Seorang Mukmin Tidak Akan Melakukan Kesalahan yang Sama

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan sallam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu dirahmati-Nya

Al-Insan mahallul khata’ wan nisyan. Demikianlah kata pepatah Arab yang artinya manusia itu tempat salah dan lupa. Namun, meskipun begitu manusia hendaknya belajar dari setiap kesalahan yang telah ia perbuat. Setidaknya ia akan mengambil hikmahnya, sehingga ia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Hal ini pun telah diajarkan oleh Nabi saw. di dalam hadis sebagai berikut.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  لاَ يُلْدَغُ الْمُؤْمِنُ مِنْ جُحْرٍ وَاحِدٍ مَرَّتَيْنِ . رواه البخاري.

Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi shalallahu 'alaihi wassallam beliau bersabda: “Seorang mukmin itu tidak akan terperosok ke dalam lubang yang sama dua kali.” (HR. Al-Bukhari).

Hadis tersebut juga diriwayatkan oleh imam Muslim di dalam kitab shahihnya, serta imam Abu Daud dan imam Ibnu Majah di dalam kitab sunannya. Menurut imam Al-Khattabi di dalam kitab Ma’alimus Sunan pengertian hadis tersebut ada dua.

1. Jika hadist diatas tersebut menggunakan kata la yuldaghu (tidak akan terperosok), maka artinya adalah seorang mukmin yang terpuji adalah yang cerdas untuk tidak melakukan kesalahan lagi, ia tidak tertipu kedua kalinya.

2. Jika menggunakan kata la yuldaghil mukmin dengan bentuk larangan (jangan terperosok), maka artinya sabda Nabi shalallahu 'alaihi wassallam tesebut adalah janganlah seorang mukmin tertipu dan melakukan kesalahan yang sama. Hendaklah ia waspada untuk tidak melakukan hal yang dilarang dan tercela.

Dengan demikian, maka berdasarkan hadis tersebut menunjukkan bahwa seorang mukmin yang cerdas adalah dia yang mau belajar dari kesalahan yang pernah ia lakukan. 

Sehingga ia selalu waspada dan hati-hati untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Apalagi kesalahan yang berbeda, yang lebih parah atau ringan dari pada kesalahan yang pertama. 

0 Response to " Seorang Mukmin Tidak Akan Melakukan Kesalahan yang Sama"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak