Kebenaran Al-Quran Dan Hadist Dalam Bidang Kesehatan

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam keluarga sahabat dan para pengikutnya yang setia dan istiqamah

Dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan hubungan antara kebenaran Al-Quran dan Hadist yang dibuktikan dengan dalil-dalil dengan segala hal yang berkenaan dengan bidang kesehatan.

Al-Qur’an merupakan wahyu yang didalamnya terdapat ketentuanketentuan Allah subhanahu wata'ala yang bersifat absolut berupa kebenaran-kebenaran Qur’ani dan kebenaran kauniyah. 

Kebenaran dalam Al-Quran itu dapat didekati manusia melalui pendalaman secara kontinue dengan menggunakan sunnah Rasulullah atau yang disebut dengan hadist.

Agama Islam bisa dikatakan sebagai satu-satunya agama yang mengatur tentang kedokteran, pengobatan dan kesehatan. 

Ini bisa di buktikan dengan banyaknya ayat-ayat dalam Al-Quran maupun hadist Nabi yang menjelaskan mengenai hal ini. 

Salah satu contoh Keterkaitan kebenaran Al-Qur’an dan hadist dalam bidang kesehatan adalah perhatian Islam tentang tata cara makan.

Terlalu hemat dan terlalu rakus merupakan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam. 

Menurut ilmu kedokteran, Terlalu banyak makan akan menyebabkan gangguan pencernaan, makanan menjadi masam, infeksi pada usus besar dan usus dua belas jari.

Maka Islam datang untuk memerangi kebiasaan ini. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wata'ala:

ูŠٰุจَู†ِูŠْٓ ุงٰุฏَู…َ ุฎُุฐُูˆْุง ุฒِูŠْู†َุชَูƒُู…ْ ุนِู†ْุฏَ ูƒُู„ِّ ู…َุณْุฌِุฏٍ ูˆَّูƒُู„ُูˆْุง ูˆَุงุดْุฑَุจُูˆْุง ูˆَู„َุง ุชُุณْุฑِูُูˆْุงۚ ุงِู†َّู‡ٗ ู„َุง ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْู…ُุณْุฑِูِูŠْู†َ 

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”. (Q.S. Al-A’raf: 31)

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam juga menganjurkan kepada kaum muslimin untuk mengurangi makan sampai batas yang lazim bagi kebutuhan jasmani.

Beliau bersabda:

ู…َุง ู…َู„ุฃَ ุขุฏَู…ِูŠٌّ ูˆِุนَุงุกً ุดَุฑًّุง ู…ِู†ْ ุจَุทْู†ٍ ، ุจِุญَุณْุจِ ุงุจْู†ِ ุขุฏَู…َ ู„ُู‚َูŠْู…َุงุช ูŠُู‚ِู…ْู†َ ุตُู„ْุจَู‡ُ ، ูَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ู„ุง ู…َุญَุงู„َุฉَ ، ูَุซُู„ُุซٌ ู„ِุทَุนَุงู…ِู‡ِ ، ูˆَุซُู„ُุซٌ ู„ِุดَุฑَุงุจِู‡ِ ، ูˆَุซُู„ُุซٌ ู„ِู†َูَุณِู‡ِ 

“Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggungnya, kalau ia terpaksa harus melakukan (lebih dari itu) maka sepertiga untuk makannya, sepertiga untuk minumnya dan sepertiga untuk napasnya”.(HR. Tirmizi, dan Ibnu Majah)

Ayat dari surah Al-A’raf tadi membicarakan fakta ilmiah dalam bidang kesehatan yang kemudian diperjelas dengan sabda Rosulullah Shallallahu 'alaihi wassallam. 

Perhatian Islam terhadap kesehatan lingkungan juga terdapat keterkaitan kebenarannya. Ini terbukti, Dalam surat kedua yang diturunkan adalah panggilan kepada kebersihan. 

Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wata'ala:

ูˆَุซِูŠَุงุจَูƒَ ูَุทَู‡ِّุฑۡ

“Dan pakaianmu bersihkanlah” (Q.S. Al-Mudatsir: 4)

Dalam hadist nabi telah jelas menjadikan kebersihan sebagai akidah yang kokoh, bukan hanya ketakutan akan penyakit. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

ุงู„ู†َّุธَุงูَุฉُ ู…ِู†َ ุงู„ْุฅูŠْู…َุงู†ِ

“Kebersihan merupakan sebagian dari iman”.(HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Dari sini telah jelas bahwa terdapat Keterkaitan yang sangat kuat antara kebenaran Al-Qur’an dan hadist dalam bidang kesehatan.

Bukti-Bukti Ilmiah Kebenaran Al-Quran dalam Bidang Kesehatan Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan dunia modern, kehidupan dan pemikiran manusia semakin mengutamakan aspek materiil dan ilmu. 

Pola pikir manusia cenderung tidak menerima suatu teori sebelum melalui proses eksperimen laboratorium dan perhitungan matematis. 

Hal ini menuntut para ahli dan sarjana muslim mendalami fakta-fakta dan ajaran metafisis untuk mengetahui pengaruhnya terhadap fungsi kelenjar-kelenjar tubuh dan otak.

Diantara obyek penelitian adalah buah sebagai makan pembuka. Menurut para ahli, sebelum makan, seseorang sebaiknya memulai dengan makanan lunak dan mudah dicerna. 

Seperti buah-buahan untuk mempersiapkan kelenjar mulut mengeluarkan cairan peptikum (saliva amilase) atau kelenjar di perut dan duodenum yang berfungsi secara bertahap dalam mencerna makanan. Setelah beberapa menit barulah mulai makan hidangan utama. 

Hal ini sesuai dengan firman Allah: 

ูˆَูَุงูƒِู‡َุฉٍ ู…ِู…َّุง ูŠَุชَุฎَูŠَّุฑُูˆู†َ (ูขู ) ูˆَู„َุญْู…ِ ุทَูŠْุฑٍ ู…ِู…َّุง ูŠَุดْุชَู‡ُูˆู†َ (ูขูก) 

Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (QS Al-Waqiah:20-21)

Obyek penelitian ilmiah yang lainnya adalah tentang khamar dalam Islam. Islam adalah satu-satunya agama yang tegas melarang khamar, karena khamar adalah benda yang memabukkan. 

Ketika Umar ra memohon kepada Allah: “Ya Allah terangkanlah khamar kepada kami dengan penjelasan yang tegas”, maka turunlah ayat tentang khamar dalam al-Qur’an.

Firman Allah Subhanhu wata'ala :

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุฅِู†َّู…َุง ุงู„ْุฎَู…ْุฑُ ูˆَุงู„ْู…َูŠْุณِุฑُ ูˆَุงู„ْุฃَู†ْุตَุงุจُ ูˆَุงู„ْุฃَุฒْู„َุงู…ُ ุฑِุฌْุณٌ ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ِ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูَุงุฌْุชَู†ِุจُูˆู‡ُ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆู†َ (ูฉู ) ุฅِู†َّู…َุง ูŠُุฑِูŠุฏُ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ُ ุฃَู†ْ ูŠُูˆู‚ِุนَ ุจَูŠْู†َูƒُู…ُ ุงู„ْุนَุฏَุงูˆَุฉَ ูˆَุงู„ْุจَุบْุถَุงุกَ ูِูŠ ุงู„ْุฎَู…ْุฑِ ูˆَุงู„ْู…َูŠْุณِุฑِ ูˆَูŠَุตُุฏَّูƒُู…ْ ุนَู†ْ ุฐِูƒْุฑِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุนَู†ِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ۖ ูَู‡َู„ْ ุฃَู†ْุชُู…ْ ู…ُู†ْุชَู‡ُูˆู†َ (ูฉูก) 

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatanperbuatan itu agar kamu mendapatkan keberuntungan. 

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang, maka berhentilah kamu dari mengerjakan perbuatan itu”. (Q.S. Al- Maidah: 90-91)

Berdasarkan penelitian medis, khamar bisa berpengaruh pada manusia dengan dua faktor. Pertama, kadar kimia alkohol dan masuknya dalam cairan darah. Kedua, kepekaan urat syaraf. 

Kecanduan khamar dalam jangka waktu yang lama akan menghancurkan kepribadian seseorang. Selain itu Alkohol dalam khamar mempengaruhi aktifitas tubuh kita. 

Hal ini membuktikan kebenaran firman Allah :

ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุง ู„َุง ุชَู‚ْุฑَุจُูˆุง ุงู„ุตَّู„ٰูˆุฉَ ูˆَุงَู†ْุชُู…ْ ุณُูƒَุงุฑٰู‰ ุญَุชّٰู‰ ุชَุนْู„َู…ُูˆْุง ู…َุง ุชَู‚ُูˆْู„ُูˆْู†َ ูˆَู„َุง ุฌُู†ُุจًุง ุงِู„َّุง ุนَุงุจِุฑِูŠْ ุณَุจِูŠْู„ٍ ุญَุชّٰู‰ ุชَุบْุชَุณِู„ُูˆْุง ูۗˆَุงِู†ْ ูƒُู†ْุชُู…ْ ู…َّุฑْุถٰูٓ‰ ุงَูˆْ ุนَู„ٰู‰ ุณَูَุฑٍ ุงَูˆْ ุฌَุงุۤกَ ุงَุญَุฏٌ ู…ِّู†ْูƒُู…ْ ู…ِّู†َ ุงู„ْุบَุงูۤ‰ِุٕทِ ุงَูˆْ ู„ٰู…َุณْุชُู…ُ ุงู„ู†ِّุณَุงุۤกَ ูَู„َู…ْ ุชَุฌِุฏُูˆْุง ู…َุงุۤกً ูَุชَูŠَู…َّู…ُูˆْุง ุตَุนِูŠْุฏًุง ุทَูŠِّุจًุง ูَุงู…ْุณَุญُูˆْุง ุจِูˆُุฌُูˆْู‡ِูƒُู…ْ ูˆَุงَูŠْุฏِูŠْูƒُู…ْ ۗ ุงِู†َّ ุงู„ู„ّٰู‡َ ูƒَุงู†َ ุนَูُูˆًّุง ุบَูُูˆْุฑًุง

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat sedangkan kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun”.(Q.S. An- Nisa: 43)

Bukti kebenaran Al-Qur’an lainnya yaitu tentang pembungkusan tulang oleh otot. Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan tahap-tahap pembentukan manusia dalam rahim ibu. 

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wata'ala:

ุซُู…َّ ุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ู†ُّุทْูَุฉَ ุนَู„َู‚َุฉً ูَุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ْุนَู„َู‚َุฉَ ู…ُุถْุบَุฉً ูَุฎَู„َู‚ْู†َุง ุงู„ْู…ُุถْุบَุฉَ ุนِุธٰู…ًุง ูَูƒَุณَูˆْู†َุง ุงู„ْุนِุธٰู…َ ู„َุญْู…ًุง ุซُู…َّ ุงَู†ْุดَุฃْู†ٰู‡ُ ุฎَู„ْู‚ًุง ุงٰุฎَุฑَۗ ูَุชَุจَุงุฑَูƒَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุงَุญْุณَู†ُ ุงู„ْุฎَุงู„ِู‚ِูŠْู†َۗ

“Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik” (QS. Al-Mu’minuun: 14)

Para ahli embriologi beranggapan bahwa tulang dan otot dalam embrio terbentuk secara bersamaan. Sehingga banyak orang yang menyatakan bahwa ayat ini bertentangan dengan ilmu kedokteran.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, barulah penelitian embrio ini dilakukan. Sebuah penelitian canggih dengan mikroskop mengungkap bahwa isi dari surah Al-Mukminun ayat 14 sangat benar.

Dimulai dari mengerasnya jaringan tulang rawan embrio, kemudian sel-sel otot yang terpilih dari jaringan di tulang bergabung dan membungkus tulang-tulang itu.

Pada pengobatan alamiah, madu dipilih sebagai bahan pengobatan yang efektif terhadap sejumlah penyakit. Hal ini merupakan bukti kebenaran al-Qur’an. 

Firman Allah Subhanahu wata'ala:

ุซُู…َّ ูƒُู„ِูŠْ ู…ِู†ْ ูƒُู„ِّ ุงู„ุซَّู…َุฑٰุชِ ูَุงุณْู„ُูƒِูŠْ ุณُุจُู„َ ุฑَุจِّูƒِ ุฐُู„ُู„ًุงۗ ูŠَุฎْุฑُุฌُ ู…ِู†ْ ุจُุทُูˆْู†ِู‡َุง ุดَุฑَุงุจٌ ู…ُّุฎْุชَู„ِูٌ ุงَู„ْูˆَุงู†ُู‡ٗ ูۖِูŠْู‡ِ ุดِูَุงุۤกٌ ู„ِّู„ู†َّุงุณِۗ ุงِู†َّ ูِูŠْ ุฐٰู„ِูƒَ ู„َุงٰูŠَุฉً ู„ِّู‚َูˆْู…ٍ ูŠَّุชَูَูƒَّุฑُูˆْู†َ

Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah)bagi orang-orang yang memikirkan”. (Q.S. AnNahl: 69)

Menurut para Ilmuwan, madu merupakan gizi terpenting untuk mengobati penyakit. Diantaranya adalah:

  • Menyembuhkan luka terbakar dan bernanah
  • Mengatasi Kurang darah dan lemah tubuh pada anak
  • Menyembuhkan Infeksi tenggorokan
  • Obat Liver, kedinginan dan bengek
  • Menenangkan saraf dan obat tidur
  • Menghilangkan racun alkohol
  • Memperhalus dan memperindah kulit
  • Perkembangan pada masa pertumbuhan anak
Hasil penelitian terakhir yang dikeluarkan dari Universitas Moskow, menyatakan madu ternyata juga mengandung logam alumunium, boron, krom, tembaga, timbal, titanium, seng, asam organik, asetilkolin, hormon, antibiotik, zat antiracun serta zat antikanker.

Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Sementara kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan mahanan lainnya.

Penelitian ini juga menyebutkan madu diyakini dapat menyembuhkan tukak lambung (maag), radang usus, serta kesulitan buang air besar (sembelit). Jadi sangat baik memang untuk mengkonsumsi madu dalam keseharian kita.

Pesan utama dari kehadiran AlQur'an dan sunah nabi, yang menjadi pondasi utama ajaran Islam, adalah raฤฅmatan lil-‘ฤlamฤซn, rahmat bagi seluruh alam. 

Bila seorang ilmuwan berpegang teguh pada dua pedoman ini maka sudah pasti teknologi yang dikembangkannya berguna bagi semesta alam. Termasuk dalam bidang kesehatan. Terima kasih atas kunjunganya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

0 Response to "Kebenaran Al-Quran Dan Hadist Dalam Bidang Kesehatan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak