Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan yang suci, bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan yang sangat dirindukan dan dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat islam di dunia. 

Karena bulan Ramadhan mempunyai banyak hikmah dan keutamaan yang telah Allah Subhanahu wata'ala janjikan kepada hamba-Nya.

Dengan datangnya bulan Ramadhan tentunya kita sebagai umat Islam menyambut bulan ini dengan penuh suka cita dan yang paling penting adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan meningkatkan amal ibadah lebih dari hari-hari biasanya disertai dengan kegiatan keagamaan lainnya, mengingat bulan ramadhan mempunyai banyak hikmah dan keutamaan didalamnya.

Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim alangkah baiknya menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh rasa syukur dan berdoa kepada Allah Subhanahu wata'ala karena kita masih diberi umur panjang. 

Sehingga kita masih bisa bertemu dengan bulan ramadhan untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amal ibadah. 

Untuk doa menyambut bulan suci ramadhan beserta tulisan latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

 اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya'baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."

Doa menyambut bulan suci ramadhan diatas dibaca sejak bulan Rajab, diambil dari hadist riwayat Ahmad Nomor 2346 dan 2387, Selain membaca doa diatas kita juga bisa membaca doa dibawah ini.

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Latha-if al-Ma'arif, 148)

Perlu diketahui sebenarnya tidak ada doa khusus untuk menyambut bulan Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassallam maupun para sahabat, akan tetapi para sahabat dan para ulama setelahnya menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Mereka mengungkapkannya dengan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan. Semoga bacaan doa menyambut bulan Ramadhan lengkap beserta terjemahnya diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Lafadz doa setelah tadarus Al-Quran adalah sebagai berikut;

اللَّهُمَّ عَلِّمْنَا مِنَ اْلقُرْأَنِ مَا جَهِلْنَا وذَكِّرْنا مِنْهُ مَا نَسِيْنا وَارْزُقْنِا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ اللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ اْلاَعْظَمِ وَبِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ أَوْ اَعْطَيْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْوبنا وَنُوْرَ صُدُوْرِنا وَجَلاَءَ اَحْزَانِنَا وَهُمُوْمِنَا اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ لَنَا اِمَامًا وَرَحْمَةً وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin:
Allohumma ‘allimnaa maa jahilnaa wa dzakkirnaa minhu maa nasiinaa warzuqnaa tilaawatahuu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. Alloohumma innaa nas-aluka bismikal a’zhomi wa bikullismin huwa laka sammaita bihii nafsaka aw anzaltahuu fii kitaabika aw a’thoitahuu ahadan min kholqika aw ista’tsarta bihii fii ‘ilmil ghaibi ‘indaka an taj’alal qur-aana robii’a quluubinaa wa nuuro shuduurina wa jalaa-a ahzaaninaa wa humuuminaa. Alloohummaj’alhu lanaa imaaman wa rohmah. Wa shollallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa sallam.

Artinya:
Ya Allah, ajarlah kami dari ayat-ayat Al-Quran apa yang belum kami ketahui, ingatkanlah kami menyangkut kitab suci-Mu apa yang kami lupakan dan anugerahilah kami kemampuan membaca dan menelaahnya pada malam dan siang hari.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengen nama-Mu yang termulia dan dengan semua nama yang Engkau cantumkan dalam kitab-Mu atau yang Engkau sampaikan pada salah seorang dari hamba-Mu atau rahasiakan dalam diri-Mu, agar Engkau menjadikan Al-Quran penyejuk hati kami, cahaya mata kami, penyingkap kesedihan dan keresahan kami. Ya Allah, jadikanlah Al-Quran sebagai imam kami dan sebagai rahmat pada kami.

Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, juga kelurga dan para sahabatnya, juga semoga Dia memberikan keselamatan.

0 Response to " Doa Menyambut Bulan Ramadhan "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak