Dunia Bukan Untuk Memenuhi Syahwatmu

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

BUKAN UNTUK ITU ENGKAU DICIPTAKAN ...

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah mengatakan,

فَأَنْتَ مَا خُلِقْتَ لِتَأْكُلَ وَتَشْرَبَ، مَا خُلِقْتَ لِبِنَاءِ الْقُصُورِ أَوْ غَرْسِ الْأَشْجَارِ أَوْ شَقِّ الْأَنْهَارِ أَوِ النِّكَاحِ وَنَحْوِ ذَلِكَ، لاَ. 

“Engkau tidaklah diciptakan (hanya) untuk makan dan minum, tidak pula hanya untuk berlomba-lomba membangun istana dan bangunan yang megah. (Demikian pula engkau tidak diciptakan hanya) untuk menanam pohon (bercocok tanam, berkebun, bertani). Engkau tidak diciptakan hanya untuk membelah sungai-sungai (mengarungi lautan), atau sekadar untuk menikah (berkeluarga), atau yang semisalnya. Bukan (hanya untuk hal-hal tersebut engkau diciptakan).

فَأَنْتَ مَخْلُوقٌ لِتَعْبُدَ رَبَّكَ وَأَنْتَ مَخْلُوقٌ لِتَسْتَقِيمَ عَلَى طَاعَتِهِ وَتُتَابِعَ رَسُولَهُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ. فَعَلَيْكَ أَنْ تَسْتَقِيمَ عَلَى طَاعَتِهِ سُبْحَانَهُ وَأَنْ تَتَّبِعَ رَسُولَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَنْتَ مَخْلُوقٌ لِهَذَا. 

Engkau adalah makhluk (yang diciptakan) untuk beribadah hanya kepada Rabbmu. Engkau adalah makhluk yang diperintahkan untuk senantiasa istiqamah di atas ketaatan kepada-Nya dan mengikuti (ajaran) Rasul-Nya. Oleh karena itu, wajib bagimu untuk istiqamah di atas ketaatan kepada-Nya dan mengikuti (ajaran) Rasul-Nya. Untuk tujuan itulah engkau diciptakan.

وَكُلُّ مَا فِي الْأَرْضِ خُلِقَ لَكَ لِتَسْتَعِينَ بِهِ عَلَى طَاعَةِ اللهِ وَتَرْكِ مَعَاصِيهِ، وَلَمْ يُخْلَقْ لَكَ لِتَسْتَعِينَ بِهِ عَلَى شَهَوَاتِكَ

Adapun semua yang ada di muka bumi, diciptakan untukmu agar bisa membantumu dalam menjalankan ketaatan kepada Allah dan meninggalkan maksiat terhadap-Nya. Allah tidaklah menciptakan itu semua (hanya sekadar) untuk memenuhi syahwatmu.”  (Majmu’ Fatawa Ibn Baz jilid 7 hlm. 95)

Sallam Bahagia Dunia Akhirat

0 Response to "Dunia Bukan Untuk Memenuhi Syahwatmu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak