Manusia Armadillo

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

MANUSIA ARMADILLO

Kalau saudara mengira bahwa seluruh mahluk hidup di permukaan bumi ini punya waktu yang sama 24 jam dalam sehari, maka perkenalkan gambar di atas adalah hewan khas dari benua Amerika ini yaitu armadillo.

Mamalia yang sekilas mirip tikus namun memiliki perisai di tubuhnya itu panjangnya sekitar 75 cm. Keunikan yang paling dikenal dari hewan ini bahwa ia menghabiskan waktu tidur sepanjang 20 jam setiap hari!

Itu artinya, seekor armadillo hanya punya empat jam dalam sehari semalam sebelum alarm tubuhnya berbunyi karena ia membutuhkan istirahat kembali. Para ilmuwan berteori bahwa hal itu disebabkan armadillo berjalan dengan cara merangkak, sehingga ia mudah lelah.

Meski demikian, hewan kecil ini sanggup melakukan seluruh kewajiban hariannya dalam rentang waktu empat jam tersebut. Ia bisa mencari makanan, berlindung dari serangan predator, hingga mengajarkan anak-anak mereka bertahan hidup.

Bahkan mereka juga masih sempat melakukan aktivitas reproduksi sehingga habitatnya bertahan hingga hari ini. Bayangkan semua itu dilakukan dengan sangat efektif dan efisien.

Armadillo tahu bahwa waktu yang ia miliki teramat sempit, maka ia tak pernah melewatkan kesempatan sedikitpun untuk melakukan hal yang penting bagi kelangsungan hidupnya. Ia tak punya banyak waktu, karena itu ia tak punya pilihan.

Sebaliknya dengan manusia, diberi kesempatan 24 jam sehari justru menjadi alasan untuk menunda. Kita berpikir masih ada besok, dan berjanji hari ini adalah hari terakhir untuk bersantai. 

Setelah besok menjadi "hari ini" ternyata kita masih memiliki kesempatan 24 jam lagi, jadilah kita menjadikan hari berikutnya sebagai "besok". 

Sampai kita menyesal dan menyadari bahwa sebenarnya waktu yang paling tepat itu kemarin. Namun semua sudah terlambat. Seperti peribahasa Jepang,

Kinou no hana wa kyou no yume  (yesterday’s flower is but a dream today)

Bunga yang cantik kemarin, hari ini tinggal kenangan. Artinya, waktu untuk menikmati keindahan bunga itu telah berlalu dan kita sudah melewatinya.

Kita selalu punya banyak waktu yang menyebabkan kita punya banyak pilihan. Namun entah mengapa kita selalu memilih hal yang sejatinya merugikan diri sendiri.

Oleh karena itu, jadilah manusia armadillo. Anggaplah waktu yang kita miliki teramat sempit, maka kita tak pernah melewatkan kesempatan sedikitpun untuk melakukan hal yang penting bagi kelangsungan hidup. Anggaplah kita tak punya banyak waktu, karena itu kita tak punya pilihan.

Salam Bahagia Sukses Dunia Akhirat 

0 Response to "Manusia Armadillo"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak