Cara Mengetahui Jenis GPU Semua Tipe HP Android

CPU-Z adalah aplikasi gratis yang melaporkan informasi tentang perangkat Anda.

  • SoC (System On Chip) nama, arsitektur, kecepatan clock untuk setiap inti
  • Sistem informasi: perangkat merek & model resolusi layar, RAM, penyimpanan .
  • Informasi baterai: tingkat, status, suhu, kapasitas
  • Sensor.

Persyaratan:

  • Android 2.2 dan di atas (versi 1,03 dan +)

Perizinan:

  • Izin INTERNET diperlukan untuk validasi secara online (lihat catatan di bawah untuk rincian lebih lanjut tentang proses validasi)
  • ACCESS_NETWORK_STATE untuk statistik.

Catatan:
Online Validasi (versi 1.04 dan +)
Validasi memungkinkan untuk menyimpan spesifikasi hardware dari perangkat Android Anda dalam database. 

Setelah validasi, program membuka URL validasi Anda ke dalam browser internet Anda saat ini. Jika Anda memasukkan alamat e-mail Anda (opsional), e-mail dengan link validasi Anda akan dikirim kepada Anda sebagai pengingat.

Layar pengaturan dan debug (versi 1,03 dan +)

Jika CPU-Z menutup normal (dalam kasus bug), layar pengaturan akan muncul di jangka berikutnya. Anda dapat menggunakan layar yang menghapus fitur deteksi utama dari aplikasi, dan membuatnya berjalan.

Dijaman yang semakin modern seperti sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan adanya Handphone Android atau Smartphone, bahkan anak-anak jaman sekarang rasanya hampa jika sehari tidak memegang smartphone. 

Jadi, HP android sudah seperti menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia jaman sekarang. Smartphone memiliki beberapa kompunen seperti CPU, GPU, RAM dan lain sebagainya.

Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa disebut juga Visual Processing Unit (VPU) adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mengolah grafis ketika membuka/menjalankan aplikasi. 

GPU sebenarnya hampir sama dengan CPU (Central Processing Unit), namun bedanya GPU memiliki ribuan cores. 

Jadi, GPU ini sangat penting untuk kinerja Smartphone Android terutama dalam menjalankan suatu Game/Aplikasi yang memiliki tingkat grafis yang tinggi. 

Ada beberapa jenis GPU Smartphone, seperti Adreno, Mali, PowerVR, Tegra, VideoCore Broadcome dan lain sebagainya. Untuk GPU Android Terbaik saat ini adalah Qualcomm Adreno 530.

Dalam mendownload Aplikasi/Game terkadang kita dihadapkan dengan pilihan beberapa GPU. 

Jika anda asal download Game di internet tanpa memperhatikan jenis GPU Smartphone, bisa jadi saat anda menjalankan game tersebut yang muncul hanyalah layar hitam (blank) dan suara dari game tersebut jika ternyata data game tersebut tidak cocok dengan GPU android nya. 

Jadi, daripada anda membuang waktu dan kuota akibat dari salah download game, lebih baik kita mengetahui jenis GPU Smartphone kita terlebih dahulu.

Sebelumnya, siapkan dulu alat-alatnya. Yaitu :

  1. Handphone Android (Wajib)
  2. Kuota Internet

Jika anda sudah punya kuota internet, silahkan download aplikasi CPU-Z di Play Store atau langsung dari situs resminya CPUID lalu instal.

Jika semua sudah siap, yuk kita menuju ke tutorialnya.

1. Buka Aplikasi CPU-Z

Setelah sobat mendownload aplikasi CPU-Z dan menginstalnya, silahkan buka aplikasi tersebut. Dengan aplikasi CPU-Z ini sobat akan menemukan detail spesifikasi android milik sobat.

2. Lihat Pada Menu SOC

Lalu untuk mengetahui jenis GPU milik anda, silahkan menuju ke halaman/menu SOC. Nah, dimenu ini anda dapat mengetahui jenis GPU yang tertanam di handphone android milik anda.

Misalnya di Handphone tertanam GPU Adreno (TM)330. Bagaimana dengan Handphone milik anda? 

Atau mungkin Handphone milik anda tertanam GPU Android Terbaik saat ini? Jadi, silahkan anda praktekan dan mari berbagi jenis GPU milik anda dikomentar.

Demikian Cara Mengetahui Jenis GPU Semua Tipe HP Android. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya

0 Response to "Cara Mengetahui Jenis GPU Semua Tipe HP Android"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak