Tiga Ikatan Setan Ketika Tidur

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Hadits Sahih Riwayat al-Bukhari:

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ: ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ: ูŠَุนْู‚ِุฏُ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ُ ุนَู„َู‰ ู‚َุงูِูŠَุฉِ ุฑَุฃْุณِ ุฃَุญَุฏِูƒُู…ْ ุฅِุฐَุง ู‡ُูˆَ ู†َุงู…َ ุซَู„ุงَุซَ ุนُู‚َุฏٍ، ูŠَุถْุฑِุจُ ูƒُู„َّ ุนُู‚ْุฏَุฉٍ ุนَู„َูŠْูƒَ ู„َูŠْู„ٌ ุทَูˆِูŠู„ٌ ูَุงุฑْู‚ُุฏْ. ูَุฅِู†ْ ุงุณْุชَูŠْู‚َุธَ ูَุฐَูƒَุฑَ ุงู„ู„َّู‡َ ุงู†ْุญَู„َّุชْ ุนُู‚ْุฏَุฉٌ، ูَุฅِู†ْ ุชَูˆَุถَّุฃَ ุงู†ْุญَู„َّุชْ ุนُู‚ْุฏَุฉٌ، ูَุฅِู†ْ ุตَู„َّู‰ ุงู†ْุญَู„َّุชْ ุนُู‚ْุฏَุฉٌ، ูَุฃَุตْุจَุญَ ู†َุดِูŠุทًุง ุทَูŠِّุจَ ุงู„ู†َّูْุณِ ูˆَุฅِู„ุงَّ ุฃَุตْุจَุญَ ุฎَุจِูŠุซَ ุงู„ู†َّูْุณِ ูƒَุณْู„ุงَู†َ. ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ

“Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu : Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi was sallam bersabda: Setan mengikat tiga ikatan di atas tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur, setan mengencangkan ikatan tersebut (sambil berkata): Malam masih panjang maka tidurlah. Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian dia berwudhu maka lepaslah tali yang kedua, dan jika ia mendirikan shalat lepaslah satu tali ikatan, dan pada pagi harinya ia akan merasakan semangat dan jiwa yang tentram. Namun bila dia tidak melakukan  itu, maka pagi itu jiwanya tidak tentram dan ia merasa malas.” (HR. Bukhari)

Pesan hadits yang disampaikan:

Setan selalu mencoba menghasut manusia bahkan ketika manusia itu sedang tertidur. Setan mengikatkan tiga tali ikatan di atas tengkuk masing-masing dari kita dan mengatakan: 

Malam masih panjang, agar kita semakin terlelap dalam tidur. Jika anda ingin melepaskan tiga ikatan ini, maka yang harus anda lakukan adalah:

1. Mengingat Allah ketika terbangun.

2. Berwudhu.

3. Menunaikan shalat. 

Jika anda melakukan ketiganya maka anda akan memulai pagi anda dengan semangat dan jiwa yang tentram. 

Sebaliknya, jika anda merasa malas di pagi hari, mungkin anda lupa melepas salah satu ikatan yang setan ikatkan pada tengkuk anda.

0 Response to " Tiga Ikatan Setan Ketika Tidur"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak