Ujian Akhir Zaman

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Dari Abu Hurairah ra, bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam:

ูŠَุฃْุชِูŠ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุฒَู…َุงู†ٌ ูŠُุฎَูŠَّุฑُ ูِูŠู‡ِ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ุจَูŠْู†َ ุงู„ْุนَุฌْุฒِ ูˆَุงู„ْูُุฌُูˆุฑِ ูَู…َู†ْ ุฃَุฏْุฑَูƒَ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ุฒَّู…َุงู†َ ูَู„ْูŠَุฎْุชَุฑْ ุงู„ْุนَุฌْุฒَ ุนَู„َู‰ ุงู„ْูُุฌُูˆุฑِ

“Akan datang pada kalian semua suatu zaman di mana seorang laki-laki akan dihadapkan pada pilihan antara kondisi ketidakmampuan dan kemaksiatan di mana-mana. Barangsiapa yang mendapatkan zaman tersebut maka hendaknya dia memilih sebagai pihak yang tertekan daripada harus melakukan tindakan kemaksiatan. [HR. Ahmad, hadits no. 7686. Al-Haitsami menyatakan hadits diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Ya‘la dari seorang syaikh yang sanadnya berakhir pada Abu Hurairah radiallahu anhu. Sedangkan para perawinya adalah orang-orang yang terkenal tsiqah. [Majma‘ Az-Zawรข’id (7/287)].

Merujuk kembali pada apa yang pernah dikatakan oleh Ahmad Thomson tentang jenis masyarakat ketiga, yakni masyarakat jahiliyah yang jauh dari syari’at dan jauh dari keselerasan alam semesta. 

Hidup dalam atmosfir peradaban Dajjal yang sistemik telah membuat banyak orang berada pada posisi yang dilematis. 

Larut dalam arus global kadangkala memang menjanjikan keuntungan duniawi yang besar, namun bersamaan dengan itu larut pula identitas keimanan kita karena telah melebur dalam kekufuran.

Ada seorang kawan yang curhat paska PHK yang menimpa dirinya. Demi menyambung hidupnya, ia memutuskan untuk menjual susu segar dengan membuka lapak atau warung tenda di pinggir jalan. 

Malam itu pembelinya adalah dua orang pemuda dan pemudi yang hanya memesan segelas susu. Butuh satu jam lebih bagi keduanya untuk menghabiskan susu itu, lantaran di sela-sela menikmati susu itu keduanya juga sedang ‘menikmati’ dunia cinta mereka yang sedang merah jambu. 

Kawan penjual susu ini tentu saja merasa resah, satu jam lebih ia dipaksa menonton adegan pacaran konsumennya. 

Menjual susu segar tentu halal dan legal, namun bila setiap hari harus dipaksa menikmati ‘tayangan life’ pasangan muda-mudi semacam itu, tentu saja bisa mengancam keselamatan imannya.

Di luar sana, masih ribuan contoh lain yang menggambarkan kondisi dilematis seorang muslim saat harus berhadapan dengan system jahiliyah; suap, bohong, manipulasi, riba, maksiat dan kejahatan lainnya, terutama yang berkaitan erat dengan transaksi bisnis dan muamalah.

Hadits di atas memberikan isyarat terkait merajalelanya kezhaliman dan kemaksiatan di muka bumi dalam seluruh sendi kehidupan. Kondisi yang demikian itu mengakibatkan seorang muslim dihadapkan pada pilihan sulit.

Namun demikian, Rasulullah Shalallahu ’Alaihi Wassallam mengingatkan agar seorang mukmin memilih yang lebih rendah, yaitu kondisi tertekan. Mungkin ia dianggap kalah secara dunia, namun sejatinya ia telah memenangkan akhiratnya.

Nubuwat di atas juga dikuatkan dengan hadits lain yang menggambarkan bukan hanya ujian eksternal saja yang akan dihadapi oleh seorang mukmin. Namun ada juga ujian internal dari dalam dirinya berupa sifat kikir dan mengikuti hawa nafsu. 

Inilah kombinasi ujian yang membuat seorang mukmin yang tetap sabar berpegang pada syariat seperti mereka yang menggenggam bara.

Dari Abu Umaiyyah Asy-Sya‘bani ra, dia berkata: Aku pernah mendatangi Abu Sya‘labah Al-Khusyani dan bertanya kepadanya, “Bagaimana pendapatmu mengenai ayat ini?” Dia bertanya, “Ayat yang mana?” Maka aku pun membaca ayat: “Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian, tiadalah orang yang sesat itu akan memberi madharat kepada kalian apabila kalian telah mendapat petunjuk. (Al-Mรข’idah [5]:105).” Maka dia pun menjawab, “Demi Allah, engkau telah menanyakannya kepada orang yang ahli tentangnya. Aku pernah menanyakan makna ayat ini kepada Rasulullah saw. Maka, beliau bersabda,

ุจَู„ْ ุงุฆْุชَู…ِุฑُูˆุง ุจِุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ ูˆَุชَู†َุงู‡َูˆْุง ุนَู†ْ ุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑِ ุญَุชَّู‰ ุฅِุฐَุง ุฑَุฃَูŠْุชَ ุดُุญًّุง ู…ُุทَุงุนًุง ูˆَู‡َูˆًู‰ ู…ُุชَّุจَุนًุง ูˆَุฏُู†ْูŠَุง ู…ُุคْุซَุฑَุฉً ูˆَุฅِุนْุฌَุงุจَ ูƒُู„ِّ ุฐِูŠ ุฑَุฃْูŠٍ ุจِุฑَุฃْูŠِู‡ِ ูَุนَู„َูŠْูƒَ ุจِุฎَุงุตَّุฉِ ู†َูْุณِูƒَ ูˆَุฏَุนْ ุงู„ْุนَูˆَุงู…َّ ูَุฅِู†َّ ู…ِู†ْ ูˆَุฑَุงุฆِูƒُู…ْ ุฃَูŠَّุงู…ًุง ุงู„ุตَّุจْุฑُ ูِูŠู‡ِู†َّ ู…ِุซْู„ُ ุงู„ْู‚َุจْุถِ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุฌَู…ْุฑِ ู„ِู„ْุนَุงู…ِู„ِ ูِูŠู‡ِู†َّ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِ ุฎَู…ْุณِูŠู†َ ุฑَุฌُู„ًุง ูŠَุนْู…َู„ُูˆู†َ ู…ِุซْู„َ ุนَู…َู„ِูƒُู…ْ

‘Teruskanlah olehmu untuk selalu melakukan amar makruf nahi munkar hingga engkau akan menyaksikan kekikiran yang ditaati, hawa nafsu yang diperturutkan, kehidupan dunia yang diutamakan, serta orang-orang yang terpesona terhadap berbagai pendapat yang dikeluarkannya. Hendaknya kamu hanya bergaul dengan orang-orang yang searah denganmu dan jauhilah orang-orang yang awam. Sebab setelah zamanmu itu akan datang suatu zaman penuh cobaan di mana orang yang memegang teguh agamanya ibarat menggenggam bara api. Ketahuilah, saat itu orang yang terus berusaha untuk memegangi agamanya maka pahalanya sama dengan 50 orang yang juga melakukan hal yang sama dari kalian’.[HR. Abu Dawud, Al-Malรขhim, hadits no. 4319]

Hadits di atas menjelaskan bahwa di hari-hari yang penuh ekstra kesabaran (ayyamush shabr) tersebut masih ada orang-orang yang tetap teguh memegang keimanannya dengan kebenaran dan kesabaran. 

Mereka inilah yang hidup dalam keterasingan yang yang dijanjikan keselamatan dan kemenangan. Mereka itu orang-orang yang akan mendapatkan pahala yang amat besar dari Allah Subhanahu Wata’ala sebagai balasan atas keteguhan mereka dalam memegang agamanya.

Nubuwat di atas memang bernada ancaman, namun di dalamnya juga mengandung bisyarah kabar gembira yang menakjubkan. 

Jika di masa itu Allah mengkaruniakan kita kesabaran, maka itulah zaman dimana kita akan menuai kebajikan 50 kali lipat generasi para sahabat. Semoga Allah menyelamatkan kita dari beratnya ujian di akhir zaman.

0 Response to "Ujian Akhir Zaman"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak