Sedekah Jumat Berkah

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Pembaca yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. 

Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, 

Apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”. 

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah,

“Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

Keutamaan sedekah hari Jumat :

1. Lebih Besar Pahalanya

Imam Abdurrazaq dalam Kitab Al-Mushannaf meriwayatkan “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

2. Seperti Sedekah di bulan Ramadhan

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; 

“Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

3. Didoakan oleh Para Malaikat

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa sallam bersabda, 

“Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tips kemudahan untuk bersedekah :

1. Sedekah dengan jumlah kecil

Kadang merasa ragu dan malu dengan jumlah kecil yang kita sedekahkan, misalnya berupa sebiji kurma. Namun, walaupun kecil tapi berasal dari rizki yang halal serta niat yang ikhlas untuk konsisten melakukannya, pasti akan membawa keberkahan dan pahala yang besar bagi kita. 

Sebagaiaman dalam hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam,

ูَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู†َّุงุฑَ ูˆَู„َูˆْ ุจِุดِู‚ِّ ุชَู…ْุฑَุฉٍ ูَู…َู†ْ ู„َู…ْ ูŠَุฌِุฏْ ูَุจِูƒَู„ِู…َุฉٍ ุทَูŠِّุจَุฉٍ

“Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016).

2. Menyisihkan sedikit dari tabungan kita

Mencoba membuat tabungan khusus untuk kita bersedekah. Niatkan dan lakukan secara konsisten bahwa itu memang untuk bersedekah. 

Namun, jika kita tidak bisa melakukan dengan cara ini, ada baiknya jangan tunda sedekah agar amalan bisa langsung kita laksanakan.

3. Meneladani dan mempelajari sejarah para Nabi dan sahabat di masa lalu

kita bisa mepelajari bagaimana Nabi dan para sahabat di masa lalu dalam menginfakkan hartanya di jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Bagaimana Umar Bin Khattab radhiallahu anhu, Abu Bakar radhiallahu 'anhu, Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu, Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu tidak ragu menggelontorkan hartanya untuk Islam. Temukan kebermaknaannya dari mereka dan niatkanlah bahwa kita pun ingin meneladani kehidupannya.

Mengapa hari Jumat sebagai hari istimewa umat islam ?

Keutamaan hari Jumat yang membuatnya lebih istimewa dibandingkan hari lain ialah, diantaranya:

1. Waktu Mustajab Dikabulkannya Doa

Jika berdoa di hari Jumat maka dengan kehendak Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan dikabulkan. Sama dengan pada bulan Ramadan, setiap doa akan diijabah oleh Allah. 

Oleh karenanya, gunakan kesempatan berdoa dengan khusyuk pada hari Jumat, sebagaimana dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari Jum’at, lantas beliau bersabda,

ูِูŠู‡ِ ุณَุงุนَุฉٌ ู„ุงَ ูŠُูˆَุงูِู‚ُู‡َุง ุนَุจْุฏٌ ู…ُุณْู„ِู…ٌ ، ูˆَู‡ْูˆَ ู‚َุงุฆِู…ٌ ูŠُุตَู„ِّู‰ ، ูŠَุณْุฃَู„ُ ุงู„ู„َّู‡َ ุชَุนَุงู„َู‰ ุดَูŠْุฆًุง ุฅِู„ุงَّ ุฃَุนْุทَุงู‡ُ ุฅِูŠَّุงู‡ُ

“Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

2. Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala,

ู…َّุซَู„ُ ูฑู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُู†ูِู‚ُูˆู†َ ุฃَู…ْูˆَٰู„َู‡ُู…ْ ูِู‰ ุณَุจِูŠู„ِ ูฑู„ู„َّู‡ِ ูƒَู…َุซَู„ِ ุญَุจَّุฉٍ ุฃَู†ุۢจَุชَุชْ ุณَุจْุนَ ุณَู†َุงุจِู„َ ูِู‰ ูƒُู„ِّ ุณُู†ุۢจُู„َุฉٍ ู…ِّุงุ۟ฆَุฉُ ุญَุจَّุฉٍ ۗ ูˆَูฑู„ู„َّู‡ُ ูŠُุถَٰุนِูُ ู„ِู…َู† ูŠَุดَุงุٓกُ ۗ ูˆَูฑู„ู„َّู‡ُ ูˆَٰุณِุนٌ ุนَู„ِูŠู…ٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216)

Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, 

Dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. 

Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

0 Response to "Sedekah Jumat Berkah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak