Adab Membaca Al Quran Beserta Dalil Shahihnya

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Dialah Tuhan yang menurunkan agama melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul pilihan-Nya, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Melalui agama ini terbentang luas jalan lurus yang dapat mengantarkan manusia kepada kehidupan bahagia di dunia dan di akhirat.

Adab Membaca Al Quran Beserta Dalil Shahihnya

Al Quran adalah kitab suci umat islam yang berisi firman Allah. Isi Al Quran adalah mengenai petunjuk, hikmah, peringatan, aturan kehidupan, bahkan ilmu pengetahuan. 

Karena merupakan kitab suci, tentu saja ada adab membaca Al Quran yang perlu kamu perhatikan. Al Quran tidak sama seperti buku biasa. 

Saat sebelum hingga sesudah membaca Al Quran ada beberapa adab yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Membaca Al Quran Harus Dalam Keadaan Suci

Saat membaca Al Quran, kita harus pastikan dalam keadaan suci, bebas dari hadats besar. Selain itu, suci yang dimaksud adalah suci pikiran, yaitu tidak berniat membaca Quran untuk ria. 

Hendaknya ikhlaskan niat membaca Al Quran hanya untuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala saja. Selain itu, pastikan kamu sudah bersiwak atau menyikat gigi supaya mulut yang dipakai untuk melantunkan ayat suci bebas dari bau tidak sedap.

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ุจَูƒْุฑِ ุจْู†ِ ู…ُุญَู…َّุฏِ ุจْู†ِ ุนَู…ْุฑِูˆ ุจْู†ِ ุญَุฒْู…ٍ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠู‡ِ ุนَู†ْ ุฌَุฏِّู‡ِ ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูƒَุชَุจَ ุฅِู„َู‰ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْูŠَู…َู†ِ ูƒِุชَุงุจًุง ูَูƒَุงู†َ ูِูŠู‡ِ ู„ุงَ ูŠَู…َุณُّ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†َ ุฅِู„ุงَّ ุทَุงู‡ِุฑٌ

Dari Abu Bakr bin Muhammad bin ‘Amr bin Hazm dari ayahnya dari kakeknya, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menulis surat untuk penduduk Yaman yang isinya, “Tidak boleh menyentuh Al-Qur’an melainkan orang yang suci”. (HR. Daruquthni, No. 449)

2. Membaca Al Quran di Tempat Bersih dan Menghadap Kiblat

Adab kedua membaca Al Quran adalah pilih tempat terbaik yang bersih dan nyaman. Disarankan jika memang memungkinkan untuk membaca Al Quran di masjid atau tempat yang biasa dipakai untuk shalat di dalam rumah. 

Jika kamu bisa membaca Al Quran di masjid, selain mendapat pahala baca Quran, kamu juga akan mendapat pahala i’tikaf.

Selanjutnya, disunnahkan untuk membaca Al Quran sambil menghadap kiblat. Karena baca Al Quran juga merupakan salah satu jenis ibadah, maka lebih baik juga menghadap kiblat. Lalu duduklah dalam posisi yang nyaman dan penuh ketenangan.

3. Dimulai dengan “Ta’awudz” dan “Basmalah”

Sebelum membaca Al Quran, Allah memerintahkan setiap hambanya untuk membaca ta’awudz. 

Lafadz ta’awudz adalah “a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim” yang artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.” 

Beberapa ulama berpendapat bahwa hukum membaca lafadz ta’awudz adalah sunnah. Namun ada yang menganggapnya wajib karena dalilnya ditulis langsung di dalam Al Quran, yaitu.

ูَุฅِุฐَุง ู‚َุฑَุฃْุชَ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†َ ูَุงุณْุชَุนِุฐْ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ุงู„ุฑَّุฌِูŠู…ِ

Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. (QS. An-Nahl: 98)

Setelah membaca ta’awudz, selanjutnya disunnahkan untuk membaca Basmalah secara lengkap, yaitu “bismillahir rahmanir rahim” yang artinya “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang.”

Lafadz Basmalah ini disunnahkan dibaca di semua surat dalam Al Quran atau saat membaca dari pertengahan ayat, kecuali surat At Taubah.

4. Jangan Tergesa-Gesa dan Renungkan Maknanya

Jangan terburu-buru saat membaca Al Quran. Adab membaca Al Quran yang tidak kalah penting adalah baca dengan perlahan (tartil) dan resapi setiap maknanya. 

Sebaiknya baca Al Quran dalam keadaan khusyu dan berusaha merenungkan (tadabbur) setiap ayat yang dibaca. Perintah untuk membaca Quran dengan perlahan dan direnungkan adalah dari firman Allah Ta’ala yaitu,

ูƒِุชَุงุจٌ ุฃَู†ْุฒَู„ْู†َุงู‡ُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ู…ُุจَุงุฑَูƒٌ ู„ِูŠَุฏَّุจَّุฑُูˆุง ุขูŠَุงุชِู‡ِ ูˆَู„ِูŠَุชَุฐَูƒَّุฑَ ุฃُูˆู„ُูˆ ุงู„ْุฃَู„ْุจَุงุจِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. (QS. Sad: 29)

5. Membaguskan Suara Saat Baca Al Quran

Adab membaca Al Quran selanjutnya adalah membaguskan suara. Maksud dibaguskan suaranya di sini adalah membacanya dengan benar, memperhatikan makhroj huruf, panjang pendek bacaan, dan tidak keluar dari ketentuan tajwid. 

Tidak dibolehkan melantunkan ayat suci Al Quran dalam bentuk nyanyian. Sebaik-baik Rasul membaca Al Quran, beliau tidak pernah menyanyikan ayat suci dalam Al Quran.

ุฒَูŠِّู†ُูˆุง ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†َ ุจِุฃَุตْูˆَุงุชِูƒُู…ْ

Hiasilah al-Quran dengan suara kalian. (HR. An Nasai, No. 1024)

ู„َูŠْุณَ ู…ِู†َّุง ู…َู†ْ ู„َู…ْ ูŠَุชَุบَู†َّ ุจِุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ِ

Siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca al-Quran, maka ia bukan dari golongan kami. (HR. Abu Daud, No. 1469)

6. Membaca Doa Setelah Baca Al Quran

Membaca “shodaqollahul ‘azhim” sering dilakukan oleh sebagian besar umat Islam di negara kita. Padahal hal tersebut tidak diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Justru doa yang diajarkan oleh Rasul kita lebih panjang dibanding itu.

Hadits shahih yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah berkata bahwa “Tidaklah RasulullahShallallahu ‘Alaihi Wasallam duduk di suatu tempat atau membaca Al Qur’an ataupun melaksanakan shalat kecuali beliau akhiri dengan membaca beberapa kalimat”.

 Aku pun bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Wahai Rasulullah, tidaklah Anda duduk di suatu tempat, membaca Al Qur’an ataupun mengerjakan shalat melainkan Anda akhiri dengan beberapa kalimat ?” Jawaban beliau,

ู†َุนَู…ْ، ู…َู†ْ ู‚َุงู„َ ุฎَูŠْุฑุงً ุฎُุชِู…َ ู„َู‡ُ ุทَุงุจَุนٌ ุนَู„َู‰ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ْุฎَูŠْุฑِ، ูˆَู…َู†ْ ู‚َุงู„َ ุดَุฑّุงً ูƒُู†َّ ู„َู‡ُ ูƒَูَّุงุฑَุฉً: ุณُุจْุญَุงู†َูƒَ [ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ] ูˆَุจِุญَู…ْุฏِูƒَ، ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุฃَู†ْุชَ، ุฃَุณْุชَุบْูِุฑُูƒَ ูˆَุฃَุชُูˆุจُ ุฅِู„َูŠْูƒَ

Betul, barang siapa yang mengucapkan kebaikan maka dengan kalimat tersebut amal tadi akan dipatri dengan kebaikan. Barang siapa yang mengucapkan kejelekan maka kalimat tersebut berfungsi untuk menghapus dosa. Itulah ucapan Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik (Artinya: Maha suci Engkau, ya Allah sambil memuji-Mu. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu). (HR. An Nasai)

Doa ini disunnahkan untuk dibaca setelah membaca Al Quran. Demikianlah adab membaca Al Quran mulai dari awal hingga akhir, semoga bermanfaat.

0 Response to " Adab Membaca Al Quran Beserta Dalil Shahihnya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak