Penyebutan Lafadz Al-Jin Dalam Beberapa Ayat Al-Quran

Bismillahirrahmanirrahim, Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu dirahmati dan Istiqomah.

1. Al Jaan (al Jin) Adapun bangsa jin dalam Al-Quran disebutkan : “Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelumnnya juga oleh jin”

2. Al Jaan, Jin juga menyerupai seekor ular yang kedua kelopak matanya hitam kekuning-kuningan, akan tetapi tidak berbisa.

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran : “Maka tatkala (tongkatnya menjadi ular) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti seekor ular yang gesit, larilah ia dan tanpa menoleh kebelakang”

3. Bangsa jin berbeda dengan manusia. Jin muda merupakan permulaan kehidupannya

4. Al-jinnah yang berarti hilang ingatan, dalam Al-Quran disebutkan “Ataukah dia sudah hilang ingatan”. Dan al-jinnah itu juga berarti bangsa jin, sebagaimana dalam Al-Quran “Dari golongan jin dan manusia”.

5. Al-Junun : Hilang ingatan atau rusak ingatan.

6. Adapun al-jin berarti juga malaikat, dalam Al-Quran disebutkan : “Dan mereka adakan hubungan nasab antara Allah dan jin” atau mereka menasabkan malaikat itu keturunan Allah.

Dengan demikian Al-Quran menyebutkan lafadz Al-

Jin dengan beberapa maksud. Ada yang jelas maksudnya, dan ada mengandung makna konotasi (makna yang tersembunyi).

Kebanyakan lafadz al-Jin itu bersanding dengan lafadz al-Insan, seperti dalam Al-Quran : Layaknya manusia, bangsa jin juga ada yang beriman, dan yang kafir. 

Dalam Al-Quran disebutkan : Dan sesungguhnya diantara kami ada orang-orang yang taat dan ada pula orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus Q. S Al-Jin : 14

Di samping itu,dalam Al Qur’an sering disebutkan lafadz aljin yang digandengkan dengan penyebutan perbuatan baik dan juga jelek. Seperti pada ayat-ayat berikut:

1. Q. S Al-An’am : 100

Dan mereka orang-orang musyrik menjadikan jin itu sekutu bagi Allah, padahal Allahlah yang menciptakan jin-jin itu dan mereka berbohong dengan mengatakan : “bahwasannya Allah mempunyai anak laki-laki dan perempuan tanpa berdasarkan pengetahuan.

2. Q. S Al-An’am : 128

Dan ingatlah hari di waktu Allah mengumpulkan mereka semuanya, dan Allah berfirman : “wahai golongan jin kamu telah banyak menyesatkan manusia.

3. Q. S Al-An’am : 112

Dan telah aku jadikan bagi tiap nabi itu musuhnya, baik dari syetan manusia dan jin yang saling membisikan antara satu dengan lain.

4. Q. S Al-An’am : 130

Hai bangsa jin dan manusia bukankah telah diutus kepadamu sekalian seorang Rasul yang menyampaika kepadamu tandatanda kebesaranku.

5. Q. S Al-a’raf : 38

Allah berfirman : “masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama-sama golongan jin dan manusia yang tela terdahului sebelumnya”.

6. Q. S Al-A’raf : 179

Dan sesungguhnya kami jadikan bagi isi neraka Jahannam kebanyakan dari dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami ayat-ayat Allah.

7. Q. S Al-Isra : 88

Katakanlah : “sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al-Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengannya”.

8. Q. S Al-Kahfi : 50

Dan ingatlah ketika kami katakan kepada malaikat “sujudlah kamu kepada Adam”, lalu merka pun sujud, kecuali iblis. Dan dia adalah dari golongan jin yang mendurhakai Allah.

9. Q. S An-Naml : 17

Dan dikumpulkanlah dari bangsa jin dan mansuia menghadap Sulaiman juga burung, lalu mereka diatur dengan tertib dalam barisan.

10. Q. S An-Naml : 39

Berkata Ifrit dari golongan jin “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana sebelum kamu berdiri dari dudukmu”. 

11. Q. S Saba’ : 12

Dan sebagian dari jin ada juga yang bekerja dibawah kekuasaannya dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang dantara mereka dari perintah kami, kami berikan kepadanya azab neraka yang menyala-nyala.

12. Q. S Saba’ : 14

Maka ketika ia telah bersungkur tahulah jin bahwa kalau saja sekiranya mereka mengetahui alam ghaib tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yangmenghinakan.

13. Q. S Saba’ : 41

Bahkan mereka telah menyembah jin dan kebanyakan mereka beriaman kepadanya.

14. Q. S Fushilat : 25

Dan tetaplah keputusan atas mereka azab pada umat-umat terdahulu sebelum mereka dari jin dan manusia, sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang merugi

15. Q. S Fushilat : 29

Dan orang-orang kafir berkata : “Ya Tuhan kami perlihatkanlah kepada kami dua jenis orang yang telah menyesatkan kamiyaitu sebagian dari jin dan manusia agar kami letakkan kedua kakinya dibawah kaki kami”.

16. Q. S Al-Ahqaf : 18

Mereka itulah orang-orang yang telah mendapatkan keputusan azab bersama orang-orang yang telah berlalu sebelum mereka dari jin dan manusia. Sesunguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi.

17. Q. S Al-Ahqaf : 29

Dan ingatlah ketika kami hadapkan serombongan jin kepadamu  yang mendengarkan Al-Quran.

18. Q. S adz-Dzariyat : 56

Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku.

19. Q. S Ar-Rahman : 33

Hai golongan jin dan manusia jika kamu sanggup menembus penjuru langit dan bumi maka lintasilah)

20. Q.S Al Jin : 1

Katakanlah hai Muhammad “telah diriwayatkan kepadaku bahwasannya sekumpulan jin telah mendengarkan Al-Quran yang menakjubkan”.

21. Q. S Al-Jin : 5

Dan sesunggihnya kami mengira bahwa manusia dan jin tidak akan mengatakan perkataan yang dusta terhadap Allah.

22. Q. S Al-Jin : 6

Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki diantara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki diantara jin, maka jin itu menambahkan dosa dan kesalahan mereka.

0 Response to "Penyebutan Lafadz Al-Jin Dalam Beberapa Ayat Al-Quran"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak