Kriteria Wanita Muslimah Shalihah

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah hingga hari kiamat.

Wanita dalam Islam memiliki kewajiban dan hak yang harus dipenuhi dan juga mematuhi segala perintah dan larangan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Wanita yang menganut islam sering disebut sebagai wanita muslimah, lantas bagaimanakah sebenarnya pandangan islam mengenai wanita muslimah itu sendiri? 

Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini. Sebagaimana Allah menciptakan Adam Alaihi sallam, Allah juga menciptakan Hawa yang merupakan seorang wanita

Wanita dibekali Allah Subhanahu Wa Ta,ala segala hal memungkinkannya untuk melaksanakan tugas dan mendampingi pria dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin atau khalifah dimuka bumi, meskipun wanita juga merupakan khalifah bagi dirinya sendiri.

Definisi Wanita Muslimah

Wanita muslimah menurut islam adalah wanita yang menganut agama islam dan menjalankan segala kewajiban serta perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang terkandung dalam agama islam. 

Dalam suatu pepatah disebutkan bahwa wanita muslimah adalah perhiasan dunia dan ia lebih mulia daripada bidadari di surga. 

Menjadi wanita muslimah yang baik hendaknya menjadi cita-cita setiap wanita karena wanita muslimah tentunya disukai Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan juga orang-orang disekitarnya.

Memang terkadang tidak mudah untuk selalu istiqomah dan menjadi wanita muslimah yang baik, akan tetapi segala hal tersebut layak untuk diusahakan. 

Untuk menjadi wanita muslimah sejati atau wanita shaliha menurut Islam maka ia harus memenuhi segala kewajiban baik sebagai seorang anak, istri, ibu dan peranan lainnya dalam kehidupan.

Kriteria Wanita Muslimah Sejati

Menjadi wanita muslimah sejati tidaklah begitu sulit seperti yang diperkirakan dan wanita muslimah sejati tentunya memiliki kriteria tertentu. 

Beberapa kriteria yang mencerminkan bahwa seorang wanita adalah muslimah sejati adalah sebagai berikut.

1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Kriteria pertama yang menjadikan seorang wanita sebagai muslimah sejati adalah beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Wanita muslimah adalah mereka yang senantiasa melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar dan menjalankan segala perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Dalam hal keimanan dan ketaqwaan, islam tidak membedakan antara pria dan wanita sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikut:

ุงِู†َّ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ٰุชِ ูˆَุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ٰุชِ ูˆَุงู„ْู‚ٰู†ِุชِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْู‚ٰู†ِุชٰุชِ ูˆَุงู„ุตّٰุฏِู‚ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ุตّٰุฏِู‚ٰุชِ ูˆَุงู„ุตّٰุจِุฑِูŠْู†َ ูˆَุงู„ุตّٰุจِุฑٰุชِ ูˆَุงู„ْุฎٰุดِุนِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْุฎٰุดِุนٰุชِ ูˆَุงู„ْู…ُุชَุตَุฏِّู‚ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ْู…ُุชَุตَุฏِّู‚ٰุชِ ูˆَุงู„ุตَّุงูۤ‰ِูٕ…ِูŠْู†َ ูˆَุงู„ุตّٰูۤ‰ِูٕ…ٰุชِ ูˆَุงู„ْุญٰูِุธِูŠْู†َ ูُุฑُูˆْุฌَู‡ُู…ْ ูˆَุงู„ْุญٰูِุธٰุชِ ูˆَุงู„ุฐّٰูƒِุฑِูŠْู†َ ุงู„ู„ّٰู‡َ ูƒَุซِูŠْุฑًุง ูˆَّุงู„ุฐّٰูƒِุฑٰุชِ ุงَุนَุฏَّ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ู„َู‡ُู…ْ ู…َّุบْูِุฑَุฉً ูˆَّุงَุฌْุฑًุง ุนَุธِูŠْู…ًุง

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, lakilaki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS Al Ahzab : 35)

2. Melaksanakan Kewajiban sebagai muslim

Sebagai seorang muslimah sejati tentunya seorang wanita harus melaksanakan segala kewajiban sebagai muslim termasuk menjalankan shalat wajib lima waktu maupun puasa ramadhan dan ibadah lain yang diwajibkan atas umat islam. 

Wanita muslimah juga selalu berusaha untuk melakukan ibadah sunnah yang dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan.

3. Menutup Aurat

Seorang wanita wajib menutup auratnya, hal ini dikarenakan wanita adalah makhluk yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan agar wanita dijauhkan dari fitnah lawan jenisnya. 

Aurat yang terbuka bisa menyebabkan lawan jenis sulit menjaga pandangan dan menjerumuskan dalam perbuatan zina. 

Perintah mengenakan hijab dan menutup aurat disebutkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam ayat berikut :

ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ู‚ُู„ْ ู„ِّุงَุฒْูˆَุงุฌِูƒَ ูˆَุจَู†ٰุชِูƒَ ูˆَู†ِุณَุงุۤกِ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ูŠُุฏْู†ِูŠْู†َ ุนَู„َูŠْู‡ِู†َّ ู…ِู†ْ ุฌَู„َุงุจِูŠْุจِู‡ِู†َّۗ ุฐٰู„ِูƒَ ุงَุฏْู†ٰู‰ٓ ุงَู†ْ ูŠُّุนْุฑَูْู†َ ูَู„َุง ูŠُุคْุฐَูŠْู†َۗ ูˆَูƒَุงู†َ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุบَูُูˆْุฑًุง ุฑَّุญِูŠْู…ًุง

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs Al Ahzab : 59)

4. Memiliki Akhlak yang baik

Akhlak adalah budi pekerti yang ada dalam diri seseorang. Wanita muslimah hendaknya memiliki akhlak yang mulia, tutur kata yang sopan dan perilaku yang santun. 

Wanita muslimah juga seharusnya memiliki perkataan yang lembut dan tidak berlaku kasar kepada orang lain. 

Selain itu wanita muslimah juga harus selalu bersabar terhadap apa yang menimpanya dan selalu merasa malu jika berbuat sesuatu yang tidak baik.

Sebagaimana disebutkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam firman berikut :

ูˆَู„َู†َุจْู„ُูˆَู†َّูƒُู…ْ ุจِุดَูŠْุกٍ ู…ِّู†َ ุงู„ْุฎَูˆْูِ ูˆَุงู„ْุฌُูˆْุนِ ูˆَู†َู‚ْุตٍ ู…ِّู†َ ุงู„ْุงَู…ْูˆَุงู„ِ ูˆَุงู„ْุงَู†ْูُุณِ ูˆَุงู„ุซَّู…َุฑٰุชِۗ ูˆَุจَุดِّุฑِ ุงู„ุตّٰุจِุฑِูŠْู†َ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS AL Baqarah : 155).

5. Berbakti pada orangtua dan suami

Berbakti kepada orangtua dan suami adalah kriteria lain dari seorang wanita muslimah sejati. 

Seorang wanita selayaknya menghormati dan berbakti kepada orangtua dan berusaha untuk membantu pekerjaan dan meringankan beban orangtua dalam rumah. 

Di sisi lainnya, seorang wanita muslimah juga harus berbakti kepada suaminya karena wanita yang tidak berbakti pada suaminya adalah salah satu wanita yang dibenci Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Dalam sebuah hadits Rasul Shallallahu 'Alaihi Wa sallam bersabda :

ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ู…َุชَุงุนٌ ูˆَุฎَูŠْุฑُ ู…َุชَุงุนِู‡َุง ุงู„ْู…َุฑْุฃَุฉُ ุงู„ุตَّุงู„ِุญَุฉُ، ุฅِุฐَุง ู†َุธَุฑْุชَ ุฅِู„َูŠْู‡َุง ุณَุฑَّุชْูƒَ، ูˆَุฅِุฐَุง ุฃَู…َุฑْุชَู‡َุง ุฃَุทَุงุนَุชْูƒَ، ูˆَุฅِุฐَุง ุบِุจْุชَ ุนَู†ْู‡َุง ุญَูِุธَุชْูƒَ ูِูŠ ู†َูْุณِู‡َุง ูˆَู…َุงู„ِูƒَ

“Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah wanita yang shalihah. Bila engkau memandangnya, ia menggembirakan (menyenangkan)mu. Bila engkau perintah, ia menaatimu. Dan bila engkau bepergian meninggalkannya, ia menjaga dirinya (untukmu) dan menjaga hartamu.”

6. Memiliki ilmu dan mampu mengurus keluarganya

Seorang wanita akan menjadi ibu bagi anak-anaknya dan ia haruslah memiliki ilmu yang bisa ia ajarkan kepada anak-anaknya kelak atau digunakan untuk kemaslahatan masyarakat.

Menuntut ilmu hukumnya wajib oleh sebab itu, wanita muslimah juga harus menuntut ilmu meskipun tidaklah harus mencapai perguruan tinggi. 

Asalkan ia bisa merawat anak dan keluarganya dengan baik, maka seorang wanita sudah mampu menjadi muslimah yang baik tentunya jika memnuhi kriteria lainnya.

Demikian pandangan islam mengenai wanita shalihah dan kriteria wanita muslimah menurut islam. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Kriteria Wanita Muslimah Shalihah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak