Mengenal Pendidikan Seks Anak Usia Dini Tahap Awal

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Pendidikan Seks Anak Usia Dini Tahap Awal

Pada usia 1-5 tahun ajarkan anak tentangpendidikan seks, yaitu mulai dengan memperkenalkan kepada si kecil organ-organ seks miliknya secara singkat, tidak perlu memberi penjelasan detail karena rentan waktu atensi anak biasanya pendek. 

Misalnya saat si kecil mandi, kenalkan ini rambut, kepala, tangan, kaki, perut, penis atau vagina. 

Selain itu jelaskan bahwa alat kelamin tidak boleh dipertontonkan dengan sembarangan, dan juga jika ada yang menyentuhnya tanpa diketahui orang tua, maka si kecil harus berteriak keras-keras dan melapor poada orang tuanya.

Jelaskan bahwa alat kelamin juga disebut kemaluan. Yang berarti malu bila dilihat dan disentuh oleh orang lain. 

Ajarkan bahwa ia harus menutup bagian kelaminya dengan pakaian yang sopan. Agar si kecil bisa menghargai dirinya sendiri serta terhindar dari pelecehan seksual.

Memberikan pendidikan seks kepada anak dengan permainan atau nyanyian sehingga anak bisa nyaman, bukan dengan menakut-nakuti atau membuat mereka cemas gunakan bahasa sehari-hari yang biasa orang tua ajarkan pada anak.

1. Mengenalkan pada anak bahwa tubuhnya berharga, tanamkan sejak dini agar anak mempunyai rasa malu, apabila ia tidak mengenakan pakaiannya jika hendak bermain, membiasakan agar anak terbiasa menutup aurat.

2. Kenalkan pada anak bagian tubuh mana yang boleh disentuh dan dilihat oleh orang lain. Boleh disentuh apabila ayah dan ibu memandikan, membersihkan sehabis buang air besar, serta ada pendampingan orang tua apabila hendak diperiksa oleh dokter

3. Ada empat bagian tubuh yang harus dijaga, yaitu bibir, dada, kemaluan organ tubuh, serta dubur.

4. Kenalkan pada anak jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan

5. Ajarkan pada anak bagaimana mereka berprilaku sesuai dengan normanorma yang berlaku.

6. Membatasi aktivias menonton TV, atau tidak membiasakan anak untuk memainkan game, orang tua harus teliti tontonan apa dan dengan siapa si anak bermain.

7. Membatasi anak untuk menggunakan gadgetnya, membuat kesepakatan ketika ingin menggunakan gedgetnya, anak harus diberikan hukuman jika dia tidak mematuhi peraturan, namun dengan tegas orang tua harus konsisten dengan peraturannya.

Adapun kesimpulan dari atas bahwa ajarkan pada anak apabila ada orang lain yang menyentuh dan membuka baju anak katakan tidak atau meminta tolong, jika ada orang lain yang memaksa anak maka berlari ketempat yang ramai dan meminta bantuan pada orang lain. 

0 Response to "Mengenal Pendidikan Seks Anak Usia Dini Tahap Awal"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak