Cara Mudah Mengenali Jati Diri

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Dialah Tuhan yang menurunkan agama melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul pilihan-Nya, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Melalui agama ini terbentang luas jalan lurus yang dapat mengantarkan manusia kepada kehidupan bahagia di dunia dan di akhirat.

Untuk seseorang yang memiliki ketertarikan di berbagai bidang, kamu mungkin akan bingung menentukan mana yang menjadi favorit kamu. Dan terkadang, kamu lupa dengan diri kamu yang sebenarnya. 

Hingga saat ini, meskipun kamu sudah berumur 20 tahun keatas, kamu masih belum mengetahui keinginan dan kemampuan kamu. Dan kamu mulai terbiasa dengan hal tersebut yang sebenarnya mengganggu pikiranmu sendiri.

Tenang, karena masih ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, kok. Yuk, simak cara paling mudah untuk mengenali dirimu berikut ini.

Santai dalam menjalani hidup

Karena terlalu banyak berpikir tentang apa yang harus kamu lakukan, akan lebih sulit daripada berpikir tentang apa yang sudah kamu lakukan. 

Fleksible terhadap diri sendiri, tidak akan menyakiti kamu. Santai saja, karena seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan menemukan apa yang harus dilakukan untuk menjadi lebih dewasa. Dan kamu akan lebih mudah mengetahui siapa kamu sebenarnya.

Berbicara pada diri sendiri

Berbicara dengan diri sendiri bukan berarti kamu gila. Kamu memiliki 3 hal yang harus diajak bekerja sama agar dapat dengan mudah mengetahui jati dirimu. Kamu harus menjadi penengah dari ketiga hal ini. 

Mereka adalah: logika, perasaan dan perbuatan. Ketika logika berkata “SALAH” dan hati berkata “BENAR”, kamu merasa melakukan sesuatu di luar kesadaran kamu dan kamu merasa bahwa ini bukan kamu. 

Lalu, satukan ketiga hal tersebut, cari letak permasalahannya, cari solusi terbaik dan mulailah berbicara dengan dirimu sendiri.

Buat daftar tentang hal apa yang kamu suka dan benci

Dengan begini, kamu akan dengan lebih mudah mengingat hal apa yang kamu sukai dan mana yang paling tidak kamu sukai. 

Refleksikan kembali hal-hal yang kamu suka. Dan mungkin kamu akan tahu bahwa hari ini kamu sudah melupakan jati dirimu sendiri.

Kenali kemampuanmu sendiri

Kamu dapat dengan mudah mengetahui jati dirimu sendiri jika kamu tahu kemampuan apa yang kamu miliki saat ini. 

Hal apa yang bisa dilakukan dan mana yang tidak bisa kamu selesaikan. Jika kamu sudah mengetahuinya, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Introspeksi diri

Pelajari cara meningkatkan dan mengenali diri kamu sendiri dengan belajar dari kesalahan di masa lalu dan mulailah untuk meningkatkan kemampuan dirimu. 

Coba dari hal-hal yang paling kamu kuasai. Dengarkan pendapat teman terdekat yang memberikan pengaruh positif dan jangan terlalu dekat dengan teman yang tidak membantu kamu dalam membangun diri.

Percaya pada diri sendiri

Memang sih, membangun kepercayaan diri tidaklah mudah. Namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan, kan? Hal ini membutuhkan kesabaran dan keteguhan kamu. 

Ketika mulai fokus, maka kamu akan melihat jalan yang terbuka lebar dan kamu akan memiliki kepercayaan diri untuk berjalan lebih jauh lagi. 

One step at a time, one purpose at a time, one game at a time and one man at a time. 

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan diri akan tumbuh dengan sendirinya dan kamu akan mengetahui diri kamu yang sebenarnya.

Motivasi diri

Kamu bisa memulainya dengan cara mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri. Pastikan bahwa kamu mampu dan siap untuk melewati berbagai rintangan yang akan kamu hadapi nantinya.

Tidak pernah lelah untuk belajar

Belajar untuk mengerti segala hal. Dimulai dengan membaca. Jika kamu adalah pribadi yang tidak suka membaca, tanyakan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

Bertanya tidak akan membuat kamu terlihat bodoh. Mencuri ilmu orang lain bukanlah kesalahan. Namun salah satu bentuk kecerdasan seseorang. 

Analisa dan pelajari dengan cermat. Tidak perlu terlalu detail untuk mengerti dan tahu bagaimana melakukan sesuatu. Bisa karena terbiasa.

Fokus

Fokus pada hal penting yang sedang kamu hadapi. Semakin sering kamu fokus, maka akan semakin mudah dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu memiliki target dalam hidup, jangan pernah memberitahukannya kepada siapapun. 

Never, ever, to whoever. Karena mereka yang mendengarnya, justru akan berpikir bahwa kamu sedang membual. Cukup katakan, “Tunggu dan lihat saja nanti!”. Selesaikan masalah satu persatu dan cari solusinya.

Jangan lupa bahagia

Last but not least, jangan lupa untuk selalu bahagia dan bersyukur untuk apa yang sudah kamu miliki. 

Karena dengan bersyukur dan berbahagia, kamu akan menemukan cara termudah untuk menjalani hidupmu dan menemukan jati dirimu.

0 Response to "Cara Mudah Mengenali Jati Diri"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak