Waktu Laksana Pedang

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman.

Waktu Laksana Pedang

Ibnu Mas’ud berkata,

๏ปฃ๏บŽ ๏ปง๏บช๏ปฃ๏บ– ๏ป‹๏ป ๏ปฐ ๏บท๏ปฒ๏บ€ ๏ปง๏บช๏ปฃ๏ปฒ ๏ป‹๏ป ๏ปฐ ๏ปณ๏ปฎ๏ปก ๏ป๏บฎ๏บ‘๏บ– ๏ดฐ๏บด๏ปช ๏ปง๏ป˜๏บบ ๏ป“๏ปด๏ปช ๏บƒ๏บŸ๏ป ๏ปฒ ๏ปญ๏ฑ‚ ๏ปณ๏บฐ๏บฉ ๏ป“๏ปด๏ปช ๏ป‹๏ปค๏ป ๏ปฒ.

“Tiada yang pernah kusesali selain keadaan ketika matahari tenggelam, ajalku berkurang, namun amalanku tidak bertambah.” (Lihat Miftahul Afkar)

Hal ini menunjukkan bahwa kita harus mengolah waktu ke hal-hal yang positif dan bermanfaat. 

Dan janganlah sekali-kali menggunakannya untuk hal-hal yang sia-sia. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู†ุนู…ุชุงู† ู…ุบุจูˆู† ููŠู‡ู…ุง ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ, ุงู„ุตุญุช ูˆ ุงู„ูุฑุงุบ

“Ada dua kenikmatan yang banyak dilupakan oleh manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang” (Muttafaqun ‘alaih)

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari membawakan perkataan Ibnu Bathal. Beliau mengatakan “makna hadits ini adalah bahwa seseorang tidaklah dikatakan memiliki waktu luang hingga badannya yang sehat. 

Barang siapa yang mendapatkan seperti ini maka bersemangatlah agar tidak tertipu dengan lalai dari bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan-Nya. 

Dan diantara bentuk bersyukur ialah dengan melakukan ketaatan dan menjauhi larangan-Nya, dan barangsiapa yang luput dari syukur semacam ini maka dialah orang yang telah tertipu”.

Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam beliau bersabda:

ู…ู† ุญุณู† ุฅุณู„ุงู… ุงู„ู…ุฑุก ุชุฑูƒู‡ ู…ุง ู„ุง ูŠุนู†ูŠู‡

“Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no2317 Ibnu Majah no 3976, Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Walkahu a'lam Bisshowab

Semoga bermanfaat. Salam bahagia dunia akhirat 


0 Response to "Waktu Laksana Pedang"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak