Pro Dan Kontra Boneka Arwah

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Belakangan ini, tengah viral tren mengadopsi boneka arwah, atau yang juga biasa disebut sebagai spirit doll. 

Boneka arwah merupakan boneka yang secara teori dirasuki oleh arwah. Boneka arwah sendiri sejatinya sudah ada sejak zaman dahulu, dan biasa digunakan untuk ritual keagamaan. 

Namun, adopsi boneka arwah kini viral karena banyaknya kalangan selebriti yang melakukan hal tersebut.

Apa yang dimaksud dengan boneka arwah?

Boneka-boneka itu sekilas tampak seperti bayi sungguhan. Pemiliknya pun memperlakukan mereka layaknya anak manusia. 

Selain diberi nama dan pakaian serupa manusia, boneka-boneka ini juga dikatakan 'diisi dengan arwah' itu sebab mereka dijuluki boneka arwah atau spirit doll.

Apa gunanya boneka arwah?

Di Mesir zaman dulu, boneka biasa digunakan sebagai upacara keagamaan untuk pelepasan spiritual. Zaman sekarang banyak kalangan yang mengadopsi boneka arwah dengan bermacam alasan. Ada yang mengadopsi diangkat sebagai anak, ada juga hanya sebagai hiburan semata.

Darimana asal spirit doll?

Fenomena spirit doll bermula dari negara Thailand pada 2016. di mana pada saat itu orang-orang disana mulai mengadopsi boneka arwah tersebut yang diyakini memiliki 'kekuatan'. Bahkan, boneka arwah atau spirit doll ini juga memiliki sebutan yakni 'luk thep' yang berarti malaikat anak.

Spirit doll terbuat dari apa?

Mengutip Culture Trip, spirit doll berkembang di Thailand. Di Negeri Gajah Perang itu, spirit doll disebut sebagai Luk Thep alias malaikat anak. 

Boneka yang terbuat dari plastik itu diyakini menjadi tempat bersemayam makhluk metafisika yang membawa keberuntungan dan kemakmuran di masa depan.

Apa kegunaan spirit doll?

Boneka ini dipakai untuk hal-hal yang bersifat spiritual, melansir KOMPAS.com spirit doll dapat berbentuk leluhur, dewa dan dewi. 

Fungsi lain dari spirit doll yaitu untuk sarana penyembuhan. Dengan mengasuh spirit doll diyakini bisa menyembuhkan luka batin.

Tentu saja, tren ini mengundang pro dan kontra karena boneka arwah sendiri sifatnya memang kontroversial. 

Boneka arwah atau spirit doll, merupakan fenomena  yang merupakan penyakit psikologis yang menimpa sebagian orang yang terlanjur kaya di zaman kapitalis ini. 

Selain memang mengandung kesyirikan, karena jelas, apapun itu yang bernama "arwah" dan disematkan kepada barang, itu tentu bertentangan dengan aqidah yang diemban oleh seorang muslim.  

Spirit doll tak lain adalah bahasa lain seseorang yang menginginkan punya anak tanpa perlu repot mengurus anak, maka ini bisa jadi jalan lain.   

Lah, mau Spirit doll itu bisa menaikkan keimanan kita dengan cara kita rajin sholat, tetap aja itu ini namanya Musyrik.  

Orang Islam, kalau butuh ketenangan, tidak perlu boneka beginian. Tingkatkan saja sholat, pertambah ilmu al-qur'an, perbanyak dzikir, ikut kajian plus tentu berdakwah. 

Apa pun, tren begini hanyalah "Tren" Kapitalis belaka. Memanfaatkan apa pun hal yang penting jadi duit belaka. Dan anehnya, sebagian diantara kita latah, ikuti gaya, yang sebenarnya berseberangan dengan aqidah islam.  

0 Response to "Pro Dan Kontra Boneka Arwah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak