tertentu, stres akibat ditinggal meninggal dunia orang yang disayang, stres karena kehilangan pekerjaan hingga terisolasi dalam kurun waktu lama.

Selain itu, peristiwa lainnya yang meninggalkan dampak besar bagi seseorang juga bisa menjadi pemicu penderita gangguan mental. 

Meski begitu, penyakit gangguan mental juga ada obatnya. Sama hal nya seperti penyakit fisik lainnya.

Ada banyak kondisi berbeda yang dikenali sebagai penyakit mental. Jenis yang lebih umum meliputi:

1. Gangguan kecemasan

Orang dengan gangguan kecemasan merespons objek atau situasi tertentu dengan rasa takut dan takut, serta dengan tanda-tanda fisik kecemasan atau panik, seperti detak jantung yang cepat dan berkeringat . 

Gangguan kecemasan didiagnosis jika respons seseorang tidak sesuai dengan situasinya, jika orang tersebut tidak dapat mengendalikan responsnya, atau jika kecemasannya mengganggu fungsi normal. 

Gangguan kecemasan termasuk gangguan kecemasan umum , gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, dan fobia spesifik .

2. Gangguan mood 

Gangguan ini, juga disebut gangguan afektif, melibatkan perasaan sedih yang terus-menerus atau periode perasaan terlalu bahagia, atau fluktuasi dari kebahagiaan ekstrem ke kesedihan ekstrem. 

Gangguan mood yang paling umum adalah depresi, gangguan bipolar, dan gangguan siklotimik.

3. Gangguan psikotik 

Gangguan psikotik melibatkan kesadaran dan pemikiran yang terdistorsi. 

Dua gejala yang paling umum dari gangguan psikotik adalah halusinasi pengalaman gambar atau suara yang tidak nyata, seperti mendengar suara dan delusi, yang merupakan keyakinan tetap yang salah yang diterima oleh orang yang sakit sebagai benar, meskipun ada bukti untuk itu. Kebalikan. Skizofrenia adalah contoh dari gangguan psikotik.

4. Gangguan makan 

Gangguan makan melibatkan emosi, sikap, dan perilaku ekstrem yang melibatkan berat badan dan makanan. 

Anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan gangguan makan berlebihan adalah gangguan makan yang paling umum.

5. Kontrol impuls dan gangguan kecanduan

Orang dengan gangguan kontrol impuls tidak dapat menahan dorongan, atau impuls, untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri mereka sendiri atau orang lain. 

Pyromania (memulai kebakaran), kleptomania (mencuri), dan perjudian kompulsif adalah contoh gangguan kontrol impuls. Alkohol dan obat-obatan adalah objek kecanduan yang umum. 

Seringkali, orang dengan gangguan ini menjadi begitu terlibat dengan objek kecanduan mereka sehingga mereka mulai mengabaikan tanggung jawab dan hubungan.

6. Gangguan kepribadian

Orang dengan gangguan kepribadian memiliki ciri kepribadian yang ekstrem dan tidak fleksibel yang menyusahkan orang tersebut dan/atau menyebabkan masalah dalam pekerjaan, sekolah, atau hubungan sosial. 

Selain itu, pola pikir dan perilaku seseorang secara signifikan berbeda dari harapan masyarakat dan sangat kaku sehingga mengganggu fungsi normal orang tersebut. 

Contohnya termasuk gangguan kepribadian antisosial, gangguan kepribadian obsesif-kompulsif, gangguan kepribadian histrionik, gangguan kepribadian skizoid,  dan gangguan kepribadian paranoid .

7. Gangguan obsesif-kompulsif ( OCD ) 

Orang dengan OCD diganggu oleh pikiran atau ketakutan terus-menerus yang menyebabkan mereka melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Pikiran yang mengganggu disebut obsesi, dan ritual disebut kompulsi. 

Contohnya adalah seseorang dengan ketakutan yang tidak masuk akal terhadap kuman yang terus-menerus mencuci tangan.

8. Gangguan stres pasca-trauma ( PTSD ) 

PTSD adalah suatu kondisi yang dapat berkembang setelah peristiwa traumatis dan/atau menakutkan, seperti serangan seksual atau fisik, kematian tak terduga dari orang yang dicintai, atau bencana alam. 

Orang dengan PTSD sering memiliki pikiran dan ingatan yang bertahan lama dan menakutkan tentang peristiwa tersebut, dan cenderung mati rasa secara emosional.

Jenis penyakit mental lainnya yang kurang umum meliputi:

1. Sindrom respons stres (sebelumnya disebut gangguan penyesuaian)

Sindrom respons stres terjadi ketika seseorang mengembangkan gejala emosional atau perilaku sebagai respons terhadap peristiwa atau situasi yang membuat stres. 

Stresor mungkin termasuk bencana alam, seperti gempa bumi atau tornado; peristiwa atau krisis, seperti kecelakaan mobil atau diagnosis penyakit utama; atau masalah interpersonal, seperti perceraian, kematian orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, atau masalah dengan penyalahgunaan zat. 

Sindrom respons stres biasanya dimulai dalam tiga bulan setelah kejadian atau situasi dan berakhir dalam enam bulan setelah stresor berhenti atau dihilangkan.

2. Gangguan disosiatif

Orang dengan gangguan ini menderita gangguan parah atau perubahan memori, kesadaran, identitas, dan kesadaran umum tentang diri mereka sendiri dan lingkungan mereka. 

Gangguan ini biasanya dikaitkan dengan stres yang berlebihan, yang mungkin merupakan akibat dari peristiwa traumatis, kecelakaan, atau bencana yang mungkin dialami atau disaksikan oleh individu. 

Gangguan identitas disosiatif, sebelumnya disebut gangguan kepribadian ganda, atau "kepribadian ganda", dan gangguan depersonalisasi adalah contoh gangguan disosiatif.

3. Gangguan buatan

Gangguan buatan adalah kondisi di mana seseorang secara sadar dan sengaja membuat atau mengeluh gejala fisik atau emosional untuk menempatkan individu dalam peran pasien atau orang yang membutuhkan bantuan.

Gangguan seksual dan gender: Ini termasuk gangguan yang memengaruhi hasrat, kinerja, dan perilaku seksual. Disfungsi seksual, gangguan identitas gender, dan parafilia adalah contoh gangguan seksual dan gender.

4. Gangguan gejala somatik

Seseorang dengan gangguan gejala somatik, sebelumnya dikenal sebagai gangguan psikosomatik atau gangguan somatoform, mengalami gejala fisik dari suatu penyakit atau rasa sakit dengan tingkat kesusahan yang berlebihan dan tidak proporsional, terlepas dari apakah dokter dapat menemukan atau tidak. penyebab medis dari gejala tersebut.

5. Gangguan tic 

Orang dengan gangguan tic mengeluarkan suara atau menampilkan gerakan tubuh yang tidak bertujuan yang berulang, cepat, tiba-tiba, dan/atau tidak terkendali. (Suara yang dibuat tanpa sadar disebut tics vokal.) Sindrom Tourette adalah contoh gangguan tic.

Penyakit atau kondisi lain, termasuk berbagai masalah terkait tidur dan berbagai bentuk demensia , termasuk penyakit Alzheimer, terkadang diklasifikasikan sebagai penyakit mental, karena melibatkan otak .

0 Response to "Jenis Penyakit Mental"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak