Nama Surga yang Disebut di Dalam Al Quran

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Dialah Tuhan yang menurunkan agama melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul pilihan-Nya, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Melalui agama ini terbentang luas jalan lurus yang dapat mengantarkan manusia kepada kehidupan bahagia di dunia dan di akhirat.

Surga yaitu suatu tempat yang penuh dengan kenikmatan bagi kaum muslim yang telah menjalankan amal baiknya selama di dunia. 

Di dalam Al-Qur’an disebutkan surga adalah balasan terbaik bagi umat Muslim di akhirat kelak.

Setiap nama surga mencerminkan siapa penghuninya. Setiap surga juga punya ciri khas masing-masing. Semakin tinggi posisi dan nama surga, maka semakin besar nikmat yang akan diterima penghuninya. 

Sebaliknya, semakin dalam neraka semakin berat siksanya. Apa saja nama surga yang ada di dalam Al Quran ?

1. Surga Firdaus

Nama surga yang berada di posisi paling tinggi adalah Firdaus. Surga Firdaus adalah surga yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala khusus untuk orang yang memelihara amanat dan janjinya.

Selalu memelihara shalat dengan sempurna, dan orang yang punya tingkat keimanan tinggi sehingga selalu mengerjakan amalan shaleh. Nama surga ini bisa kamu temukan di ayat:

ุฅِู†َّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูˆَุนَู…ِู„ُูˆุง ุงู„ุตَّุงู„ِุญَุงุชِ ูƒَุงู†َุชْ ู„َู‡ُู…ْ ุฌَู†َّุงุชُ ุงู„ْูِุฑْุฏَูˆْุณِ ู†ُุฒُู„ًุง

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, (QS. Al Kahf: 107)

Penjelasan tentang penghuni surga Firdaus juga bisa dilihat di surat Al-Mu’minun ayat 1 hingga 11. 

Penghuni surga Firdaus adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, senantiasa khusyu’ dalam shalatnya, menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan tidak berguna, selalu menunaikan zakat, menjaga kemaluan kecuali dari pasangan sah, dan selalu memelihara amanat dan janji.

Sungguh beruntung orang yang menempati surga Firdaus karena para nabi dan rasul juga tinggal di surga ini. Tentu saja sangat banyak nikmat yang diterima penghuninya oleh Allah Ta’ala.

2. Surga Adn

Surga Adn adalah surga tingkat kedua yang surga yang khusus ditempati oleh orang yang senantiasa bersuci selama hidup di dunia. 

Penghuni Adn adalah orang beriman yang senang berwudhu dan selalu berusaha menjaga dirinya bebas dari hadats kecil atau besar. Nama surga ini bisa kamu temukan di ayat:

ุฌَู†َّุงุชُ ุนَุฏْู†ٍ ุชَุฌْุฑِูŠ ู…ِู†ْ ุชَุญْุชِู‡َุง ุงู„ْุฃَู†ْู‡َุงุฑُ ุฎَุงู„ِุฏِูŠู†َ ูِูŠู‡َุง ۚ ูˆَุฐَٰู„ِูƒَ ุฌَุฒَุงุกُ ู…َู†ْ ุชَุฒَูƒَّู‰ٰ

(yaitu) surga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan). (QS. Ta Ha: 76)


3. Surga Na’iim

Surga Na’iim adalah nama surga yang dihuni oleh orang-orang beriman yang selalu melakukan amalan shaleh di dunia. 

Surga ini penuh dengan kenikmatan yang tidak pernah didengar, dirasa, dan dilihat di dunia. Nama surga ini bisa ditemukan di ayat:

ุฅِู†َّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูˆَุนَู…ِู„ُูˆุง ุงู„ุตَّุงู„ِุญَุงุชِ ู„َู‡ُู…ْ ุฌَู†َّุงุชُ ุงู„ู†َّุนِูŠู…ِ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, (QS. Luqman: 8)

4. Surga Ma’wa

Surga Ma’wa adalah nama surga yang diberikan untuk orang-orang yang selama hidupnya senantiasa menahan hawa nafsunya karena Allah Ta’ala. 

Orang-orang selalu terbayang oleh Allah dan tidak pernah berani berbuat dosa karena yakin Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Nama surga ini bisa ditemukan di ayat:

ูَุฅِู†َّ ุงู„ْุฌَู†َّุฉَ ู‡ِูŠَ ุงู„ْู…َุฃْูˆَู‰ٰ . ูˆَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ุฎَุงูَ ู…َู‚َุงู…َ ุฑَุจِّู‡ِ ูˆَู†َู‡َู‰ ุงู„ู†َّูْุณَ ุนَู†ِ ุงู„ْู‡َูˆَู‰ٰ

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (QS. An-Nazi’at: 40-41)

5. Surga Darussalam

Sebagian ulama berpendapat bahwa suraga Darussalam adalah surga yang bebas dari hal yang tidak disukai dan hal kotor. 

Bukan berarti surga lainnya kotor dan berisi hal yang dibenci, namun surga ini mewakili surga pada umumnya. 

Surga ini khusus diberikan kepada orang-orang beriman pada agama Islam dan selalu beramal shaleh.

ู„َู‡ُู…ْ ุฏَุงุฑُ ุงู„ุณَّู„َุงู…ِ ุนِู†ْุฏَ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ۖ ูˆَู‡ُูˆَ ูˆَู„ِูŠُّู‡ُู…ْ ุจِู…َุง ูƒَุงู†ُูˆุง ูŠَุนْู…َู„ُูˆู†َ

Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. (Al-An’am: 127)

ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูŠَุฏْุนُูˆ ุฅِู„َู‰ٰ ุฏَุงุฑِ ุงู„ุณَّู„َุงู…ِ ูˆَูŠَู‡ْุฏِูŠ ู…َู†ْ ูŠَุดَุงุกُ ุฅِู„َู‰ٰ ุตِุฑَุงุทٍ ู…ُุณْุชَู‚ِูŠู…ٍ

Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam). (QS. Yunus: 25)

6. Surga Muqamah

Nama surga berikutnya adalah surga Muqamah. Surga ini dihuni oleh orang-orang yang selama hidupnya selalu bertobat, bersyukur, dan tidak pernah berputus asa. 

Sama seperti penghuni surga lainnya, mereka yang hidup di dalam surga Muqamah hidup kekal abadi dan selalu semangat untuk merasakan nikmat Allah setiap saat.

ูˆَู‚َุงู„ُูˆุง ุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุฐْู‡َุจَ ุนَู†َّุง ุงู„ْุญَุฒَู†َ ۖ ุฅِู†َّ ุฑَุจَّู†َุง ู„َุบَูُูˆุฑٌ ุดَูƒُูˆุฑٌ

ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุญَู„َّู†َุง ุฏَุงุฑَ ุงู„ْู…ُู‚َุงู…َุฉِ ู…ِู†ْ ูَุถْู„ِู‡ِ ู„َุง ูŠَู…َุณُّู†َุง ูِูŠู‡َุง ู†َุตَุจٌ ูˆَู„َุง ูŠَู…َุณُّู†َุง ูِูŠู‡َุง ู„ُุบُูˆุจ

Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS: Fatir: 34 – 35)

7. Surga Maqamul Amiin

Surga Maqoomul Amiin ditempati oleh orang-orang yang selalu bertakwa kepada Allah Ta’ala. Di dalam surga ini terdapat banyak taman dan mata air. 

Penghuninya memakai pakaian terbuat dari sutera dan dikelilingi bidadari. Nama surga ini bisa ditemukan di ayat:

ุฅِู†َّ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ ูِูŠ ู…َู‚َุงู…ٍ ุฃَู…ِูŠู†ٍ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (QS. Ad-Dukhan: 51)

8. Surga Khuldi

Surga khuldi dihuni oleh orang-orang yang bertakwa kepada Allah. Disebutkan bahwa surga ini dihuni oleh penduduk surga yang kekal, tidak berpindah-pindah posisi dan tidak mencari tempat lain selain surga yang telah ditempati.

ู‚ُู„ْ ุฃَุฐَٰู„ِูƒَ ุฎَูŠْุฑٌ ุฃَู…ْ ุฌَู†َّุฉُ ุงู„ْุฎُู„ْุฏِ ุงู„َّุชِูŠ ูˆُุนِุฏَ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ُูˆู†َ ۚ ูƒَุงู†َุชْ ู„َู‡ُู…ْ ุฌَุฒَุงุกً ูˆَู…َุตِูŠุฑًุง

Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”. (QS. Al-Furqan: 15)

Nama surga di atas wajib diyakini. Berusahalah mendapatkan surga tertinggi (Firdaus) karena surga itu ada di tempat tertinggi dan punya nikmat lebih banyak dibanding surga lainnya. 

Surga paling rendah memiliki kenikmatan 10 kali lebih besar dibanding nikmat yang dimiliki raja terkaya di dunia (Nabi Sulaiman lihat QS. Sad: 35). Bayangkan betapa besar nikmat yang diberikan Allah di surga paling atas.

0 Response to " Nama Surga yang Disebut di Dalam Al Quran"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak