Manfaat Ubi Cilembu Bagi Kesehatan

cilembu
Ubi cilembu ini merupakan salah satu jenis ubi-umbian yang cukup populer di Masyarakat Indonesia. Menariknya Ubi yang satu ini dinamakan dengan ubi cilembu karena hanya tumbuh di desa Cilembu, sebuah desa yang terletak di Sumedang, Jawa Barat. 

Meski demikian, Ada juga yang berasal dari luar Jawa Barat tetap bisa untuk dimenikmati ubi ini karena penjual ubi cilembu cukup banyak ditemukan di pasar.

Ubi cilembu memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. Aroma dari ubi yang satu ini juga sangat menggoda. 

Ubi cilembu juga memiliki ukuran yang panjang-panjang, lebih berurat dan jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. 

Ciri lain dari ubi cilembu adalah teksturnya yang lembut serta rasa manis dengan rasa madu. Tidak heran jika ubi yang satu ini juga dikenal dengan ubi madu.

Sudah bukan menjadi rahasia umum mengenai umbi cilembu ini yang  memilkki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita. 

Nah apa saja manfaat dari ubi cilembu yang unik ini? berikut ini adalah beberapa manfaat dari ubi cilembu untuk kesehatan:

Manfaat Ubi Cilembu Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat Ubi cilembu bagi kesehatan, beragam manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Bagus untuk Kesehatan Ginjal

Manfaat ubi cilembu yang pertama adalah bagus untuk kesehatan organ ginjal kita. Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting seperti menyaring darah, membuang limbah dan racun dari tubuh serta membantu mengeluarkannya sebagai urin. 

Tak hanya itu saja, ginjal juga bertanggung jawab menjaga keseimbangan cairan secara keseluruhan dalam tubuh. Jika ginjal dapat berfungsi dengan baik maka proses pengeluaran racun dalam tubuh juga menjadi lebih baik dan lancar. 

Ubi cilembu juga bagus untuk menghindarkan organ ginjal yang satu ini dari beragam gangguan seperti gagal ginjal, batu ginjal serta jenis gangguan yang lain.

2. Baik Bagi Penderita Diabetes

Manfaat ubi cilembu yang kedua yaitu sangat bagus untuk penderita diabetes. Meskipun ubi cilembu memiliki rasa yang manis, namun penderita diabetes tidak perlu khawatir. 

Kandungan gula yang terdapat dalam ubi cilembu ini alami, sehinga tidaklah berpengaruh terhadap kadar gula yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, penderita diabetes bisa aman saat mengonsumsi ubi cilembu yang lezat  ini.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat Ubi cilembu selanjutnya, karena Ubi cilembu memiliki kandungan yang sehat berupa zat besi di dalamnya. 

Kandungan tersebut sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah sekaligus untuk mencegah gejala-gejala anemia seperti halnya mudah lelah, pusing, mudah mengantuk dan lain sebagainya.

4. Bagus untuk Kesehatan Tulang, Otot dan Syaraf

Manfaat ubi cilembu yang selanjutnya adalah bagus untuk kesehatan otot, kesehatan syaraf hingga bagus untuk tulang. Hal ini dikarenakan, ubi yang satu ini memiliki kandungan sehat berupa magnesium di dalamnya.

5. Untuk Sumber Energi

Ubi cilembu memiliki kandungan berupa protein, lemak, karbohidrat dan beberapa jenis mineral lainnya. 

Kalori dalam ubi ini juga cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan kalori harian. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam ubi ini juga bagus untuk memasok sumber energi bagi tubuh.

6. Mencegah Gangguan Penyakit Kanker

Ubi cilembu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai pencegah beragam jenis penyakit termasuk juga kanker. 

Ubi ini juga bagus dalam mencegah gangguan penyakit berbahaya lainnya seperti halnya tumor. Dengan mengonsumsi ubi cilembu secara rutin maka resiko terkena kanker akan berkurang hingga memperlambat pertumbuhan tumor.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan potasium dalam ubi cilembu memiliki manfaat yang bagus dalam mencegah penyakit jantung. Potassium dapat membantu menjaga detak jantung agar tetap normal. 

Konsumsi jenis ubi ini juga mampu melindungi Anda dari gangguan jantung seperti gagal jantung hingga serangan jantung.

8. Mencegah Depresi

Ubi cilembu memiliki kandungan sehat yang bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang mengalami tekanan, stres juga depresi. Dengan manfaat tersebut, maka stres serta depresi bisa perlahan menurun hingga kemudian menghilang.

9. Untuk Anti Penuaan

Antioksidan dalam ubi cilembu bagus untuk mengatasi masalah penuaan. Ubi ini bisa digunakan untuk mencegah terjadinya proses penuaan ataupun aging. 

Dengan demikian, Anda bisa terlihat awet muda dengan tanpa-tanda penuaan yang disamarkan. Selain sebagai anti penuaan, ubi ini juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Mengonsumsi ubi cilembu secara rutin membuat kulit nampak lebih halus, cerah dan juga kenyal. Bagi Anda yang ingin awet sehat dengan kulit cantik, tentu ubi cilembu bisa dijadikan sebagai salah satu solusinya.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, Anda bisa mengonsumsi ubi cilembu secara rutin. 

Daya tahan tubuh yang baik membuat aktivitas Anda lebih lancar karena jauh dari penyakit demam, batuk, influenza dan lain sebagainya.

Selain beragam manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda temukan dalam ubi cilembu.Terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Ubi Cilembu Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak