Manfaat dari Pembangunan Ekonomi


Pembangunan Ekonomi
Analisis proses peningkatan total pendapatan perusahaan dan pendapatan per kapita suatu perusahaan sangat penting bagi kemajuan perusahaan tersebut.

Dengan mempertimbangkan pertumbuhan populasi pendapatan tersebut struktur ekonomi suatu perusahaan dapat disimpulkan dan menjadi pertimbangan perusahaan kedepannya.

Perkembangan suatu ekonomi merupakan proses yang meningkatkan pendapatan per kapita perusahaan dalam jangka panjang dengan mengubah karakteristik penting perusahaan, yaitu perubahan teknologi, mentalitas masyarakat, dan institusi.

Hal ini juga disebut sebagai proses peningkatan total pendapatan dan pendapatan per kapita, dengan mempertimbangkan pertumbuhan populasi dan adanya perubahan mendasar pada bagian ekonomi di beberapa negara, serta peningkatan pendapatan masyarakat di beberapa negara.

Perkembangan ekonomi adalah perubahan yang berlangsung terus menerus melalui serangkaian kombinasi proses untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, yaitu peningkatan jangka panjang dalam pendapatan per kapita.

Pembangunan ekonomi tergantung pada pertumbuhan ekonomi di mana perkembangan ekonomi memicu pengembangan ekonomi, begitu juga sebaliknya, ekonomi mempercepat dalam proses perkembangan ekonomi.

Manfaat dari Pembangunan Ekonomi

Berikut merupakan manfaat adanya pembangunan ekonomi:
  • Memberikan manusia kemampuan lebih besar untuk menguasai alam dan meningkatkan kebebasan manusia untuk mengambil tindakan yang berbeda.
  • Mengurangi ketimpangan sosial.
  • Masyarakat memiliki kemampuan untuk membuat keputusan tentang suatu produk.
  • Lebih banyak kebebasan diberikan untuk memilih kesenangan.
  • Kemakmuran negara dan masyarakat akan meningkat.
Tujuan dari Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi di Indonesia bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan material dan spiritual pada Pancasila dan UUD 1945 yang berkedaulatan, persatuan dan kedaulatan Republik Indonesia.

Dalam suasana kehidupan yang aman, damai, rapi dan nasional. Dinamika dalam lingkungan dunia akan mandiri, ramah, tertib dan damai juga. Pembangunan ekonomi tercapai jika pembangunan nasional dapat dicapai.

Tujuan dari pembangunan ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu:
  1. Tujuan pembangunan ekonomi jangka panjang adalah untuk menciptakan masyarakat yang makmur dan adil yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila, baik secara metalik maupun secara spiritual.
  2. Tujuan pembangunan ekonomi jangka pendek adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan dan standar hidup masyarakat. Hal tersebut juga dapat mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran dan mengurangi inflasi mata uang.
Unsur-unsur dari Pembangunan Ekonomi

Berikut adalah unsur-unsur dari pembangunan ekonomi:
  1. Pembangunan sebagai upaya meningkatkan pendapatan per kapita. Pembangunan adalah tindakan aktif yang harus dilakukan suatu negara untuk meningkatkan pendapatan.
  2. Peningkatan pendapatan per kapita harus bersifat jangka panjang. Suatu ekonomi dapat mengekspresikan dirinya pada tahap perkembangan ketika pendapatan per kapita jangka panjang cenderung meningkat. Ini berarti bahwa pendapatan per kapita harus terus meningkat.
  3. Pembangunan sebagai perubahan sosial. Masyarakat sebagai aktor perubahan sosial di mana perubahan sosial langsung atau tidak langsung mempengaruhi perkembangan reguler atau bahkan menghambat pembangunan.
  4. Pengembangan sebagai suatu proses. Artinya pembangunan adalah fase yang harus dilakukan oleh setiap komunitas atau bangsa.
Faktor Munculnya Pembangunan Ekonomi

Beberapa hal memengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tetapi pada dasarnya hal tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok, adalah faktor suatu ekonomi juga faktor non-ekonomi.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi termasuk sumber daya yang manusia butuhkan, sumber tersebut yaitu kewirausahaan dan keterampilan.

Sumber daya alam seperti tanah, hasil hutan, kondisi iklim atau meteorologi, hasil laut dan tambang memiliki dampak besar pada pertumbuhan tanah, terutama yang berkaitan dengan pasokan bahan baku untuk produksi.

Kewirausahaan dan keahlian diperlukan untuk mengubah sumber daya dari alam yang menjadi hal yang berharga (juga dikenal menjadi faktor produksi).

SDA sangat mempengaruhi suatu keberhasilan perkembangan nasional berdasarkan kualitas dan jumlah produk. Populasi yang sangat besar adalah pasar yang sangat berkompeten untuk memproduksikan produk, sedangkan kualitas populasi menentukan seberapa banyak produktivitas yang tersedia.

Faktor-faktor non-ekonomi meliputi kondisi sosial, lembaga, kondisi politik dan sistem yang tersedia di kalangan masyarakat yang berjalan di masyarakat luas.

Dampak Adanya Pembangunan Ekonomi

Dampak adanya pembangunan ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Dampak Pembangunan Negatif
  • Membatasi atau menghilangkan habitat alami dan hewan
  • Jumlah perusahaan industri akan membatasi area pertanian
  • Pembangunan ekonomi yang tidak terencana dapat menyebabkan kerusakan lingkungan
  • Adanya pencemaran air, udara dan tanah karena kegiatan manusia.
2. Dampak Pembangunan Positif
  1. Perubahan struktur ekonomi. Awalnya, yang memiliki struktur pertanian dalam bentuk ekonomi menjadi ekonomi industri. Sehingga kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh negara menjadi semakin beragam dan bahkan lebih dinamis
  2. Tuntutan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan cara ini, pengembangan pengetahuan dan teknologi menjadi lebih cepat dan lebih aman
  3. Menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat
  4. Adanya pekerjaan baru akan berdampak langsung pada tingkat pendapatan nasional
  5. Keragaman kegiatan ekonomi dari berbagai negara
  6. Berbagai kegiatan ekonomi dapat berjalan lebih lancar dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Beberapa Contoh dari Pembangunan Ekonomi
  1. Penyediaan struktur atau alat komunikasi
  2. Pasokan alat untuk membersihkan lingkungan dan penghijauan lahan
  3. Membangun jalan yang rusak
  4. Mempersiapkan dan menciptakan pekerjaan baru
  5. Melakukan konsultasi personil
  6. Membangun sumber air bersih
  7. Membangun fasilitas kesehatan
  8. Membangun fasilitas media atau pinjaman.
Demikianlah pembahasan tentang Pembangunan Ekonomi Dari penjelasan diatas dapat di artikan bahwa pembangunan tidak cukup untuk diukur dengan pendapatan per kapita, tetapi harus dibarengi juga dengan perubahan teknologi, semoga bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Manfaat dari Pembangunan Ekonomi"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak