Manfaat Jus Tempe

Bagi anda para penggemar tempe perlu untuk mengetahui tentang tempe yang ternyata bisa dibuat menjadi jus tempe.

Tempe memang punya rasa yang khas dan harganya di pasarpun cukup terjangkau. Tempe sangat mudah diolah menjadi bermacam masakan.

Manfaatnya pun tak diragukan lagi untuk tubuh. Kita biasa mengolah tempe dengan cara digoreng ataupun dijadikan orek atau yang lainya.

Mungkin Jarang sekali orang yang mengkonsumsinya dengan dijadikan jus tempe, ternyata salah satu cara terbaik menikmati tempe ternyata ialah dijus. Bahkan jus tempe ini disebut lebih sehat dibandingkan yoghurt.

Berikut Manfaat Jus Tempe

Jus tempe pasti yang ada dibenak adalah rasanya yang aneh, ternyata tempe bisa dijadikan jus dengan dicampurkan bersama buah-buahan segar.

Tempe mengandung prebiotik yang kita makan. Berbagai nutrisi dan prebiotik yang baik untuk pencernaan di tempe akan tersimpan utuh saat mengkonsumsinya dengan cara dijus.

Cara menjadikannya jus adalah dengan mencampurnya bersama buah-buahan, diantaranya kurma, mangga, sirsak, pisang, dan buah naga.

Langkah Membuat Jus Tempe

  • Pertama yang harus dilakukan ialah memotong dadu tempe mentah, lebih baik yang masih segar atau baru dibeli.
  • Setelah itu tempe dikukus sekitar 10 menit, hingga air kukusan mendidih dan tempe cukup layu.
  • Proses mengkukus tempe tersebut berguna untuk menghilangkan wangi kedelai pada tempe saat dijus.
  • Setelah itu potongan dadu tempe tersebut dimasukan kedalam blender, bersamaan dengan salah satu buah yang dipilih tergantung selera masing masing.
  • Jangan lupa tambahkan air secukupnya juga es batu juga perlu.
  • Sebaiknya tidak menambahkan gula, karena sudah ada rasa manis dari buah yang dicampurkan.
  • Perbandingan yang digunakan ialah tempe 100 gram dengan buah sekitar 150-200 gram, dan air atau es batu secukupnya.

Hidangan ini selain berasal dari bahan yang asli Indonesia, juga di klaim lebih baik dari yoghurt untuk kesehatan pencernaan. Soal gizi di dalamnya, tempe pun dinilai setara dengan daging sapi, ayam, dan lainnya.

Bahaya tempe dibungkus daun pisang

Tempe yang dibungkus plastik atau daun pisang tentu memiliki perbedaan. Tempe yang dibungkus daun pisang identik dengan pasar tradisional atau kota kecil.

Soalnya di daerah tersebut lebih banyak ditemukan daun pisang. Jadilah produsen tempe di kota kecil menggunakan daun pisang.

Sementara untuk daerah kota, daun pisang tidak terlalu sering ditemui. Untuk itu para produsen tempe di kota lebih memilih plastik sebagai pembungkus.

Tempe yang dibungkus daun pisang pasti rasa dan aromanya lebih khas daripada yang dibungkus plastik. Tapi daun pisang yang digunakan tidak boleh sembarangan.

Harus dipastikan daun pisang itu benar-benar bersih atau berasal dari kebun yang bebas dari hama. Karena tempe mengandung bakteri baik hasil fermentasi dan cukup sensitif terhadap cemaran bakteri lainnya.

Daun pisang yang kurang bersih bisa mengandung bakteri jahat yang malah akan membuat tempe tidak jadi atau busuk. Bukan cuma terhadap tempe, bakteri juga bisa mengganggu kondisi tubuh.

Sementara itu, tempe yang menggunakan plastik biasanya datang dari produsen tempe yang lebih modern dan terjaga kebersihannya. 

Jadi dari segi higienis, maka tempe yang dibungkus plastik lebih aman. Tapi untuk rasa, tidak ada perbedaan yang mencolok dari keduanya.

0 Response to "Manfaat Jus Tempe"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak