Makhluk Gaib atau Hantu Di Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim, Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu dirahmati dan Istiqomah.

Indonesia adalah negara nomor satu yang paling kaya akan suku dan budaya, keanekaragaman suku dan budaya tersebut melahirkan banyak paham, adat, dan pemahaman yang berbeda-beda. 

Perbedaan itu pulalah yang membuat Indonesia yang juga kerap dikenal dengan nama negara dengan peringkat nomor satu dengan nama keanekaragaman jenis makhluk gaib atau hantu di tiap daerahnya.

Beberapa nama-nama makhluk gaib/hantu di Indonesia, namun yang paling terkenal dan ada di tiap daerah di Indonesia, diantaranya:

1. Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu: puntianak, pontianak) adalah makhluk gaib atau hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak terse ut elum sempat lahir. 

Nama “kuntilanak” atau “pontianak” kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “ unting” hamil dan “anak”. 

Kota Pontianak mendapat naman karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana. 

Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. 

Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. 

Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil. Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir. 

Hampir mirip dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. 

Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “ bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut “ waru do ong” .

2. Tuyul

Tuyul adalah sejenis mahluk gaib atau hantu yang bisa terlihat oleh mata, berujud kecil seperti anak manusia. Biasanya di beri tugas untuk mencari uang yang diperintahkan majikannya. 

Untuk mencegahnya bisa membacakan doa-doa yang mustajab untuk mengusir dan menolak tuyul dan bala- balanya. 

Biasanya makhluk gaib atau hantu ini banyak diperjual belikan, dan juga untuk mendapatkan jenis makhluk gab atau hantu ini memerlukan ritual, seperti puasa dan lain sebagainya.

3. Pocong

Sejarah hantu pocong di Indonesia berasal dari tanah Jawa, dimana ada seorang warga yang meninggal akan tetapi setelah dikubur tali pocongnya tidak dilepas maka dia pun bangkit dari kubur untuk mencari orang yang dapat membantu dia untuk melepas tali pocongnya tersebut.

Berdasarkan Kepercayaan

Pada kebudayaan di Indonesia memang sangat kental sekali dengan hal-hal yang mistis atau gaib, akibat kepercayaan di masa lalu atau mitos nenek moyang bangsa Indonesia.

 Mereka mempunyai atau memegang beberapa kepercayaan yang berbeda, dimulai dari animisme, dinamisme, dan hinduisme sampai adanya kepercayaan ajaran agama Islam. 

Namun tidak terlepas dari kepercayaan ajaran agama, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sekarang sudah modern pun masih tidak lepas dari unsur budaya yang pernah di ajarkan nenek moyang terdahulu, budaya yang berkaitan dengan roh-roh leluhur, ilmu gaib, tempat angker, dan sebagainya. 

Mitos masyarakat pun beredar cepat, terutama tentang makhluk gaib atau hantu yang umumnya tidak memberikan hal positif, meskipun tidak diketahui kebenarannya.

Efek Konten Horror Terhadap Masyarakat

Konten-konten horror sering ditemui dalam media audio vidual berupa film. Horror menurut kamus adalah :

  1. Perasaan yang sangat kuat menyakitkan yang berasal dari kebencian dan ketakutan, 
  2. Sesuatu yang informal dan tidak menyenangkan 
  3. Kecemasan yang ditimbulkan oleh kengerian-kengerian informal. 

Jika disederhanakan, horror merupakan sesuatu yang menciptakan ketakutan dan kegelisahan. Nuansa horror dalam sebah film dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe. 

Ada film yang bernuansa horror karena menampilkan mahluk gaib dan memuat unsur klenik yang kuat. Ada juga film horror yang tidak menampilkan mahluk-mahluk lain dunia itu, melainkan menampilkan sisi jahat dari manusia. 

Misalnya film-film tentang pembunuhan dan thriller (mencengangkan karena biasanya banyak adegan memotong tubuh manusia). 

Akan tetapi di Indonesia kecenderungan persepsi di masyarakat yang bilamana menampilkan sesuatu hal yang horror harus dibuat sedemikian rupa agar tampak mengerikan dan menyeramkan yang tidak memberikan peran positif. 

Hal ini sedikit banyak memberi pengaruh bagi perkembangan mental masyarakat Indonesia, banyak masyarakat Indonesia yang kemudian tumbuh menjadi orang yang takut akan hal-hal gaib akibat hal tersebut.

Namun horror menjadi satu genre film yang diminati. Hal ini terlihat dari jumlah produksi film horror Indonesia yang melambung tinggi.

Solusi Masalah Tentang Keberadaan Makhluk gaib

Perlu adanya informasi yang disampaikan kepada masyarakat tentang makhluk gaib/gaib yang dapat meluruskan persepsi-persepsi yang menyimpang. 

Media yang dapat menjelaskan sekaligus mengiliustrasikan wujud, bentuk, sifat dari makhluk gaib atau gaib ini salah satunya adalah buku.

Buku dinilai efektif karena sifatnya yang statis, sehingga dapat dibaca dan dipelajari dengan tenang tanpa perlu terburu-buru oleh gambar yang bergerak.

0 Response to "Makhluk Gaib atau Hantu Di Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak