Cintailah Para Sahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji hanya untuk Allah Ta'ala, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad Shalallahu ’alaihi wa sallam beserta keluarga dan seluruh sahabatnya.

Mencintai para sahabat Nabi adalah sunnah Nabi dan akidah para salaf 

Ayyub As Sikhtiyani rahimahullah, imam di kalangan tabi'in, beliau mengatakan:

من أحب أبا بكر فقد أقام الدين ومن أحب عمر فقد أوضح السبيل ومن أحب عثمان فقد استضاء بنور الله ومن أحب علياً فقد استمسك بالعروة الوثقى ومن قال في أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم بالحسنى فقد بريء من النفاق

"Siapa yang mencintai Abu Bakar, maka ia menegakkan agama. Siapa yang mencintai Umar, maka ia menerangi jalan petunjuk. Siapa yang mencintai Utsman, ia diterangi oleh cahaya Allah. Siapa yang mencintai Ali, ia telah berpegang pada tali yang kuat. Siapa yang menyebut para sahabat Nabi dengan kebaikan, maka ia terlepas dari kemunafikan" (Al Wara' karya Al Maruzi, hal. 99).

Seorang ulama tabi'in dan juga mukhadhram, Masruq bin Al Ajda' rahimahullah mengatakan:

حبُّ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَمَعْرِفَةُ فَضْلِهِمَا مِنَ السُّنَّةِ


"Mencintai Abu Bakar dan Umar dan mengenal keutamaan mereka, adalah termasuk sunnah Nabi" (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, no. 32600).

Ulama tabi'in, Qatadah bin Di'amah as Sadusi rahimahullah berkata:

أثنى الله على أصحاب نبيه محمد صلى الله عليه وسلم أحسن الثناء فقال :{إن الذين آمنوا والذين هاجروا وجاهدوا في سبيل الله أولئك يرجون رحمة الله والله غفور رحيم}هؤلاء خيار هذه الأمة

"Allah ta'ala memuji para sahabat Nabi setinggi-tingginya. Dengan firman-Nya (yang artinya) : "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah dan berjihad di jalan Allah. Mereka adalah orang-orang yang mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun dan Maha Memberi Rahmat" (QS). Mereka adalah generasi terbaik dari umat ini" (Tafsir Ath Thabari, no. 4104)

Seorang ulama tabi'in, Amir Asy Sya'bi rahimahullah berkata: 

أدركت أكثر من خمسمائة من الصحابة قالوا : إن عثمان وعلي وطلحة والزبير في الجنة 

"Aku bertemu dengan 500 orang sahabat Nabi, dan mereka semua mengatakan bahwa Utsman, Ali, Thalhah dan Az Zubair pasti masuk surga" (As Sunnah karya Al Khallal, hal 455).

Muhammad bin Ali Al Baqir rahimahullah, seorang tabi'in dari kalangan Ahlul Bait, beliau mengatakan

مَنْ لَمْ يَعْرِفْ فَضْلَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا فَقَدْ جَهِلَ السُّنَّةَ 

"Siapa yang tidak mengenal keutamaan Abu Bakar dan Umar radhiallahu 'anhuma, maka ia tidak paham sunnah Nabi" (Hilyatul Auliya, 3/185).

Seorang tabi'in, Thalhah bin Musharrif rahimahullah mengatakan:

أكثرتم في عثمان ( يعني ابن عفان ) ويأبى قلبي إلا حبه

"Kalian banyak berbicara tentang Utsman bin 'Affan. Namun hatiku enggan untuk menerima apapun kecuali rasa cinta kepada Utsman" (Al Ja'diyat, no. 2738).

Sumber: akun twitter Shahih Atsar Tabi'in.

- Ustadz Yulian Purnama

Jadilah bermanfaat Sallam bahagia sukses dunia akhirat.

0 Response to "Cintailah Para Sahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak