Cara Sedekah Orang Tidak Mampu ( Miskin )

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Dialah Tuhan yang menurunkan agama melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul pilihan-Nya, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Melalui agama ini terbentang luas jalan lurus yang dapat mengantarkan manusia kepada kehidupan bahagia di dunia dan di akhirat.

Cara Sedekah Orang Tidak Mampu ( Miskin )

Sedekah adalah salah satu amalan berpahala besar. Bagi orang kaya atau mampu, sedekah mungkin tidaklah terlalu sulit. 

Namun bagaimana dengan orang miskin atau tidak mampu ? Bagaimana cara sedekah orang miskin atau orang yang memiliki keterbatasan harta benda ?

Cara Sedekah Orang Miskin

Bagi orang yang memiliki kelebihan harta, tentu akan mudah untuk mengeluarkan sedekah. Namun bagaimana dengan orang miskin ? 

Cara sedekah orang miskin tentu berbeda dengan orang kaya. Dalam hadits, Rasulullah menjelaskan mengenai sedekahnya orang miskin,

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ุฐَุฑٍّ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุฃَูŠْุถًุง ุฃَู†َّ ู†َุงุณًุง ู…ِู†ْ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุฑَุณُูˆْู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ -ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ- ู‚َุงู„ُูˆุง ู„ِู„ู†َّุจِู‰ِّ -ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ- ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฐَู‡َุจَ ุฃَู‡ْู„ُ ุงู„ุฏُّุซُูˆุฑِ ุจِุงู„ุฃُุฌُูˆุฑِ ูŠُุตَู„ُّูˆู†َ ูƒَู…َุง ู†ُุตَู„ِّู‰ ูˆَูŠَุตُูˆู…ُูˆู†َ ูƒَู…َุง ู†َุตُูˆู…ُ ูˆَูŠَุชَุตَุฏَّู‚ُูˆู†َ ุจِูُุถُูˆู„ِ ุฃَู…ْูˆَุงู„ِู‡ِู…ْ. ู‚َุงู„َ « ุฃَูˆَู„َูŠْุณَ ู‚َุฏْ ุฌَุนَู„َ ุงู„ู„َّู‡ُ ู„َูƒُู…ْ ู…َุง ุชَุตَّุฏَّู‚ُูˆู†َ ุฅِู†َّ ุจِูƒُู„ِّ ุชَุณْุจِูŠุญَุฉٍ ุตَุฏَู‚َุฉً ูˆَูƒُู„ِّ ุชَูƒْุจِูŠุฑَุฉٍ ุตَุฏَู‚َุฉً ูˆَูƒُู„ِّ ุชَุญْู…ِูŠุฏَุฉٍ ุตَุฏَู‚َุฉً ูˆَูƒُู„ِّ ุชَู‡ْู„ِูŠู„َุฉٍ ุตَุฏَู‚َุฉً ูˆَุฃَู…ْุฑٌ ุจِุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ ุตَุฏَู‚َุฉٌ ูˆَู†َู‡ْู‰ٌ ุนَู†ْ ู…ُู†ْูƒَุฑٍ ุตَุฏَู‚َุฉٌ ูˆَูِู‰ ุจُุถْุนِ ุฃَุญَุฏِูƒُู…ْ ุตَุฏَู‚َุฉٌ ». ู‚َุงู„ُูˆุง ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَูŠَุฃْุชِู‰ ุฃَุญَุฏُู†َุง ุดَู‡ْูˆَุชَู‡ُ ูˆَูŠَูƒُูˆู†ُ ู„َู‡ُ ูِูŠู‡َุง ุฃَุฌْุฑٌ ู‚َุงู„َ « ุฃَุฑَุฃَูŠْุชُู…ْ ู„َูˆْ ูˆَุถَุนَู‡َุง ูِู‰ ุญَุฑَุงู…ٍ ุฃَูƒَุงู†َ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูِูŠู‡َุง ูˆِุฒْุฑٌ ูَูƒَุฐَู„ِูƒَ ุฅِุฐَุง ูˆَุถَุนَู‡َุง ูِู‰ ุงู„ْุญَู„ุงَู„ِ ูƒَุงู†َ ู„َู‡ُ ุฃَุฌْุฑٌ » ุฑَูˆَุงู‡ُ ู…ُุณْู„ِู…ٌ

Dari Abu Dzarr Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa ada sejumlah orang sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata kepada beliau, 

“Wahai Rasulullah, orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala yang banyak, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka.

” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah? 

Sesungguhnya setiap tasbih merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, mengajak pada kebaikan (makruf) adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan intim dengan istri kalian adalah sedekah.” 

Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana bisa salah seorang di antara kami melampiaskan syahwatnya lalu mendapatkan pahala di dalamnya? 

Beliau bersabda, “Bagaimana pendapat kalian seandainya hal tersebut disalurkan di jalan yang haram, bukankah akan mendapatkan dosa? Demikianlah halnya jika hal tersebut dilakukan pada jalan yang halal, maka ia mendapatkan pahala.” (HR. Muslim, No. 1006)

Penjelasan Hadits

Hadits di atas menceritakan mengenai orang miskin yang ingin berlomba dengan orang kaya dalam memperoleh pahala. 

Mereka cemburu agar bisa meraih pahala seperti orang kaya yang mudah dalam bersedekah. Kekurangan harta benda membuat mereka beranggapan sulit menandingi pahala orang kaya. 

Melalui hadits ini, Rasulullah menjelaskan bahwa Allah yang Maha Pemurah dapat membalas pahala yang sama besar dengan hal yang bisa dikerjakan oleh orang tidak mampu atau miskin.

Banyaknya jalan kebaikan diimbangi oleh kemudahan yang Allah berikan untuk hamba-Nya. Allah akan memberi kemudahan bagi setiap hamba-Nya yang menginginkan berbuat baik, tidak peduli ia kaya atau miskin.

Amalan Sedekah Bagi Orang Tidak Mampu

Kemiskinan bukan jadi alasan orang lain untuk berbuat baik. Bahkan orang miskin sekalipun tetap bisa bersedekah dengan caranya sendiri. 

Pada hadits di atas dijelaskan bahwa amalan seperti dzikir saja bisa dianggap sebagai sedekah yang dikeluarkan oleh orang miskin. 

Ini artinya sedekah yang dilakukan oleh orang miskin ada 2 jenis, yaitu: sedekah yang manfaatnya untuk diri sendiri dan sedekah yang manfaatnya untuk orang lain.

Perbuatan sekecil apapun bisa dianggap sedekah. Misalnya menghindari zina dengan cara menggauli istri yang sah juga merupakan sedekah. 

Dengan begini, seseorang sudah bersedekah pada dirinya sendiri agar jauh dari dosa. Rasulullah bersabda bahwa setiap orang memiliki haknya sendiri yang harus ditunaikan. 

Selama bukan maksiat, berhubungan intim dengan pasangan sah bisa menjadi sedekah. Asalkan hal tersebut dilakukan dengan niat untuk mendapatkan pahala dan memuaskan syahwat pasangan.

Mengamalkan ibadah yang halal dan menjauhi yang haram bisa bernilai sedekah. Semuanya bisa didapatkan asal kita selalu memiliki niat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. 

Jika kita sudah termotivasi untuk mengejar pahala maka Allah akan memberi jalan kemudahan bagi kita. Jika tidak mampu melaksanakan salah satu ibadah ketaatan, maka lakukan ibadah lain yang kita mampu.

0 Response to " Cara Sedekah Orang Tidak Mampu ( Miskin )"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak