Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, karena Dialah Tuhan yang menurunkan agama melalui wahyu yang disampaikan kepada Rasul pilihan-Nya, Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. 

Melalui agama ini terbentang luas jalan lurus yang dapat mengantarkan manusia kepada kehidupan bahagia di dunia dan di akhirat.

Keutamaan Baca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat, salah satunya yaitu membaca Surat Al-Kahfi. Sebenarnya, apa saja rahasia keutamaan dalam surat Al-Kahfi? Mari kita simak.

Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 di Alquran dan terdiri dari 110 ayat. Al-Kahfi memiliki arti penghuni-penghuni gua.

Berikut diantaranya keutamaan surat Al-Kahfi yang telah dirangkum :

1. Diterangi Cahaya

Berdasarkan hadist riwayat Ad Darimi, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda mengenai keutamaan surat Al-Kahfi. Nabi Muhammad bersabda seseorang akan diberkahi cahaya antara dia dan Kakbah.

ู…َู†ْ ู‚َุฑَุฃَ ุณُูˆุฑَุฉَ ุงู„ْูƒَู‡ْูِ ู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ุฃَุถَุงุกَ ู„َู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ู†ُّูˆุฑِ ูِูŠู…َุง ุจَูŠْู†َู‡ُ ูˆَุจَูŠْู†َ ุงู„ْุจَูŠْุชِ ุงู„ْุนَุชِูŠู‚ِ

Artinya: Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah.(Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6471)

2. Terhindar Fitnah Dajjal

Terdapat rahasia besar saat seseorang menghafal ayat 1-10 Surat Al-Kahfi. Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda' radhiyallahu 'anhu, 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

 ู…َู†ْ ุญَูِุธَ ุนَุดْุฑَ ุขูŠَุงุชٍ ู…ِู†ْ ุฃَูˆَّู„ِ ุณُูˆุฑَุฉِ ุงู„ْูƒَู‡ْูِ ุนُุตِู…َ ู…ِู†َ ุงู„ุฏَّุฌَّุงู„ِ

Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).

3. Diampuni Dosa

Berdasarkan buku Kedahsyatan Membaca Alquran, keutamaan surat Al-Kahfi lainnya adalah diampuni dosa.

AbSyari'lah bin Umar radhiallahu 'anhu berkata, Nabi Shalallahu 'alaihi wassallam bersabda, 

"Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat."

4. Kisah Al-Kahfi

Rahasia Surat Al-Kahfi terdapat dalam ayatnya. Dalam surat tersebut diceritakan tentang beberapa pemuda dan anjingnya yang bersembunyi di gua. 

Hal itu dilakukan guna menghindari kekejaman dari penguasa yang berideologi matrealisme dan memaksa untuk kafir kepada Allah.

5. Pengingat Hari Kiamat

Keutamaan Surat Al-Kahfi yang lain sebagai pengingat terhadap hari kiamat. Hal itu tertulis dalam Quran Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi 

"Dan (ingat lah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau melihat bumi rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.

Demikian keutamaan yang terdapat dalam Surat Al-Kahfi, jangan lupa untuk membaca keutamaan Surat Al-Kahfi di hari ini ya! Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita Aamiin

0 Response to "Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak