Penyebab Makan Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak negatif, termasuk saat makan. Makan berlebihan bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. 

Dapat memicu terjadinya obesitas, meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronik, bahkan bisa menyebabkan masalah mental.

Oleh karena itu, mengatur seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh itu sangat penting. Tahukah kalian apa saja yang bisa menjadi penyebab makan berlebihan yang sering terjadi? Bagaimana mengatasinya?

Berikut ini beberapa penyebab orang makan berlebihan diantaranya:

1. Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu penyebab makan berlebihan yang tidak pernah kalian sadari. Kelelahan akibat kurang tidur mengurangi kemampuan orang untuk mengendalikan nafsu makan tanpa disadari.

Penelitian dari Preceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa orang yang kurang tidur bisa makan hingga 5% lebih banyak kalorinya per hari dibandingkan dengan orang yang cukup istirahatnya. Seringnya dikarenakan lebih banyak makan saat di malam hari.

Kelelahan pada akhirnya juga bisa meningkatkan risiko terjadinya stres. Stres selanjutnya juga bisa memengaruhi keinginan makan seseorang. 

Ada beberapa orang yang melampiaskan stres nya pada makanan sehingga Ia cenderung makan lebih banyak.

2. Terlalu lapar

Terlalu lapar karena meninggalkan satu waktu makan juga bisa jadi penyebab makan berlebihan. Melewati waktu makan dengan sengaja biasanya dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tapi nyatanya, ini justru menimbulkan efek sebaliknya.

Saat tubuh melewati satu waktu makan yang seharusnya, tubuh justru akan merasa sangat lapar. Saat tubuh terlalu lapar, tubuh merasa membutuhkan energi sangat banyak dari makanan untuk bertahan hidup. Ini mengapa orang akan cenderung makan lebih banyak alias “balas dendam”.

Penelitian yang dilakukan di Cornell University juga menemukan bahwa orang yang melewatkan waktu makan dan membuat tubuhnya kelaparan malah akan mengambil 31% lebih banyak junk food dibandingkan dengan orang yang makan camilan sebagai pengganjal sebelumnya ketika memilih makanan.

Nah, bagaimana jadinya jika kalian makan junk food hingga kalap? Makanan yang kaya lemak dan gula garam ini justru membuat masalah baru yaitu tumpukan lemak yang semakin banyak di dalam tubuh.

3. Tidak fokus saat makan

Seberapa sering kalian makan sambil main smartphone, menonton TV, atau memainkan laptop? Atau bahkan pernah makan sambil bekerja di depan komputer? 

Nah, tahukah kalian justru menjadi multitasking saat makan mengurangi kemampuan tubuh untuk merasakan jumlah makanan yang Anda makan. 

Dengan begini, seberapa penuh makanan yang masuk ibaratnya tidak terasa dan ini yang bisa jadi penyebab makan berlebihan.

Penelitian menunjukan bahwa makan sambil nonton membuat kalian mengonsumsi makanan lebih banyak dan mengurangi kemampuan mengingat berapa banyak makanan yang sudah dimakan. 

Padahal ilmuwan mengatakan bahwa mengingat seberapa banyak makanan yang sudah dimakan dapat meningkatkan kesadaran tentang betapa mengenyangkan makanan itu, sehingga ini akan berdampak pada jumlah makanan yang dikonsumsi selanjutnya.

4. Kebanyakan gula

Selain meningkatkan risiko mengalami obesitas dan diabetes melitus tipe 2, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa membuat kalian makan berlebihan hingga kalap.

Kelebihan gula mengganggu fungsi sistem pengendali nafsu makan di tubuh kalian. Pada kondisi normal ketika kita makan, tubuh akan menurunkan hormon ghrelin (hormon kelaparan)

Sehingga kita tidak lagi merasa kelaparan, dan mengeluarkan hormon leptin (hormon keyang) supaya kita merasa kenyang dan berhenti makan.

Namun, ketika kalian mengonsumsi terlalu banyak gula, tubuh gagal menekan hormon ghrelin (hormon kelaparan) dan kurang efektif mengeluarkan hormon leptin (hormon kenyang). Hal inilah yang bisa membuat seseorang selalu lapar dan makan banyak.

5. Stres, pikiran negatif, depresi dan tersedianya makanan favorit kalian

Ketika pemicu tersebut hadir, kalian bisa kalap makan sampai tidak menyadari bahwa kalian sudah kenyang. 

Pikiran kalian akan terus mendorong kalian untuk menambah porsi makan karena makanannya terasa enak sehingga Anda tidak sadar kalau sudah kenyang.

Mengatasi makan berlebihan 

Makan berlebuhan bisa kalian atasi dengan selalu fokus pada apa yang kalian makan dan bagaimana perasaan kalian. 

Selain itu, kalian juga bisa melakukan beberapa perubahan kebiasaan seperti tidak makan di depan televisi dan makan secara perlahan. 

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi makan berlebihan: 

1. Nikmati makanan kalian 

Perhatikan rasa, tekstur dan baunya. Lalu rasakan apakah kalian menyukainya atau kalian memakannya hanya makanan itu yang tersedia. 

2. Kunyah perlahan Hindari makan terlalu cepat. 

Kunyah makanan kalian secara perlahan agar tidak makan berlebihan. 

3. Sadari rasa lapar kalian

Setelah beberapa kali makan, rasakan dengan pasti apakah rasa lapar tersebut masih dan untuk menyadari apakah kalian sudah kenyang atau belum. 

4. Cukup tidur dan minum air 

Cukup tidur dan memastikan asupan cairan tubuh dengan baik adalah cara terbaik untuk mengendalikan rasa lapar. 

0 Response to "Penyebab Makan Berlebihan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak