Mahabbatullah (Cinta Kepada Allah)

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุง๏ทฒِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงุงุฑَّุญِูŠู…
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta’ala, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dari-Nya, dan meminta ampunan-Nya. 

Kita berlindung kepada-Nya dari keburukan-keburukan jiwa kita, dan kejelekan-kejelekan perbuatan kita. 

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah atas diri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarganya, para sahabatnya, dan orang orang yang setia meniti jalan petunjuknya hingga hari kiamat.


Bagaimana cara kita mencintai Allah? bacalah tulisan ini, semoga bisa mencintai Allah sesuai dengan Qur'an dan Sunnah.

Pengertian Mahabbatullah Secara Bahasa

Mahabbah (ู…ุญุจุฉ) adalah sebuah kata dalam bahasa arab yang berbentuk isim masdar yang berakar pada suku kata: ุฃَุญَุจَّ – ูŠُุญِุจُّ – ุญُุจًّุง ูˆَ ู…َุญَุจَّุฉً

Kata ุญُุจَّ disini awalnya adalah ุญَุจُุจَ kemudian huruf ba’ yang pertama disukunkan dan diidghamkan kepada huruf ba’ yang kedua menjadi ุญُุจَّ.

Mahabbah memiliki beraneka ragam arti yang diungkapkan oleh para ulama bahasa dalam mendefinisikannya. 

Berikut definisi para ulama bahasa terkait makna kata tersebut;

1. Mahabbah Secara Bahasa Menurut Ibnu Fรขris:

Mahabbah adalah tetap teguh mendampingi atau menyertai. Sebagaimana yang beliau katakan:

(ุญُุจٌّ) ุงَู„ْุญَุงุกُ ูˆَุงู„ْุจَุงุกُ ุฃُุตُูˆْู„ٌ ุซَู„َุงุซَุฉٌ, ุฃَุญَุฏُู‡َุง ุงَู„ู„ُّุฒُูˆْู…ُ ูˆَุงู„ุซَّุจَุงุชُ. ูˆَุฃَู…َّุง ุงู„ู„ُّุฒُูˆْู…ُ ูَุงู„ْุญُุจُّ ูˆَุงู„ْู…َุญَุจَّุฉُ, ุงِุดْุชِู‚َุงู‚ُู‡ُ ู…ِู†ْ ุฃَุญَุจَّู‡ُ ุฅِุฐَุง ู„َุฒِู…َู‡ُ

“(Hubb) Huruf ha’ dan ba’ akar kata dari tiga makna, salah satunya bermakna menyertai dan tetap. Adapun yang dimaksud dari arti luzรปm ialah hubb dan mahabbah, yaitu pecahan kata dari “mencintainya” jika “dia mendampinginya”.

Ini disebabkan karena cinta memberikan konsekwensi kepada dua hati yang saling mencinta untuk tetap berdampingan bersama diatas cintanya berupa adanya ikatan hati dengan yang dicintainya.


2. Mahabbah Secara Bahasa Menurut al-Juhariy

Mahabbah atau cinta secara bahasa bisa bermakna sesuatu yang terisi penuh. Ini bisa dipahami pada perkataan orang arab saat mengatakan: 

ุชَุญَุจَّุจَ ุงู„ْุญِู…َุงุฑُ: ุฅِุฐَุง ุงู…ْุชَู„َุฃَ ู…ِู†َ ุงู„ْู…َุงุกِ

“Keledai akan dikatakan padanya Tahabbaba al-himรขr jika terisi penuh dengan air”.

Dan demikian pulalah perihal cinta jika hadir, maka akan mengisi penuh ruang hati seseorang.

3. Mahabbah Secara Bahasa Menurut ar-Rรขghib al-Asfahรขniy

Mahabbah adalah sebuah keinginan terhadap sesuatu yang dianggapnya baik. Sebagaimana yang beliau tuliskan dalam kitabnya:

ุงَู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ุฅِุฑَุงุฏَุฉُ ู…َุง ุชَุฑَุงู‡ُ ุฃَูˆْ ุชَุธُู†ُّู‡ُ ุฎَูŠْุฑًุง

“Mahabbah adalah keinginan terhadap sesuatu yang kau anggap baik”.

Berkenaan dengan makna mahabbah secara bahasa adalah irรขdah, Ar-Rรขghib memperjelasnya dengan tiga pembagian:

1. Mahabbah terhadap kenikmatan, seperti keinginan seorang lelaki kepada seorang perempuan. Ini seperti makna ayat:

....ุฒُูŠِّู†َ ู„ِู„ู†َّุงุณِ ุญُุจُّ ุงู„ุดَّู‡َูˆَุงุชِ ู…ِู†َ ุงู„ู†ِّุณَุงุกِ 

“Manusia telah dihiasi padanya cinta syahwat kepada wanita .…” (Q.S ร‚li ‘Imrรขn [3]:14)

2. Mahabbah kepada kepada hal-hal yang bermanfaat, contohnya seperti ayat:

ูˆَุฃُุฎْุฑَู‰ ุชُุญِุจُّูˆู†َู‡َุง ู†َุตْุฑٌ ู…ِู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَูَุชْุญٌ ู‚َุฑِูŠุจٌ ูˆَุจَุดِّุฑِ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ

“Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.” (Q.S ash-Shaff [61]:13)

3. Mahabbah kepada suatu yang memiliki keutamaan, seperti mahabbah kepada ahli ilmu.

Lalu beliau menegaskan bahwa meski secara bahasa mahabbah bisa berarti irรขdah, sebagaimana pada ayat:

ูِูŠْู‡ِ ุฑِุฌَุงู„ٌ ูŠُุญِุจُّูˆْู†َ ุฃَู†ْ ูŠَุชَุทَู‡َّุฑُูˆุง

“Di dalamnya ada laki-laki yang menyukai (ingin) bersuci” (Q.S at-Taubah [9]:23)

Namun sebenarnya mahabbah lebih umum dibanding irรขdah. Karena semua mahabbah adalah irรขdah dan bukan semua irรขdah itu mahabbah.

4. Mahabbah Secara Bahasa Menurut Ibnu Mandzhรปr

Mahabbah adalah lawan kata dari kebencian yaitu kecintaan yang bermakna seperti istihsan, kata ุฃَุญَุจَّ ini dapat digunakan untuk dua arah makna subjek yaitu yang mencintai (ู…ُุญِุจٌّ) dan makna objek yaitu yang dicintai (ู…َุญْุจُูˆْุจٌ).

5. Mahabbah Secara Bahasa Menurut Abu Hilรขl al-‘Askariy

Mahabbah adalah sebuah kecondongan terhadap sesuatu.

Beliau memberikan penjelasan bahwa pendapat yang mengatakan bahwa mahabbah bermakna irรขdah ini butuh tinjauan ulang. 

Karena secara bahasa jelas ada perbedaan makna antara keduanya, sebagaimana yang beliau katakan:

ุงَู„ْูَุฑْู‚ُ ุจَูŠْู†َ ุงู„ุฅِุฑَุงุฏَุฉِ ูˆَุงู„ู…ุญَุจَّุฉِ: ุฃู†َّ ุงู„ู…ุญَุจَّุฉَ ุชَุฌْุฑِูŠ ุนَู„َู‰ ุงู„ุดَّูŠْุกِ ูˆَูŠَูƒُูˆْู†ُ ุงู„ู…ุฑَุงุฏُ ุจِู‡ِ ุบَูŠْุฑُู‡ُ, ูˆَู„َูŠْุณَ ูƒุฐู„ูƒ ุงู„ุฅِุฑَุงุฏَุฉُ. ุชَู‚ُูˆู„ُ: ุฃَุญْุจَุจْุชُ ุฒَูŠْุฏًุง ูˆَุงู„ْู…ُุฑَุงุฏُ ุฃَู†َّูƒَ ุชُุญِุจُّ ุฅِูƒْุฑَุงู…َู‡ُ ูˆู†َูْุนَู‡, ูˆَู„َุง ูŠُู‚َุงู„ُ ุฃُุฑِูŠْุฏُู‡ُ ุจِู‡َุฐุง ุงู„ู…ุนْู†َู‰. ูˆَุชَู‚ُูˆู„: ุฃُุญِุจُّ ุงู„ู„ู‡َ ุฃูŠ: ุฃُุญِุจُّ ุทَุงุนَุชَู‡ُ ูˆู„ุง ูŠُู‚ุงู„ُ: ุฃُุฑِูŠْุฏُ ุจِู‡ุฐุง ุงู„ู…ุนْู†َู‰

“Perbedaan antara irรขdah (keinginan) dan mahabbah (cinta): Mahabbah digunakan pada sesuatu tertentu, namun yang dimaksud adalah sesuatu yang lainnya, sementara irรขdah digunakan pada dzat sesuatu yang dimaksud. Jika engkau katakan misalnya; aku cinta zaid, maka yang dimaksud mencakup maksud lain seperti kemuliannya dan manfaatnya. Adapan kata irรขdah tidak tepat penggunaannya jika yang diinginkan makna tadi. Saat engkau mengatakan: aku cinta Allah, maka makna bukan aku menginginkan dzat Allah. Akan tetapi bermaksud yang lainnya seperti aku cinta ketaatan kepada Allah.”

Pengertian Mahabbah secara istilah

Secara umum terdapat dua pendapat ulama terkait definisi mahabbah. Ada yang berpendapat bahwa mahabbah (cinta) tidak dapat didefinisikan secara rinci, karena hakikatnya cinta tidak dapat digambarkan. Hanya tanda-tandanya saja yang dapat terlihat. 

Kelompok kedua berpendapat bahwa mahabbah bisa didefinisikan dengan rinci namun merekapun berbeda-beda dalam mendefinisikannya.

Karena memang sesungguhnya cinta itu adalah sebuah hubungan antara jiwa-jiwa di dasar sebuah alam dimensi yang tinggi, yang memang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Berikut adalah definisi mahabbah yang dipaparkan oleh para ulama:

1. Mahabbah Menurut Ulama Tasawwuf

Al-Kullรขbรขdziy menukilkan beberapa perkataan ulama terkait definisi mahabbah, diantaranya perkataan Muhammad bin Ali al-Kattรขniy yang mengatakan:

ุงَู„ู…ุญَุจَّุฉُ ุงู„ุฅِูŠْุซَุงุฑُ ู„ِู„ْู…َุญْุจُูˆْุจِ

“Mahabbah adalah mendahulukan sesuatu untuk yang dicintainya”.

Ada juga yang mengatakan:

ุงู„ู…ุญุจุฉ ุฅِุซَุงุฑُ ู…َุง ุชُุญِุจُّ ู„ِู…َู†ْ ุชُุญِุจُّ

“Mahabbah adalah mendahulukan sesuatu yang dicintainya untuk seseorang yang dia cintai”

Sementara Abu Abdillah an-Nabรขjiy mengatakan:

ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ู„َุฐَّุฉٌ ููŠ ุงู„ู…ุฎْู„ُูˆْู‚ِ ูˆَุงุณْุชِู‡ْู„َุงูƒٌ ููŠ ุงู„ุฎَุงู„ِู‚ِ. ู…َุนْู†َู‰ ุงู„ุฅِุณْุชِู‡ْู„َุงูƒِ ุฃู† ู„َุง ูŠَุจْู‚َูŠ ู„َูƒَ ุญَุธٌّ ูˆَู„َุง ูŠَูƒُูˆู†ُ ู„ู…ุญَุจَّุชِูƒَ ุนِู„َّุฉٌ ูˆَู„َุง ุชَูƒُูˆْู†ُ ู‚َุงุฆِู…ًุง ุจِุนِู„َّุฉٍ

“Mahabbah adalah kenikmatan terhadap makhluk, totalitas terhadap sang pencipta”

Maksud dari totalitas terhadap sang pencipta adalah tidak tersisa sedikitpun bagian untuk kita, dan tidak ada ‘illah pada cinta kita.

Al-Qusyairy memberikan penjelasan tentang definisi mahabbah, dengan perkataannya:

ูˆุงู„ْู…َุญَุจَّุฉُ: ุญَุงู„َุฉٌ ุดَุฑِูŠْูَุฉٌ ุดَู‡ِุฏَ ุงู„ุญู‚ُّ -ุณุจุญุงู†ู‡- ุจِู‡َุง ู„ِู„ْุนَุจْุฏِ، ูˆَุฃَุฎْุจَุฑَ ุนَู†ْ ู…َุญَุจَّุชِู‡ِ ู„ِู„ْุนَุจْุฏِ، ูุงู„ุญู‚ –ุณุจุญุงู†ู‡- ูŠُูˆุตَูُ ุจِุฃَู†َّู‡ ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْุนَุจْุฏَ، ูˆุงู„ุนุจุฏُ ูŠُูˆุตَูُ ุจِุฃَู†َّู‡ُ ูŠُุญِุจُّ ุงู„ุญَู‚َّ –ุณุจุญุงู†ู‡-

“Mahabbah adalah suatu keadaan yang mulia, dimana Allah bersaksi dengan mahabbah itu untuk hambanya, dan Dia mengabarkan mahabbahNya itu kepada hambanya. Maka disini Allah disifati bahwa Dia mencintai hambanya dan hamba tersebut disifati bahwa dia mencintai Allah.”

Al-Qusyairiy juga menjelaskan bahwasanya yang dimaksud mahabbah bukanlah keinginan (irรขdah), alasannya adalah karena irรขdah tidak berkaitan dengan sesuatu yang lalu.

Imam al-Ghazรขliy menjelaskan definisi mahabbah sebagai berikut:

ุงู„ุญُุจُّ ุนِุจَุงَุฑุฉٌ ุนَู†ْ ู…َูŠْู„ِ ุงู„ุทَุจْุนِ ุฅู„ู‰ ุงู„ุดَّูŠْุกِ ุงู„ู…ู„َุฐِّ، ูَุฅِู†ْ ุชَุฃَูƒَّุฏَ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ู…ูŠْู„ُ ูˆَู‚َูˆَู‰ ุณُู…ِّูŠَ ุนِุดْู‚ุงً

“Hubb (Mahabbah) adalah kecondongan diri terhadap sesuatu yang nikmat, jika kecondongan itu semakin kuat maka dinamakan ‘Isyq” 

Beliau juga mengatakan:

ุงَู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ููŠ ูˆَุถْุนِ ุงู„ู„ِّุณَุงู†ِ ุนِุจَุงุฑَุฉٌ ุนَู†ْ ู…َูŠْู„ِ ุงู„ู†َّูْุณِ ุฅِู„َู‰ ู…ُูˆَุงูَู‚ٍ ู…ُู„َุงุฆَู…ٍ

“Adapun arti mahabbah dikalangan orang arab adalah sebuah ungkapan tentang kecondongan jiwa kepada sesuatu yang cocok dengannya”

Ibnu ‘Arabiy mengatakan:

ุงู„ุญُุจُّ ุชَุนَู„ُّู‚ٌ ุฎَุงุตٌ ู…ِู†ْ ุชَุนَู„ُّู‚َุงุชِ ุงู„ِุฅุฑَุงุฏَุฉِ

“Mahabbah adalah sebuah ikatan khusus dari sebuah keinginan.”

Dan beliau menjelaskan bahwa mahabbah merupakan maqam ilรขhi, yang mana Allah mensifati diriNya dan menamakan dengan al-Wadรปd yaitu yang maha Mencintai.

Pada maqam ini Ibnu ‘Arabiy membagi menjadi empat laqab (gelar);

  1. al-Hubb, gelar yang pertama ini adalah yang paling murni dari kotoran-kotoran yang hinggap. Disini tidak ada tujuan dan keinginan selain apa yang dicintainya.
  2. al-Wudd, yang merupakan salah satu asma Allah dan wudd adalah sifat yang tetap bagi Allah.
  3. al-‘Isyq, yaitu cinta yang bersangatan.
  4. al-Hawa. yaitu sirnanya sebuah keinginan bersama yang dicintai, dan sebuah keterikatan saat awal jatuh hati. 

Mahabbah Menurut Ulama Tafsir

Imam ar-Rรขzi salah satu ulama tafsir yang berpendapat bahwa mahabbah adalah salah satu bentuk keinginan (irรขdah).

Dimana beliau menukil pendapat jumhur ahli kalam yang berkata:

ุฅِู†َّ ุงู„ู…ุญَุจَّุฉَ ู†َูˆْุนٌ ู…ِู†ْ ุฃَู†ْูˆَุงุนِ ุงู„ุฅِุฑَุงุฏَุฉِ

“Sesungguhnya cinta (mahabbah) adalah diantara bagian dari sebuah keinginan”

Hanya saja beliau menegaskan bahwa makna ini hanya berlaku untuk makhluq, karena mustahil makna mahabbah tersebut dikaitkan kepada dzat dan sifat Allah. 

Ibnu ‘ร‚syur mengatakan bahwa makna mahabbah dalam Al-Qur’an adalah makna hakiki, sehingga beliau mendefinisikan mahabbah sebagai berikut:

ู…َูŠْู„ُ ุงู„ู†َّูْุณِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุญَุณَู†ِ ุนِู†ْุฏَู‡َุง ุจِู…ُุนَุงูŠَู†َุฉٍ ุฃَูˆ ุณَู…َุงุนٍ ุฃูˆ ุญُุตُูˆْู„ِ ุชู‚ุน ู…ُุญَู‚َّู‚ٌ ุฃูˆ ู…َูˆْู‡ُูˆู…ٌ ู„ِุนَุฏَู…ِ ุงู†ْุญِุตَุงุฑِ ุงู„ู…ุญَุจَّุฉِ ููŠ ู…َูŠْู„ِ ุงู„ู†َّูْุณِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْู…َุฑْุฆِูŠَุงุชِ

“Mahabbah adalah kecondongan jiwa terhadap sesuatu yang bagus dengan melihatnya atau mendengarnya atau dengan merasakan adanya manfaat yang terwujud ataupun belum, karena keterbatasan cintanya pada kecondongan jiwa akan apa yang dilihatnya.”

Adapun kecondongan hati itu dapat terjadi pada fisik ataupun perbuatan yang elok, serta dapat terjadi juga pada sesuatu yang terlihat ataupun yang tidak terlihat.

al-Biqรขiy termasuk kepada ulama yang berpendapat bahwa mahabbah tergolong kepada sesuatu yang tidak bisa didefinisikan secara eksplisit. 

Sehingga beliau menafsirkan mahabbah lebih kepada sebuah rasa yang tidak bisa digambarkan, beliau berkata:

ู…ِู†َ ุงู„ْุญُุจِّ ูˆَู‡ُูˆَ ุฅِุญْุณَุงุณٌ ุจِูˆุตْู„َุฉٍ ู„َุง ูŠُุฏْุฑَู‰ ูƒُู†ْู‡ُู‡َุง

“Diantara makna mahabbah adalah suatu rasa yang terhubung namun tidak dapat dimengerti hakikatnya.”

as-Silmiy mendefinisikan mahabbah dengan ungkapan berikut:

ุงَู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ู‡ِูŠَ ู…ُูˆَุงูَู‚َุฉُ ุงู„ْู‚ُู„ُูˆْุจِ ุนِู†ْุฏَ ุจُุฑُูˆْุฒِ ู„َุทَุงุฆِูِ ุงู„ْุฌَู…َุงู„ِ

“Mahabbah adalah kecocokan hati saat timbulnya perasaan-perasaan yang indah.”

asy-Sya’rawiy dalam khawรขthir nya menjelaskan makna mahabbah, hal ini terkait tafsirannya terhadap surat at-Taubah ayat 108. Beliau berkata:

ูˆَู…َุนْู†َู‰ ุงู„ุญُุจِّ ู‡ูˆ ู…َูŠْู„ُ ุงู„ุทَّุจْุนِ ุฅِู„ู‰ ุดَูŠْุกٍ ุชَู†ْุจَุณِุทُ ู„َู‡ُ ุงู„ู†َّูْุณِ ูˆَุชُุฎَูُّ ู„ِุนَู…َู„ِู‡ِ

“Makna Hubb adalah kecondongan alami kepada sesuatu yang mana hal itu membuat jiwa ini lapang dan merasa ringan saat melakukannya”.

Definisi Mahabbah Menurut Ibnu al-Qayyim dan al-Alรปsรฎy

Mahabbah menurut Ibnu al-Qayyim

Sepanjang penelitian penulis tentang definisi mahabbah ini, penulis dapati bahwa Ibnu al-Qayyim lah ulama yang paling panjang lebar berbicara tentang definisi mahabbah. 

Kita bisa melihat hal ini dalam kitabnya Raudhatu al-Muhibbรฎn wa nuzhatu al-Musytรขqรฎn disana beliau membawakan lebih dari 22 definisi mahabbah , dan di dalam kitabnya Madรขriju as-Sรขlikรฎn beliau tuliskan 30 definisi mahabbah dengan lebih terperinci .

Ibnu al-Qayyim berpendapat bahwasanya tidak ada definisi mahabbah (cinta) yang paling jelas dari pada kata cinta itu sendiri. Beliau juga mengatakan bahwa definisi mahabbah (cinta) adalah keberadaan cinta itu sendiri. 

Maksudnya adalah definisi cinta yang paling tepat dan jelas adalah cinta. Dan ini selaras dengan apa yang dijelaskan oleh ulama yang berpendapat bahwasanya mahabbah tidak dapat didefinisikan secara rinci.

Bahkan menurut beliau definisi yang diuraikan oleh para ulama bukanlah sebuah definisi melainkan bagian dari sebab-sebab mahabbah, kewajiban-kewajibannya, tanda-tandanya, syahid-syahidnya (bukti) serta buah hasil dan hukum-hukumnya.

Ibnu al-Qayyim memaparkan bahwa definisi mahabbah secara bahasa mencakup lima arti: bening atau putih cemerlang, tinggi dan Nampak, tetap menyertai dan diam, inti sari dan menjaga atau menahan.

Selengkapnya beliau berkata:

ูˆَู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْู…َุงุฏَุฉُ ุชَุฏُูˆุฑُ ููŠ ุงู„ู„ُّุบَุฉِ ุนَู„َู‰ ุฎَู…ْุณَุฉِ ุฃَุดْูŠَุงุก

ุฃَุญَุฏُู‡َุง ุงَู„ุตَّูَุงุกُ ูˆَุงู„ْุจَูŠَุงุถُ ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ู‚َูˆْู„ُู‡ُู…ْ ู„ِุตَูَุงุกِ ุจَูŠَุงุถِ ุงู„ْุฃَุณْู†َุงู†ِ ูˆَู†َุถَّุงุฑَุชِู‡َุง ุญُุจَุจُ ุงู„ْุฃَุณْู†َุงู†ِ

“Secara bahasa kata ini (mahabbah) berputar pada lima makna; Yang pertama: bermakna bening dan putih, sebagaimana dikatakan ุญุจุจ ุงู„ุฃุณู†ุงู† terhadap gigi yang putih cemerlang”

Dalam kitab lainnya, beliau juga berkata:

ูَุฃَู…َّุง ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ูَู‚ِูŠْู„َ ุฃَุตْู„ُู‡َุง ุงَู„ุตَّูَุงุกُ ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ْุนَุฑَุจُ ุชَู‚ُูˆْู„ُ ู„ِุตَูَุงุกِ ุจَูŠَุงุถِ ุงู„ْุฃَุณْู†َุงู†ِ ูˆَู†َุถَّุงุฑَุชِู‡َุง ุญُุจَุจُ ุงู„ْุฃَุณْู†َุงู†ِ

“Adapun ุงَู„ْู…َุญَุจَّุฉُ mahabbah ada yang mengatakan bahwa asalnya adalah dari kata ุงู„ุตَّูَุงุกُ (bening), dimana orang mengatakan tentang bening putihnya gigi dengan ungkapan ุญُุจَุจُ ุงْู„ุฃَุณَู†َุงู†ِ dengan arti yang dimaksud gigi putih cemerlang.”

ุงَู„ุซَّุงِู†ูŠ ุงَู„ْุนُู„ُูˆ ูˆَุงู„ุธُّู‡ُูˆْุฑُ ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุญَุจُุจَ ุงู„ْู…َุงุกُ ูˆَุญِุจَุงุจُู‡ُ ูˆَู‡ُูˆَ ู…َุง ูŠَุนْู„ُูˆู‡ُ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ْู…َุทَุฑِ ุงู„ุดَّุฏِูŠْุฏِ ูˆَุญَุจُุจَ ุงู„ْูƒَุฃْุณِ ู…ِู†ْู‡ُ

“yang kedua bermakna sesuatu yang tinggi dan terlihat, seperti jika dikatakan ุญุจุจ ุงู„ู…ุงุก maka artinya air yang meninggi dan melimpah disaat hujan deras atau saat dituangkan pada gelas.”

ุงَู„ุซَّุงู„ِุซُ ุงَู„ู„ُّุฒُูˆْู…ُ ูˆَุงู„َّุซุจَุงุชُ ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุญُุจُّ ุงู„ْุจَุนِูŠْุฑِ ูˆَุฃَุญَุจَّ ุฅِุฐَุง ุจَุฑِูƒَ ูˆَู„َู…ْ ูŠَู‚ُู…ْ

“yang ketiga bermakna diam atau tetap menyertai, ini dapat dipahami saat seseorang mengatakan ุญุจ ุงู„ุจุนูŠุฑ maka maknanya seekor unta saat menderup dan diam.”

ุงَู„ุฑَّุงุจِุนُ ุงَู„ู„ُّุจُّ ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุญِุจَّุฉُ ุงْู„ู‚َู„ْุจِ ู„ِู„ُุจِّู‡ِ ูˆَุฏَุงุฎِู„ِู‡ِ ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุงَู„ْุญِุจَّุฉُ ู„ِูˆَุงุญِุฏَุฉِ ุงْู„ุญُุจُูˆْุจِ ุฅِุฐْ ู‡ِูŠَ ุฃَุตْู„ُ ุงู„ุดَّูŠْุกِ ูˆَู…َุงุฏَุชُู‡ُ ูˆَู‚َูˆَุงู…ُู‡ُ

“Yang keempat maknanya adalah inti sari, diantaranya jika dikatakan ุญุจุฉ ุงู„ู‚ู„ุจ maknanya saripati hati atau hati yang terdalam, begitu juga saat dikatakan ุงู„ุญุจุฉ yang bermakna kata tunggal dari biji yang merupakan asal atau dasar sesuatu.”

ุงَู„ْุฎَุงู…ِุณُ ุงَู„ْุญِูْุธُ ูˆَุงู„ْุฅِู…ْุณَุงูƒُ ูˆَู…ِู†ْู‡ُ ุญُุจُّ ุงู„ْู…َุงุกِ ู„ِู„ْูˆِุนَุงุกِ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠَุญْูُุธُ ูِูŠْู‡ِ ูˆَูŠُู…ْุณِูƒُู‡ُ ูˆَูِูŠْู‡ِ ู…َุนْู†َู‰ ุงู„ุซُّุจُูˆْุชِ ุฃَูŠْุถًุง

“Yang kelima bermakna menjaga dan menahan, maksudnya adalah jika dikatakan pada sebuah bejana ุญุจ ุงู„ู…ุงุก maknanya adalah bejana itu menahan dan menjaga air tersebut.”

Setelah menjelaskan definisi mahabbah secara bahasa Ibnu al-Qayyim merumuskan sebuah definisi mahabbah yang sangat indah sekali.

Beliau berkata:

“Mahabbah adalah beningnya cinta dan gelora keinginan hati kepada yang dicintai, tinggi serta nampak jelas ikatannya dengan yang dicintai dan yang diinginkannya. Adanya kekokohan ,keinginan hati terhadap yang dicintainya hingga tetap mendampinginya dan takkan pernah berpisah dengannya, hati yang paling dalam serta sesuatu yang paling berharga hanya teruntuk yang dicintainya, dialah hatinya. Segala keinginannya, kemauannya dan kesungguhannya hanya kepada yang dicintainya.”

Ibnu al-Qayyim juga menafsirkan makna mahabbah perhuruf dengan tafsiran yang unik dan sangat menarik. Beliau mengatakan bahwa kata ุญุจ (huruf ha’ dan ba’ yang berarti mahabbah atau cinta) sangat cocok sekali dengan makna hakikinya.

Beliau menjelaskan bahwasanya jika ditinjau dari makhรขrij al-hurรปf, huruf ha’ terletak ditempat yang paling awal yang jauh atau dalam yaitu pangkal ternggorokan, sementara huruf ba’ terletak di tempat ujung yang paling luar yaitu bibir. Beliau berkata:

ูَู„ِู„ْุญَุงุกِ ุงู„ุงِุจْุชِุฏَุงุกُ ูˆَู„ِู„ْุจَุงุกِ ุงู„ِุงู†ْุชِู‡َุงุกُ ูˆَู‡َุฐَุง ุดَุฃْู†ُ ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉِ ูˆَุชَุนَู„ُّู‚ُู‡َุง ุจِุงู„ْู…َุญْุจُูˆْุจِ ูَุฅِู†َّ ุงِุจْุชِุฏَุงุกَู‡َุง ู…ِู†ْู‡ُ ูˆَุงู†ْุชِู‡َุงุกَู‡َุง ุฅِู„َูŠْู‡ِ

“Huruf ha’ adalah sebuah permulaan dan huruf ba’ adalah penghabisan, beginilah cinta/mahabbah dan ikatannya dengan yang dicintai bermula dari yang dicintai dan berujung dengan yang dicintai”

Mahabbah menurut al-Alรปsรฎy

Adapun al-Alรปsiy mendefiniskan mahabbah lebih dari segi bahasa yang bermakna kecondongan (ุงَู„ْู…َูŠْู„ُ), dengan merincikan beberapa hal dalam mengungkapkan makna mahabbah.

Beliau berkata:

ูَุงู„ْู…َุญَุจَّุฉُ ู„ُุบَุฉً ู…َูŠْู„ُ ุงู„ْู…ُุชุตูِ ุจِู‡َุง ุฅِู„َู‰ ุฃَู…ْุฑٍ ู…ู„ุฐٍ

“Mahabbah secara bahasa adalah kecondongan yang mengindikasikan cinta kepada suatu kenikmatan”

Kemudian beliau menjelaskan beberapa hal yang dapat membangkitkan mahabbah, beliau berkata:

ูˆَุงู„ู„َّุฐَุงุชُ ุงู„ْุจَุงุนِุซَุฉُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉِ ู…ُู†ْู‚َุณِู…َุฉٌ ุฅِู„َู‰ ู…ُุฏْุฑَูƒٍ ุจِุงู„ْุญِุณِّ ูƒَู„َุฐَّุฉِ ุงู„ุฐَّูˆْู‚ِ ููŠ ุงู„ْู…َุทْุนُูˆْู…ِ, ูˆَู„َุฐَّุฉِ ุงู„ู†َّุธَุฑِ ููŠ ุงู„ุตُّูˆَุฑِ ุงู„ْู…ُุณْุชَุญْุณู†َุฉِ ุฅِู„َู‰ ุบَูŠْุฑَ ุฐَู„ِูƒَ، ูˆَุฅِู„َู‰ ู„َุฐَّุฉٍ ู…ُุฏْุฑَูƒَุฉٍ ุจِุงู„ْุนَู‚ْู„ِ ูƒَู„َุฐَّุฉِ ุงู„ْุฌَุงู‡ِ ูˆَุงู„ุฑِّูŠَุงุณَุฉِ ูˆَุงู„ْุนُู„ُูˆْู…ِ ูˆَู…َุง ูŠَุฌْุฑِูŠ ู…َุฌْุฑَุงู‡َุง.

“dan kenikmatan yang mendorong mahabbah itu terbagi menjadi dua; yaitu yang bisa nalar oleh panca indra seperti rasa pada sebuah makanan, nikmatnya memandang gambar-gambar yang indah dan yang lainnya. Yang kedua ialah kenikmatan yang bisa dirasakan oleh akal seperti nikmatnya kedudukan, ilmu dan semisalnya.”

Al-Alรปsรฎy juga menjelaskan bahwa kadar besar kecilnya mahabbah itu bermacam-macam sesuai dengan hal-hal yang dapat membangkitkan mahabbah itu sendiri. 

Karena tentu berbeda kenikmatan yang dirasakan saat menjadi kepala desa dengan kepemimpinan daerah seperti gubernur presiden dan lainnya. sehingga tingkat kecintaan (mahabbah) terhadap kedudukan tersebut menjadi berbeda sesuai dengan tinggi atau besarnya jabatan tadi[29].

Pengertian Mahabbatullah

Berkait dengan pendefinisian mahabbatullah ini ada 4 pendapat yang masyhur didalamnya yaitu: 

Pendapat yang menetapkan mahabbatullah dan mahabbah hamba, pendapat yang menta’wil mahabbatullah dan mahabbah hamba, pendapat yang menetapkan mahabbah hamba dan menta’wil mahabbatullah dan yang terakhir adalah pendapat yang menafikan mahabbatullah dan mahabbah hamba.

1. Pendapat yang menetapkan mahabbatullah dan mahabbah hamba kepada Allah.

Maksudnya adalah mereka menetapkan adanya sifat mahabbatullah kepada hambanya begitu juga menetapkan sifat mahabbah seorang hamba kepada Allah dengan makna hakiki tanpa menggunakan ta’wilan.

Pendapat ini adalah pendapat para ulama terdahulu (salaf) serta yang mengikuti mereka, berikut perkataan para ulama yang membawakan pendapat ini;

Al-Qusyairiy berkata:

ูˆَู‚َูˆْู…ٌ ู…ِู†َ ุงู„ุณَّู„َูِ ู‚َุงู„ُูˆุง: ู…َุญَุจَّุชُู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ุตِّูَุงุชِ ุงู„ْุฎَุจَุฑِูŠَّุฉِ, ูَุฃَุทَู„َู‚ُูˆุง ุงู„ู„َّูْุทَ ูˆَุชَูˆَู‚َّูُูˆุง ุนَู†ِ ุงู„ุชَّูْุณِูŠْุฑ

“Dan dari kalangan salaf mengatakan bahwa mahabbatullah adalah sifat khabariyah, dan mereka menetapkan lafadzhnya serta tawaqquf dari penafsirannya.”

Syaikhu al-Islรขm Ibnu Taimiyah berkata:

ูˆَุณَู„َูُ ุงู„ْุฃُู…َّุฉِ ูˆَุฃَุฆِู…َّุฉِ ุงู„ุณُّู†َّุฉِ ุนَู„َู‰ ุฅِู‚ْุฑَุงุฑِ ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉِ ุนَู„َู‰ ู…َุง ู‡ِูŠَ ุนَู„َูŠْู‡ِ

“Kalangan salaf dari ummat ini dan para imam-imam sunnah menetapkan Mahabbatullah ini dengan makna mahabbah itu sendiri”

Maksudnya bahwa kalangan salaf tidak menta’wil makna mahabbatullah tersebut.

Ibnu ‘ร‚syรปr dalam tafsirnya juga lebih cenderung kepada pendapat bahwa mahabbatullah itu bukan majaz, hingga beliau sempat berkata dengan ungkapan yang melemahkan pendapat bahwa mahabbatullah itu majaz, beliau katakan:

ูˆَู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ ู…َู†ْ ุฒَุนَู…َ ุฃَู†َّ ุชَุนَู„ُّู‚َ ุงู„ْู…َุญَุจَّุฉِ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ู…َุฌَุงุฒٌ ู…ُุฑْุณَู„ٌ ูِูŠ ุงู„ุทَّุงุนَุฉِ ูˆَุงู„ุชَّุนْุธِูŠْู…ِ

“Ada diantara golongan yang mengklaim bahwa ikatan cinta dengan Allah itu bersifat majaz mursal yang bermaksud ketaatan dan pengagungan.”

Ungkapan ุฒุนู… dalam bahasa arab mengandung makna pelemahan terhadap sebuah pendapat yang dibawakan.

Ibnu al-Qayyim tergolong ulama yang berpendapat dalam kelompok ini, beliau berkata:

ูˆَุฌَู…ِูŠْุนُ ุทُุฑُู‚ِ ุงู„ْุฃَุฏِู„َّุฉِ –ุนَู‚ْู„ًุง ูˆَู†َู‚ْู„ًุง ูˆَูِุทْุฑَุฉً ูˆَู‚ِูŠَุงุณًุง ูˆَุงุนْุชุจَุงุฑًุง ูˆَุฐَูˆْู‚ًุง ูˆَูˆُุฌْุฏًุง- ุชَุฏُู„ُّ ุนَู„َู‰ ุฅِุซْุจَุงุชِ ู…َุญَุจَّุฉِ ุงู„ْุนَุจْุฏِ ู„ِุฑَุจِّู‡ِ ูˆَุงู„ุฑَّุจِّ ู„ِุนَุจْุฏِู‡ِ

“Dari seluruh jenis metodologi pendalilan –secara akal, nukilan syar’i, fitrah, qiyas dan perasaan- menunjukkan akan penetapan mahabbah seorang hamba kepada Rabbny dan mahabbah Rabb kepada hambanya”

2. Pendapat yang menta’wil mahabbatullah dan mahabbah hamba kepada Allah.

Jumhur ahlu kalam mendefinisikan mahabbatullah dengan menggunakan ta’wil, hal ini dikarenakan mereka berpendapat bahwasanya ikatan mahabbah dengan dzat Allah itu mustahil.

Sehingga lahirlah bermacam-macam ta’wilan terhadap makna mahabbatullah terhadap hambanya, antara lain:

  1. Bermakna keinginanNya untuk memberi kenikmatan yang khusus kepada hambanya. Maksud penta’wilan ini adalah bahwa cinta Allah (mahabbatullah) kepada hambanya itu ialah sebuah rasa keinginan Allah untuk memberikan kenikmatan.
  2. Bermakna Allah memilihnya dan mengujinya. Maksudnya adalah saat Allah cinta kepada hambaNya maka hamba tersebut adalah pilihan Allah, dan diantara ciri bahwa Allah mencintainya adalah Allah mengujinya.
  3. Bermakna Allah ridha atau rela kepada hambanya.
  4. Bermakna Allah memberikan pahala bagi hambanya, maka yang dimaksud adalah saat kita dapati kalimat Allah mencintai orang yang bersuci menurut ta’wilan disini artinya Allah memberikan pahala padanya.

3. Pendapat yang menta’wil salah satu sisi dan menetapkan sisi lainnya.

Maksudnya adalah ada ulama yang menta’wil mahabbatullah dan menetapkan mahabbah hamba kepada Allah atau sebaliknya menetapkan mahabbatullah dan menta’wil mahabbah hamba kepada Allah.

Bagian pertama (pendapat yang menta’wil mahabbatullah dan menetapkan mahabbah kepada Allah)

Contohnya adalah Imam al-Ghazรขli, beliau menetapkan sifat mahabbah hamba kepada Allah dan menta’wil mahabbatullah.

Ini dapat kita ketahui dari perkataannya sebagai berikut:

ูˆَู‚َุฏْ ุฐَูƒَุฑْู†َุง ุฃَู†َّ ู…َุญَุจَّุฉَ ุงู„ْุนَุจْุฏِ ุงู„ู„ู‡ِ ุญَู‚ِูŠْู‚َุฉٌ ูˆَู„َูŠْุณَุชْ ุจِู…َุฌَุงุฒٍ

“Sungguh telah kami sebutkan bahwa mahabbah hamba kepada Allah itu bermakna sesungguhnya (hakikat) bukan majaz”

Kemudian beliau mengatakan bahwa makna mahabbatullah tidak bisa dimaknakan seperti ini. Maksudnya ialah tidak bisa dipahami langsung secara makna yang sesuai dengan lafadznya.

Lebih rinci lagi beliau mengemukakan makna mahabbatullah, beliau berkata:

ูَุฅِู†َّ ู…َุญَุจَّุฉَ ุงู„ู„ู‡ِ ู„ِู„ْุนَุจْุฏِ ุชَู‚ْุฑِูŠْุจُู‡ُ ู…ِู†ْ ู†َูْุณِู‡ِ ุจِุฏَูْุนِ ุงู„ุดَّูˆَุงุบِู„ِ ูˆَุงู„ْู…َุนَุงุตِูŠ ุนَู†ْู‡ُ ูˆَุชَุทْู‡ِูŠْุฑِ ุจَุงุทِู†ِู‡ِ ุนَู†ِ ูƒَุฏُุฑَุงุชِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَุฑَูْุนِ ุงู„ْุญِุฌَุงุจِ ุนَู†ْ ู‚َู„ْุจِู‡ِ ุญَุชَّู‰ ูŠُุดَุงู‡ِุฏَู‡ُ ูƒَุฃَู†َّู‡ُ ูŠَุฑَุงู‡ُ ุจِู‚َู„ْุจِู‡ِ


“Sesungguhnya mahabbatullah kepada hambanya adalah bagaimana Allah mendekatkan hamba itu kepadaNya dengan menjauhkan kesibukan dan maksiat darinya, serta mensucikan jiwanya dari kotoran dunia dan menyingkap pembatas dari hatinya hingga seolah-olah dia dapat melihatNya dengan hatinya.”

Bagian kedua (Menetapkan mahabbatullah dan menta’wil mahabbah hamba kepada Allah)

Contohnya adalah pendapat al-Alรปsiy yang kita dapati dalam menafsirkan firman Allah:

ูˆَู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ ู…َู†ْ ูŠَุชَّุฎِุฐُ ู…ِู†ْ ุฏُูˆู†ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฃَู†ْุฏَุงุฏًุง ูŠُุญِุจُّูˆู†َู‡ُู…ْ ูƒَุญُุจِّ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุฃَุดَุฏُّ ุญُุจًّุง ู„ِู„َّู‡ِ ูˆَู„َูˆْ ูŠَุฑَู‰ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุธَู„َู…ُูˆุง ุฅِุฐْ ูŠَุฑَูˆْู†َ ุงู„ْุนَุฐَุงุจَ ุฃَู†َّ ุงู„ْู‚ُูˆَّุฉَ ู„ِู„َّู‡ِ ุฌَู…ِูŠุนًุง ูˆَุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุดَุฏِูŠุฏُ ุงู„ْุนَุฐَุงุจِ

“dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman Amat sangat cintanya kepada Allah. dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah Amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).” (Q.S al-Baqarah [2]:165)

Beliau menafsirkan kalimat mahabbatullah pada ayat tersebut sebagai berikut:

ูˆَู…َุญَุจَุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰ ู„ِู„ْุนِุจَุงุฏِ ุตِูَุฉٌ ู„َู‡ُ ุนَุฒَّ ุดَุฃْู†ُู‡ُ ู„َุง ุชَุชَูƒَูŠَّูُ ูˆَู„َุง ูŠَุญُูˆْู…ُ ุทَุงุฆِุฑُ ุงู„ْูِูƒْุฑِ ุญَูˆْู„َ ุญَู…َุงู‡َุง

“Cinta Allah kepada hambanya adalah sifat yang sesuai dengan kemuliannya, tidak dapat ditanya bagaimana-bagaimana dan akal fikiran tidak akan mampu menguasai batasan-batasannya.”

Begitu juga saat al-Alรปsiy mentafsirkan firman Allah:

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู…َู†ْ ูŠَุฑْุชَุฏَّ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ุนَู†ْ ุฏِูŠู†ِู‡ِ ูَุณَูˆْูَ ูŠَุฃْุชِูŠ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِู‚َูˆْู…ٍ ูŠُุญِุจُّู‡ُู…ْ ูˆَูŠُุญِุจُّูˆู†َู‡ُ ุฃَุฐِู„َّุฉٍ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฃَุนِุฒَّุฉٍ ุนَู„َู‰ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِูŠู†َ ูŠُุฌَุงู‡ِุฏُูˆู†َ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَู„َุง ูŠَุฎَุงูُูˆู†َ ู„َูˆْู…َุฉَ ู„َุงุฆِู…ٍ ุฐَู„ِูƒَ ูَุถْู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ูŠُุคْุชِูŠู‡ِ ู…َู†ْ ูŠَุดَุงุกُ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุงุณِุนٌ ุนَู„ِูŠู…ٌ

“Hai orang-orang yang beriman, Barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha mengetahui.” (Q.S al-Mรขidah [5]:54)

Beliau berkata:

ู…َุญَุจّุฉٌ ุชَู„ِูŠْู‚ُ ุจِุดَุฃْู†ِู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…َุนْู†َู‰ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุฑَุงุฏَู‡ُ

“Ialah sebuah mahabbah yang sesuai dengan dzat dan kemuliannya sebagaimana mestinya makna yang dikehendakiNya.”

Adapun mahabbah hamba kepada Allah maka al-Alรปsiy sependapat dengan perkataan yang mengatakan bawha mahabbah hamba kepada Allah bermakna majaz, yang dimaksud adalah mahabbah dengan ketaannya kepada Allah. 

4. Pendapat yang menafikan mahabbatullah dan mahabbah hamba kepada Allah.

Mereka adalah dari kalangan al-Jahmiyah al-Mu’athilah dan semisal yang menyerupainya. Mereka mengatakan:

ูَุฅِู†َّ ุงู„ู„ู‡َ ู„َุง ูŠُุญِุจُّ ูˆَู„َุง ูŠُุญَุจُّ

“Bahwasanya Allah tidak mencintai dan tidak dicintai”

Maksud dari ungkapan ini lahir dari pada asas aqidah mereka yang menafikan seluruh sifat Allah.

Mahabbah Dalam Al-Qur’an

Pengertian Mahabbah Dalam Al-Qur’an

Sebagaimana yang kita jelaskan dalam definisi secara bahasa bahwasanya mahabbah berasal dari kata ุฃَุญَุจَّ – ูŠُุญِุจُّ – ุญُุจًّุง ูˆَ ู…َุญَุจَّุฉً. Lafadz ini yaitu ุญุจ di dalam Al-Qur’an membawa makna-makna tersendiri. 

Yaitu bermakna itsรขr (ุงู„ุฅูŠุซุงุฑ) berarti mendahulukan atau mengedepankan, memilih (ุงู„ุฅุฎุชูŠุงุฑ), juga bermakna al-Mawaddah (ุงู„ู…ูˆุฏุฉ) yang artinya ialah cinta itu sendiri, serta bermakna al-Qillah (ุงู„ู‚ู„ุฉ) yang berarti sedikit, dan bermakna an-Naf’u (ุงู„ู†ูุน) yang berarti bermanfaat.

1. Hubb bermakna itsรขr (ุงู„ุฅูŠุซุงุฑ).

Makna ini kita dapati pada ayat berikut:

ูَู‚َุงู„َ ุฅِู†ِّูŠ ุฃَุญْุจَุจْุชُ ุญُุจَّ ุงู„ْุฎَูŠْุฑِ ุนَู†ْ ุฐِูƒْุฑِ ุฑَุจِّูŠ ุญَุชَّู‰ ุชَูˆَุงุฑَุชْ ุจِุงู„ْุญِุฌَุงุจِ

“Maka ia berkata: “Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan”. (Q.S Shรขd [38]:32)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุฃَุญْุจَุจْุชُ

Makna kalimat mahabbah pada ayat ini adalah sesungguhnya aku lebih mendahulukan dan mengedepankan barang (kuda) dari pada mengingat Tuhanku.

ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุชَุจَูˆَّุกُูˆุง ุงู„ุฏَّุงุฑَ ูˆَุงู„ْุฅِูŠู…َุงู†َ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِู‡ِู…ْ ูŠُุญِุจُّูˆู†َ ู…َู†ْ ู‡َุงุฌَุฑَ ุฅِู„َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู„َุง ูŠَุฌِุฏُูˆู†َ ูِูŠ ุตُุฏُูˆุฑِู‡ِู…ْ ุญَุงุฌَุฉً ู…ِู…َّุง ุฃُูˆุชُูˆุง ูˆَูŠُุคْุซِุฑُูˆู†َ ุนَู„َู‰ ุฃَู†ْูُุณِู‡ِู…ْ ูˆَู„َูˆْ ูƒَุงู†َ ุจِู‡ِู…ْ ุฎَุตَุงุตَุฉٌ ูˆَู…َู†ْ ูŠُูˆู‚َ ุดُุญَّ ู†َูْุณِู‡ِ ูَุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆู†َ

“dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) ‘mencintai’ orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin), atas diri mereka sendiri, Sekalipun mereka dalam kesusahan. dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka Itulah orang orang yang beruntung”. (Q.S al-Hasyr [59]:9)

Kata yang menununjukkan mahabbah dalam ayat ini: ูŠُุญِุจُّูˆู†َ

Begitu pula pada ayat ini, makna mahabbah disini adalah mereka para shahabat anshar lebih mengedepankan muhajirin dari pada diri mereka meskipun mereka juga membutuhkan hal tersebut.

Ayat lain yang menjelaskan tentang mahabbah bermakna รฎtsรขr adalah firmah Allah:

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู„َุง ุชَุชَّุฎِุฐُูˆุง ุขุจَุงุกَูƒُู…ْ ูˆَุฅِุฎْูˆَุงู†َูƒُู…ْ ุฃَูˆْู„ِูŠَุงุกَ ุฅِู†ِ ุงุณْุชَุญَุจُّูˆุง ุงู„ْูƒُูْุฑَ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุฅِูŠู…َุงู†ِ ูˆَู…َู†ْ ูŠَุชَูˆَู„َّู‡ُู…ْ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ูَุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ُูˆู†َ

“Hai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapa-bapa dan saudara-saudaramu menjadi wali(mu), jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka wali, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (Q.S at-Taubah [9]:23)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุงุณْุชَุญَุจُّูˆุง

Maksud kata hubb dalam ayat ini adalah lebih memilih dan mengedepankan kekufuran dibandingkan keimanan. Ini seperti pada ayat berikut:

ุฐَู„ِูƒَ ุจِุฃَู†َّู‡ُู…ُ ุงุณْุชَุญَุจُّูˆุง ุงู„ْุญَูŠَุงุฉَ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุนَู„َู‰ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ูˆَุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู„َุง ูŠَู‡ْุฏِูŠ ุงู„ْู‚َูˆْู…َ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِูŠู†َ

“yang demikian itu disebabkan karena Sesungguhnya mereka mencintai kehidupan di dunia lebih dari akhirat, dan bahwasanya Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang kafir.” (Q.S an-Nahl [16]:107)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุงุณْุชَุญَุจُّูˆุง

Dalam ayat ini juga dikatakan oleh sebagian ulama tafsir bahwa kata hubb disini bermakna mendahulukan dan mengedepankan.

2. Hubb bermakna memilih (ุฅุฎุชูŠุงุฑ)

Makna ini kita dapati dalam firman Allah:

ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَุณْุชَุญِุจُّูˆู†َ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉَ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุนَู„َู‰ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ูˆَูŠَุตُุฏُّูˆู†َ ุนَู†ْ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَูŠَุจْุบُูˆู†َู‡َุง ุนِูˆَุฌًุง ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ูِูŠ ุถَู„َุงู„ٍ ุจَุนِูŠุฏٍ

“(yaitu) orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia dari pada kehidupan akhirat, dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan Allah itu bengkok. mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.” (Q.S Ibrรขhรฎm [14]:3)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ูŠَุณْุชَุญِุจُّูˆู†َ

Kata hubb dalam ayat ini bermakna memilih, yaitu orang-orang yang memilih kehidupan dunia dibandingkan akhirat. Juga kita dapati dalam firman Allah:

ูˆَุฃَู…َّุง ุซَู…ُูˆุฏُ ูَู‡َุฏَูŠْู†َุงู‡ُู…ْ ูَุงุณْุชَุญَุจُّูˆุง ุงู„ْุนَู…َู‰ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู‡ُุฏَู‰ ูَุฃَุฎَุฐَุชْู‡ُู…ْ ุตَุงุนِู‚َุฉُ ุงู„ْุนَุฐَุงุจِ ุงู„ْู‡ُูˆู†ِ ุจِู…َุง ูƒَุงู†ُูˆุง ูŠَูƒْุณِุจُูˆู†َ

“dan Adapun kaum Tsamud, Maka mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai buta (kesesatan) daripada petunjuk, Maka mereka disambar petir azab yang menghinakan disebabkan apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S Fushilat [41]:17)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ูَุงุณْุชَุญَุจُّูˆุง

Maksud kata hubb dalam ayat ini bermakna memilih, yaitu mereka lebih memilih buta (kesesatan) dari pada petunjuk.

3. Hubb bermakna mawaddah (ุงู„ู…ูˆุฏุฉ).

Seperti pada ayat berikut:

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู…َู†ْ ูŠَุฑْุชَุฏَّ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ุนَู†ْ ุฏِูŠู†ِู‡ِ ูَุณَูˆْูَ ูŠَุฃْุชِูŠ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِู‚َูˆْู…ٍ ูŠُุญِุจُّู‡ُู…ْ ูˆَูŠُุญِุจُّูˆู†َู‡ُ ุฃَุฐِู„َّุฉٍ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฃَุนِุฒَّุฉٍ ุนَู„َู‰ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِูŠู†َ ูŠُุฌَุงู‡ِุฏُูˆู†َ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَู„َุง ูŠَุฎَุงูُูˆู†َ ู„َูˆْู…َุฉَ ู„َุงุฆِู…ٍ ุฐَู„ِูƒَ ูَุถْู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ูŠُุคْุชِูŠู‡ِ ู…َู†ْ ูŠَุดَุงุกُ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุงุณِุนٌ ุนَู„ِูŠู…ٌ

“Hai orang-orang yang beriman, Barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha mengetahui.” (Q.S al-Mรขidah [5]:54)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ูŠُุญِุจُّู‡ُู…ْ ูˆَูŠُุญِุจُّูˆู†َู‡ُ

Ayat diatas menunjukkan arti mahabbah secara hakiki, begitu juga ayat berikut:

ู‚ُู„ْ ุฅِู†ْ ูƒُู†ْุชُู…ْ ุชُุญِุจُّูˆู†َ ุงู„ู„َّู‡َ ูَุงุชَّุจِุนُูˆู†ِูŠ ูŠُุญْุจِุจْูƒُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَูŠَุบْูِุฑْ ู„َูƒُู…ْ ุฐُู†ُูˆุจَูƒُู…ْ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุบَูُูˆุฑٌ ุฑَุญِูŠู…ٌ

“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S ร‚li ‘Imrรขn [3]:31)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุชُุญِุจُّูˆู†َ

4. Hubb bermakna Qillah (ุงู„ู‚ู„ุฉ)

ูˆَูŠُุทْุนِู…ُูˆู†َ ุงู„ุทَّุนَุงู…َ ุนَู„َู‰ ุญُุจِّู‡ِ ู…ِุณْูƒِูŠู†ًุง ูˆَูŠَุชِูŠู…ًุง ูˆَุฃَุณِูŠุฑًุง

“dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.” (Q.S al-Insรขn[76]: 8)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุญُุจِّู‡ِ

Begitu juga pada ayat berikut:

ู„َูŠْุณَ ุงู„ْุจِุฑَّ ุฃَู†ْ ุชُูˆَู„ُّูˆุง ูˆُุฌُูˆู‡َูƒُู…ْ ู‚ِุจَู„َ ุงู„ْู…َุดْุฑِู‚ِ ูˆَุงู„ْู…َุบْุฑِุจِ ูˆَู„َูƒِู†َّ ุงู„ْุจِุฑَّ ู…َู†ْ ุขู…َู†َ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุงู„ْูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْุขุฎِุฑِ ูˆَุงู„ْู…َู„َุงุฆِูƒَุฉِ ูˆَุงู„ْูƒِุชَุงุจِ ูˆَุงู„ู†َّุจِูŠِّูŠู†َ ูˆَุขุชَู‰ ุงู„ْู…َุงู„َ ุนَู„َู‰ ุญُุจِّู‡ِ ุฐَูˆِูŠ ุงู„ْู‚ُุฑْุจَู‰ ูˆَุงู„ْูŠَุชَุงู…َู‰ ูˆَุงู„ْู…َุณَุงูƒِูŠู†َ ูˆَุงุจْู†َ ุงู„ุณَّุจِูŠู„ِ ูˆَุงู„ุณَّุงุฆِู„ِูŠู†َ ูˆَูِูŠ ุงู„ุฑِّู‚َุงุจِ ูˆَุฃَู‚َุงู…َ ุงู„ุตَّู„َุงุฉَ ูˆَุขุชَู‰ ุงู„ุฒَّูƒَุงุฉَ ูˆَุงู„ْู…ُูˆูُูˆู†َ ุจِุนَู‡ْุฏِู‡ِู…ْ ุฅِุฐَุง ุนَุงู‡َุฏُูˆุง ูˆَุงู„ุตَّุงุจِุฑِูŠู†َ ูِูŠ ุงู„ْุจَุฃْุณَุงุกِ ูˆَุงู„ุถَّุฑَّุงุกِ ูˆَุญِูŠู†َ ุงู„ْุจَุฃْุณِ ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุตَุฏَู‚ُูˆุง ูˆَุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ُูˆู†َ

“bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.” (Q.S al-Baqarah [2]:177)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุญُุจِّู‡ِ

Kata hubb pada dua ayat diatas mengandung makna sedikit, maksudnya mereka memberikan harta padahal itu sedikit yang dia miliki.

5. Hubb bermakna manfaat (ุงู„ู†ูุน)

ูˆَุฃُุฎْุฑَู‰ ุชُุญِุจُّูˆู†َู‡َุง ู†َุตْุฑٌ ู…ِู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَูَุชْุญٌ ู‚َุฑِูŠุจٌ ูˆَุจَุดِّุฑِ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ

“dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.” (Q.S ash-Shaff [61]:13)

Kata yang menunjukkan mahabbah dalam ayat ini: ุชُุญِุจُّูˆู†َู‡َุง

Arti hubb pada kalimat ุชุญุจูˆู†ู‡ุง pada ayat ini adalah ุงู†ุชูุน yang berarti mengambil manfaat.

0 Response to "Mahabbatullah (Cinta Kepada Allah)"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak