Jalan Menuju Sukses

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman. 

JALAN MENUJU SUKSES

Jika disebutkan Torre Pendente, nyaris kita tidak mengetahui bahwa sebenarnya ini adalah nama dalam bahasa Italia yang diberikan pada sebuah bangunan menara delapan lantai di kota Pisa.

Pembangunan itu awalnya merencanakan sebuah menara cantik yang berdiri tegak lurus ke atas langit setinggi 55 meter. 

Tetapi sayang, para ahli yang merancang tidak memperhitungkan keadaan tanah yang tidak stabil, maka jadilah menara itu miring sejauh lima meter dari posisi tegaknya.

Meskipun bisa dikatakan tidak berhasil, bangunan tersebut justru menjadi daya tarik wisatawan dari seluruh negara, bahkan dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO. Sampai hari ini kita mengenalnya sebagai Menara Miring Pisa. 

Kita lanjut ke cerita berbeda, pada tahun 1970 seorang ahli kimia ditugaskan membuat lem kertas super kuat oleh perusahaannya, dialah Dr. Spancer Silver. Sayangnya, penelitian tersebut tidak berhasil. 

Lem yang dibuat sang ahli hanya merekat kuat saat ditempelkan, namun jika ditarik kembali lem tersebut mudah terlepas. 

Meski demikian, penemuan tersebut justru menjadi inspirasi pembatas buku yang bisa merekat dan bisa dilepas lagi. Produk inipun laris di seluruh dunia, yang diberi nama Post-It. 

Dua cerita di atas sebenarnya tentang orang-orang yang tidak berhasil, namun siapa sangka justru mendulang kesuksesan.

وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Surat Al-Baqarah : 216).

Jadi dalam hidup ini tugas kita adalah mencoba. Seandainya tidak berhasil, maka cobalah kembali. Mungkin tidak berhasil lagi, cobalah lagi. Boleh jadi kita membenci ketidakberhasilan, padahal di balik itu amat baik buat kita. 

Tahun 2008 saya mengikuti tes STAN dan berharap bisa diterima di sana. Tetapi saya tidak berhasil, dan hanya melanjutkan perjalanan hidup menjadi sales alat elektronik di Jakarta. 

Meski begitu, justru ketika menjadi sales Allah izinkan saya untuk melatih kemampuan berkomunikasi saya.

Bayangkan seandainya para arsitek tak pernah membangun Torre Pendente, serta Dr. Spancer tak pernah melakukan penelitian, dan saya tak juga pernah mengikuti tes STAN!

Inilah dia prinsip yang harus kita pegang dalam hidup, bahwa tidak berhasil itu bukan berarti gagal, melainkan justru perjalanan yang semakin dekat menuju kesuksesan. 

Kegagalan yang sesungguhnya hanya bagi mereka yang tidak pernah mencoba. 

Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat

0 Response to "Jalan Menuju Sukses "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak