Mengenali Potensi Diri

Mengenali Potensi Diri
Potensi diri yaitu suatu kemampuan, kekuatan, atau kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang yang mempunyai kemungkinan dapat dikembangkan atau diwujudkan menjadi lebih baik. 

Potensi yang ada pada diri manusia merupakan anugrah dari Tuhan sehingga tugas manusia adalah untuk mengenali potensi diri sendiri. 

Tak jarang kesalahan atau gagalnya dalam memilih jalan karir atau sekolah karena tidak tahunya minat dan bakat serta potensi diri yang dimiliki masing-masing personal. 

Berikut ini ada beberapa cara mengenali potensi diri agar dapat terwujud menjadi sebuah prestasi diantaranya yaitu:

1. Kenali Potensi Diri Sendiri

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali potensi diri sendiri, dimana anda harus mengetahui bidang apa saja yang anda senangi, sesuatu yang jika anda lakukan anda menjadi lebih bersemangat.

2. Cari Tahu Kepandaian Anda

Mencari tahu kepandaian apa yang anda miliki merupakan salah satu cara untuk bisa mengetahui potensi diri yang ada dalam diri anda.   

Terkadang hal tersebut bersebrangan dengan yang kita inginkan, misalnya anda ternyata berbakat menjadi seorang penulis, namun anda   tidak merasa senang ketika belajar menulis. 

Hal ini mungkin terpengaruh berbagai faktor, misalnya cara belajar yang salah atau mungkin   faktor lainnya. Dengan tahu kepandaian anda maka anda bisa bersosialisasi.

3. Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Diri

Untuk bisa dengan mudah menggali potensi diri, Anda juga perlu mengenali kelebihan dan kekurangan Anda sendiri. 

Mulailah dengan   membuat daftar berisi kelebihan dan kekurangan. Lalu amati dan pahami kekuatan dan kelemahan Anda, agar Anda tahu di mana potensi   sesungguhnya.

Jika Anda kesulitan membuat daftar kelebihan dan kekurangan, Anda bisa bertanya kepada orang lain. Dengan demikian, kemungkinan besar Anda akan menemukan hal-hal yang selama ini tidak pernah Anda sadari.

Namun jangan mudah tersinggung ketika orang lain menunjukkan di mana kekurangan Anda. Tak ada seorangpun yang sempurna. Jadi   belajarlah menerima masukan dengan lapang dada untuk perbaikan diri di masa depan.

4. Berani Menghadapi Kegagalan

Maksimalkan kekuatan mental dengan berani menghadapi kegagalan. Banyak orang menganggap kegagalan sebagai akhir sebuah perjuangan, padahal kegagalan sebenarnya adalah awal sebelum datangnya keberhasilan itu sendiri. Cara kita menyikapi kegagalan itulah   yang akan menentukan seberapa suksesnya kita.

5. Coba Hal-hal Baru

Untuk optimalisasi potensi diri, jangan takut mencoba hal-hal baru. Mungkin saja diantara hal-hal yang Anda pelajari itu, terletak kekuatan Anda sesungguhnya. 

Maka dari itu, jangan ragu membuka wawasan dan pengetahuan akan banyak hal di sekitar Anda. Berani mencoba hal-hal baru juga membawa manfaat yang positif, seperti :

  1. Mampu mengatasi ketakutan
  2. Memicu kreativitas
  3. Mendapatkan teman atau relasi yang baru
  4. Menghargai diri sendiri

Ingin sukses? Jangan batasi potensi diri. Tidak ada kesuksesan tanpa berani mencoba hal-hal yang baru.

 6. Jangan Takut Berbeda

Memiliki potensi diri atau kemampuan yang berbeda dengan orang lain, biasanya akan mengecilkan nyali Anda. 

Jangan ragu menunjukkan dan mengembangkannya selama itu positif. Nyatanya terlihat unik itu menyenangkan loh. 

Berani berbeda akan berdampak positif bagi Anda, karena Anda akan terus mengembangkan potensi diri dan berani menjadi diri sendiri.

7. Perluas Wawasan Anda

Untuk dapat mengembangkan potensi diri, Anda harus mau terus belajar dan memperluas wawasan. Jangan merasa sudah terbaik dalam satu hal, Anda harus punya sikap rendah hati agar bisa berprestasi.

Perluas wawasan dengan segala macam informasi bermanfaat yang ada di sekitar Anda. Pada era digital ini, mendapatkan informasi tentu sangat mudah karena adanya internet. 

Manfaatkan kemudahan itu dan jangan ragu mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin untuk meraih impian.

8. Bergabung Dengan Komunitas

Berkumpul dengan orang-orang positif dalam komunitas tertentu, akan memberi semangat bagi Anda untuk terus berkembang. 

Anda akan menemukan banyak inspirasi dan motivasi dari para anggota komunitas. Anda pun bisa menjadi sumber inspirasi mereka.

Saling menguatkan, saling memberi saran dan berbagi pengalaman adalah keuntungan-keuntungan bergabung dalam komunitas. Anda pun tak merasa berjuang sendiri, karena banyak orang siap mendukung Anda.

 9. Tentukan Tujuan Hidup

Tentukan tujuan hidup  jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.

10. Memaafkan Diri Sendiri 

Dalam setiap proses sudah pasti akan ada saja hal yang menjadi masalah dan penghambat anda untuk mengembangkan potensi dalam   diri yang terkadang membuat anda marah, sedih bahkan kecewa pada diri sendiri.

Hal ini sebenarnya bukanlah masalah besar jika anda masih bisa memaafkan diri sendiri setelah apa yang sudah terjadi, penting untuk Anda pahami bahwa yang namanya berproses sudah pasti akan selalu ada masalah dan hambatan. 

Namun hal yang paling penting adalah   anda bisa memaklumi semua itu dan menerima serta memaafkan diri untuk menjadi lebih baik. 

11. Banyak Membaca, Melihat Dan Merasakan

Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. 

Jika anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus   konsisten dan tekun  untuk menambah pengetahuan.

12. Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri bisa menjadi cara untuk menemukan potensi diri. Menghargai diri sendiri bisa membantu anda untuk menemukan siapa diri anda dan jati diri anda. 

Potensi diri baru bisa diketahui jika anda menghargai dan mendengarkan apa yang sebenarnya anda   inginkan atau anda bisa menghargai diri sendiri. 

13. Mengasah Potensi Diri

Di ibaratkan pisau jika terus di asah maka akan semakin tajam, sama halnya dengan potensi diri anda. 

Jadi jika anda sudah mengenali potensi   diri anda selanjutnya, anda asah potensi diri anda sehingga bisa maksimal. 

Potensi diri itu harus senantiasa digali, tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung menjadi ahli di bidang tertentu. 

Semua harus diraih dengan proses. Jika Anda sudah mengetahui potensi diri Anda, itulah modal untuk meraih kesuksesan. Jika anda bisa mengembangkan potensi Anda menjadi suatu prestasi, maka kesuksesan sudah menanti.

0 Response to "Mengenali Potensi Diri"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak