Berhati Lembut Dan Bertutur Kata Manis

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiaplangkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Sebagian besar umat Islam mampu menjalankan ibadah dengan baik, namun belumlah begitu banyak yang benar-benar mampu bertutur kata baik, terlebih terhadap orang yang pernah melukai perasaan, atau bahkan dianggap negatif.

Terkadang ada rasa enggan menyapa sesama hanya karena diri merasa lebih layak dihormati, merasa lebih berhak dihargai, sehingga saat berpapasan dengan sesama Muslim, pura-pura tidak melihat kerapkali dilakukan.

Sikap demikian tidak diperkenankan di dalam ajaran Islam. Bagaimana mungkin hal itu bisa dilakukan oleh insan beriman, sedangkan Allah Ta’ala memerintahkan Nabi Muhammad ﷺ untuk berendah hati kepada insan beriman.

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ

“Dan berendah hatilah engkau terhadap orang yang beriman.” (QS. Al-Hijr [15]: 88).

Ibn Katsir menjelaskan yang dimaksud adalah, Allah subhanahu wa ta'alaingin Nabi Muhammad shallallahu 'laihi wa sallam mengutamakan sikap lemah lembut kepada orang beriman, 

Seperti yang difirmankan dalam Surah At-Taubah ayat ke 128.

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang kepada orang-orang beriman.

Lemah lembut, berwajah manis, dan bertutur kata yang baik kepada sesama Muslim akan menjadikan kebaikan-kebaikan melimpah di dalam kehidupan kita. Bahkan kelak, akan disediakan kamar khusus di dalam Surga.

Imam Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin mengutip hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengenai hal ini. “Sesungguhnya di Surga nanti terdapat kamar-kamar, dimana sisi-sisi bagian dalamnya dapat dilihat dari arah luarnya.”

Orang Baduwi bertanya, “Untuk siapakah kamar-kamar itu, ya Rasulllah?”

Beliau menjawab, “Untuk orang yang suka bertutur kata manis kepada saudaranya, memberi makan kepada fakir miskin, dan menyibukkan diri dengan beribadah pada saat orang lain sedang tertidur lelap.” (HR. Tirmidzi).

Dari Abu Syuraih, ia berkata pada Rasulullah

يَا رَسُولَ اللَّهِ، دُلَّنِي عَلَى عَمِلٍ يُدْخِلُنِي الْجَنَّةَ

“Wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tunjukkanlah padaku suatu amalan yang dapat memasukkanku ke dalam Surga.”

Beliau bersabda,

إِنَّ مِنْ مُوجِبَاتِ الْمَغْفِرَةِ بَذْلُ السَّلامِ، وَحُسْنُ الْكَلامِ

“Di antara sebab mendapatkan ampunan Allah adalah menyebarkan salam dan bertutur kata yang baik.” (HR. Thabrani)

Demikianlah kebaikan atau balasan yang akan diterima oleh siapapun yang dapat bertutur kata lembut dan manis kepada sesama insan beriman.

Dan, di dalam kehidupan dunia, tutur kata yang baik, yang manis, yang meneguhkan iman akan menjadikan seseorang jauh dari musuh.

وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ 

“Sekiranya engkau bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (Ali ‘Imran [3]: 159).

Masih dalam Ihya’ Ulumuddin, disebutkan bahwa Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata, “Pada suatu hari, datanglah seorang wanita kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sambil mengatakan, ‘Aku mempunyai suatu keperluan dengan Anda.’

Sejumlah Sahabat saat itu tengah bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau mengatakan, ‘Duduklah di atas tanah (tikar) ini, dimana pun posisi yang engkau kehendaki, maka aku akan duduk bersamamu untuk memenuhi apa yang menjadi keperluanmu.’

Lalu wanita itu duduk, dan beliau pun duduk. Ia mengatakan keperluannya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan beliau pun memperhatkan keperluan itu sampai selesai.” (HR. Muslim).

Artinya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersikap baik, bertutur kata manis, dan memberikan penghormatan tidak saja kepada para Sahabat yang mulia dan setia kepada Islam, tetapi orang lain pun, yang belum dikenal, sikap Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sangat ramah dan memuliakan.

Demikianlah keteladanan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kepada kita. Betapa pentingnya bertutur kata yang baik, yang manis kepada sesama insan beriman, andai tidak ada harta yang bisa disedekahkan, maka berkata baik sangat diutamakan.

“Jagalah kalian dari api neraka, walaupun dengan bersedekah sepotong kurma. Namun siapa yang tidak mendapatkan sesuatu yang bisa disedekahkannya maka dengan (berucap) kata-kata yang baik.” (HR. Al-Bukhari).

Terhadap hadits tersebut, Imam Nawawi menjelaskan bahwa semestinya kita memberikan ucapan yang baik, yaitu yang menyenangkan hati seseorang, jika ucapan itu mubah atau mengandung ketaatan.

Sekiranya bertutur kata tidak sempat dilakukan, maka tersenyum dan berwajah ceria, itu sudah sangat baik.

“Jangan sekali-kali engkau meremehkan perkara kebaikan walaupun hanya berwajah cerah ketika engkau bertemu dengan saudaramu.” (HR. Muslim).

Dengan demikian, hal yang sangat penting diupayakan setelah ibadah yang utama adalah berakhlak baik kepada sesama dengan berwajah ceria, bertutur kata yang baik dan memberikan pertolongan kepada sesama yang membutuhkan.

Jika ada hal penting yang mesti masuk dalam daftar muhasabah harian setiap kita, bahasan ini adalah yang penting untuk dilakukan. Sebab kadang kala, dalam canda, tanpa sadar ada teman terluka karena ucapan kita yang berlebihan. Dalam interaksi secara kolektif, tak jarang kita mengungkap satu hal yang kadang membuat teman atau sesama tidak nyaman.

Semoga Allah shubanahu wa ta'alamembimbing kita untuk senantiasa mampu berutur kata yang baik, yang manis kepada sesama setelah rajin dan sungguh-sungguh di dalam beribadah. Karena di antara tanda ibadah baik dan diterima adalah kesanggupan diri melakukan kebaikan, meski hanya dengan kata-kata kepada sesama Muslim. Allahu a’lam.

0 Response to "Berhati Lembut Dan Bertutur Kata Manis"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak