Cara Membuat Scroll Bar(kotak teks gulir) Di Postingan Blog

Scroll bar merupakan sebuah alat kontrol yang berfungsi untuk menggulung/menggulir bagian dari dokumen atau file yang terlalu panjang. 

Scroll bar berguna untuk menghemat ruang saat menempatkan sebuah script yang panjang didalam postingan blog sehingga postingan terlihat rapih dan teratur.

Bagi Anda yang ingin menempatkan sebuah script yang panjang kedalam artikel blog, maka Anda dapat menempatkannya didalam berbagai jenis scrol bar. 

Berikut ini cara membuat scroll bar di postingan blog :

1, Login ke blog Anda >Buat postingan Baru
2. Pada saat membuat artikel ( Buat entry baru), ubah mode "Compose"(Tampilan Menulis) ke mode "HTML(tampilan HTML)".(letaknya ada di kiri atas yang berlogo pensil)
3. Lalu Anda Copy kode-kode dibawah ini, pastekan ke area entry mode HTML.

1. Kode Scroll Bar Vertical :
<div style="background-color: #fefefe; border: 1px #dddddd double; height: 60px; overflow: auto; padding: 10px; text-align: left; width: auto;">Tempat Tulisan Anda</div>

 2. Kode Scroll Bar Horizontal:

<div style="background-color: #fefefe; border:1px#dddddd double;width:auto ;height:60px;overflow-y:hidden;overflow-x:scroll;"> <p style="width:2500%;"> Tempat Tulisan Anda</p></div>


3. Kode Scroll Bar Vertical dan Horizontal:

<div style="background-color: #fefefe; border:1px #dddddd double;width:auto;height:60px;overflow-y:scroll;overflow-x:scroll;"> <p style="width:2500%;">

  Tempat Tulisan Anda 

</p>

</div>


Catatan: 
  1. Tulisan berwarna Biru adalah kode warna, ganti sesuai keinginan Anda. 
  2. height:60px adalah tinggi kolom scroll bar, ganti sesuai keinginan Anda.
  3. "Tempat Tulisan Anda" adalah untuk meletakan tulisan atau script Anda. 
Demikian Cara Membuat Scroll Bar Di Postingan Blog bisa anda praktekan di blog anda. Dengan scroll bar maka tulisan yang panjang dapat dipersingkat, sehingga artikel Anda akan terlihat lebih rapih. Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda.

0 Response to "Cara Membuat Scroll Bar(kotak teks gulir) Di Postingan Blog"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak