5 Amalan Yang dapat mendatangkan pertolongan dari Allah

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Dalam al-Qur’an Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَإِن يَمۡسَسۡكَ ٱللَّهُ بِضُرّٖ فَلَا كَاشِفَ لَهُۥٓ إِلَّا هُوَۖ وَإِن يُرِدۡكَ بِخَيۡرٖ فَلَا رَآدَّ لِفَضۡلِهِۦۚ يُصِيبُ بِهِۦ مَن يَشَآءُ مِنۡ عِبَادِهِۦۚ وَهُوَ ٱلۡغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Q.S. Yunus [10]:107)

Tidak ada yang lebih penting dari hidup ini selain dekat dengan Allah pencipta kita, pemilik diri kita,  yang mengenggam langit dan bumi dan berikut segala urusan kita, 

Jika kita dekat dengan-Nya dan diridhoi Allah maka segala urusan kita akan diurai oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, permasalahannya bukan masalah yang kita hadapi berat atau ringan  tetapi  Allah menolonng kita tidak untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Masalah kecil akan terasa berat jika tidak melibatkan Allah, tetapi masalah berat akan menjadi ringan jika melibatkan Allah.

Dan sekiranya Allah menimpakan kemudharatan kepada mu tak ada yang bisa menghingkannya  kecuali dengan ijin Allah, kita ditimpa gelisah, tidak ada yg bisa menenangkan selain Allah yang  membolah balikkan hati, kita ditimpa sakit tidak ada yang kuasa dapat menyembukan selain  Allah, terjadi mudharat karena ijin Allah, hilangnya mudharat dengan keridhoan Allah, oleh  karena itulah takutlah jika kita tidak ditolong Allah. 

Seringkali saat menghadapi masalah kita sibuk dengan selain Allah, sibuk  mencari solusi sendiri, sibuk ikhtiar, sibuk meminta bantuan sana minta kita lupa melibatkan Allah, setidaknya ketika kita mendapatkan musibah seharusnya mengingat Allah dengan mengucapkan beberapa kalimat yang diajarkan dalam al-Qur’an.

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٞ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٰجِعُونَ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali). (Al-Baqarah [2]:156).

Jadi yakinlah bahwa penolong itu satu ialah Allah Subhanahu Wa Ta'ala, barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya selalu ada jalan dari setiap masalah yang dihadapinya. 

Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan segala keperluannya sepertikeperluan lahir, keperluan  batin, keperluan intlektual, dan lain-lain. 

Allah maha mengetahui apa yang kita butuhkan dan akan memenuhi kebutuhan laykanya Allah menciptkan paru-paru dalam tubuh kita yang membutuhkan udara, Allah menciptakan udara untuk dihirup oleh kita secara gratis. 

Beberapa cara mendekat kepada Allah dengan lima malan utama:

1. Sabar dan Perbaiki Sholat

Selalu berusaha sholat tepat waktu, berjamaah dimasjid, dan usahakan melakukan ibadah sholat sunnah lainnya seperti tahajud, makin banyak sujud makin dekat  dengan pertolongan Allah. Jika kita ingin memperbaiki suatu urusan maka hal utama yang harus diperbaiki ialah sholat.

2. Memperbanyak Baca Alqur’an

Membaca satu huruf dalam al-Qur’an seperti melakkan satu kebaikian yang dikali 10 pahala kebaikannya, kalau kita sering membaca al-Qur’an maka kemungkinan akan banyak  keajaiban dalam hidup kita.

3. Perbanyak Sholawat

Semakin sering mengucapkan sholawat maka akan semakin sering mengingat Rasulullah, sebab akan ingat kepada perjuangan Rasulullah, pengorbanan beliau, ingat kepada kemulian akhlaq beliau, ingat kecintaan beliau  kepada kita umatnya. Semakin sering bersholawat maka akan semakin sering kebaikan yang tercurahkan kepada kita.

4. Perbanyak Istighfar

Barangsiapa terus menerus melazimkan istighfar, memohon ampun kepada Allah baginya  dilapangkan dari kesempitan, Allah akan memberi jalan keluar dari setiap persoalannya dan Allah datangkan  rezeki yang tak terduga-duga.

Rasulullah adalah manusia tanpa dosa setiap harinya beristighfar sampai 100 kali, lantas bagaimana dengan kita yg bergelimang dosa. Setiap dosa adalah kegelapan, setiap dosa adalah kegelisahan, setiap dosa adalah penjara yang membuat takut diketahui orang lain, semakin banyak dosa maka semakin gelap kehidupan kita.

5. Perbanyaklah Sedekah

Semua kebaikan adalah sedekah, dengan sedekah maka akan kebaikan akan kembali kepada kita, kita harus bisamelakukan sedekah sekecil apapun itu, seperti ilmu, tenaga, ataupun dengan harta sebab di dalamnya mengandung kebaikan yang berlimpah.

Allah melihat setiap perbuatan kita dan Allah maha teliti. kepintaran seseorang tidak akan berfungsi tanpa seizin Allah dan kekuasaan akan hilang jika Allah tidak ridho.Semoga kita dapat mengaplikasikan amalan-amalan di atas  dalam kehidupan sehari-hari.

0 Response to "5 Amalan Yang dapat mendatangkan pertolongan dari Allah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak