Kebutuhan Manusia

Manusia untuk bertahan hidup pasti membutuhkan makan, minum, pakaian, bahkan obat-obatan bagi yang sakit. 

Jadi, pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kebutuhan manusia. Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang harus terpenuhi agar manusia dapat hidup, seperti makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, obat-obatan bagi yang sakit, dan lain sebagainya. 

Tanpa adanya hal-hal tersebut, maka manusia tidak dapat hidup, untuk memenuhi kepuasan kebutuhan hidup dengan capaian suatu kemakmuran hidup. 

Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia pasti banyak dan beragam. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat kita bedakan dalam beberapa kategori, yaitu :

Berdasarkan tingkat kepentingannya

Berdasarkan tingkat kepentingannya, terbagi atas primer, sekunder, tersier.

  1. Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan yang harus segera terpenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup. Contoh dari kebutuhan tersebut seperti makanan dan minuman, pakaian, dan rumah.
  2. Kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan tambahan atau pelengkap dan dapat ditunda dalam memilikinya. Seperti olahraga, hiburan, televisi, dan lain-lain.
  3. Kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. 
Kebutuhan tersier tergolong ke dalam benda-benda mewah, seperti mobil, perhiasan, berlian, dan lain sebagainya. Tujuan orang menggunakan barang mewah adalah untuk menaikkan status sosialnya di masyarakat.

Berdasarkan waktu pemenuhan

Berdasarkan waktu pemenuhannya, terbagi atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang :

  1. Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang sangat penting dan mendesak untuk segera terpenuhi. Contohnya, ketika kita lapar maka kita harus segera makan. Jika kita menunda kebutuhan tersebut, maka kita bisa kelaparan, kemudian sakit, dan bahkan meninggal.
  2. Kebutuhan yang akan datang, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya tidak harus saat itu juga, tetapi dapat ditunda. Contohnya ingin membeli mobil baru, ingin liburan ke Bali, dan lain sebagainya.

Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifat, terbagi atas kebutuhan jasmani dan rohani

  1. Kebutuhan jasmani, adalah kebutuhan yang perlu terpenuhi agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Contoh kebutuhan jasmani adalah kebutuhan makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.
  2. Kebutuhan rohani, adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kejiwaan, emosi, dan perasaan. Kebutuhan ini bertujuan agar rohani dan mental seseorang dapat berfungsi dengan baik. Contoh kebutuhan rohani adalah beribadah, rekreasi, dan lain-lain.

Berdasarkan subjeknya

Berdasarkan subjeknya, terbagi menjadi kebutuhan pribadi dan kebutuhan kelompok.

  1. Kebutuhan pribadi, adalah kebutuhan yang harus terpenuhi berdasarkan selera atau pilihan pribadi. Contohnya ingin memiliki sepeda atau baju baru untuk keperluan pribadi.
  2. Kebutuhan kelompok, adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan bersama, atau kebutuhan yang dapat masyarakat umum nikmati. Contohnya adalah fasilitas jalan raya, jembatan penyebrangan, dan lain-lain.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersebut, yaitu :

  1. Tempat tinggal. Beda tempat tinggal pasti kebutuhan juga berbeda.
  2. Pendidikan. Semakin tinggi Pendidikan maka kebutuhanpun semakin tinggi.
  3. Usia. Usia mempengaruhi kebutuhan manusia. kebutuhan seorang bayi pasti berbeda dengan kebutuhan orang dewasa.
  4. Pendapatan. Perbedaan pendapatan akan mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia. semakin besar pendapatan, semakin besar kebutuhan yang dibutuhkan.
  5. Selera. Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Perbedaan selera akan mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia.
  6. Jenis kelamin. Kebutuhan laki-laki pasti berbeda dengan kebutuhan perempuan.

Alat Pemuas kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan dapat dikelompokkan berdasarkan hubungannya dengan benda lain, tujuan penggunaannya, dan cara memperolehnya.

Berdasarkan hubungannya dengan benda lain :

  1. Benda pengganti (substitusi), contohnya : kalau tidak ada beras bisa kita ganti dengan makan jagung, payung menggantikan jas hujan, dan lain-lain
  2. Benda pelengkap (komplementer), contohnya : supaya motor bisa jalan pasti membutuhkan bensin, meja dengan kursi, dan lain-lain.

Berdasarkan tujuan penggunaannya :

  1. Benda produksi, yaitu benda yang penggunaannya bertujuan untuk menghasilkan benda lain. Contohnya: kayu, papan, dan cat untuk membuat meja dan kursi.
  2. Benda konsumsi, yaitu benda yang langsung dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya : makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain.

Berdasarkan proses pembuatannya :

  1. Barang mentah atau bahan baku, yaitu barang yang harus diolah dulu sebelum dikonsumsi. Contohnya : padi diolah menjadi beras agar dapat dikonsumsi.
  2. Barang setengah jadi, yaitu barang yang memerlukan proses selanjutnya. Contohnya : kain harus dijahit menjadi baju agar dapat digunakan.
  3. Barang jadi, yaitu barang yang sudah siap digunakan seperti baju, celana, tas, dan lain-lain.

Berdasarkan cara memperolehnya :

  1. Benda ekonomi, yaitu suatu benda yang membutuhkan pengorbanan untuk dapat memilikinya, seperti mobil, televisi, atau liburan, dan lain-lain.
  2. Benda bebas, yaitu benda yang tidak membutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya, seperti sinar matahari dan udara.

Demikian beberapa hal penting tentang “Kebutuhan Manusia” yang perlu kamu pahami.

0 Response to " Kebutuhan Manusia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak