Keutamaan Menuntut Ilmu

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas junjungan kita Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Diwajibkan untuk menuntut ilmu itu karena setiap hal itu dilakukan dengan ilmu. Shalat, puasa, zakat, dan ibadah lainnya, semuanya menggunakan ilmu untuk pengamalannya.­ Ilmu merupakan syarat sah ibadah dan amalan. Misal, untuk shalat kita memerlukan ilmu, kita harus mengetahui niat, dan rukun-rukunnya.

ilmu adalah syarat sah ucapan dan perbuatan. Ucapan dan perbuatan tidak akan dinilai kecuali dengan ilmu. Oleh sebab itu, ilmu didahulukan sebelum ucapan dan perbuatan. Karena ilmu yang akan men-sahkan niat, dan niat adalah yang men-sahkan amal.

Berikut keutamaan menuntut ilmu

1. Allah Subhanahu wata'ala. akan mengangkat derajat kedudukan orang berilmu

Allah Subhanahu wata'ala memerintahkan manusia untuk mencari ilmu sejak dia lahir sampai dia meninggal dunia. 

Ilmu hukumnya wajib untuk dicari dan dipelajari oleh manusia terutama umat Islam. Orang-orang yang mampu melakukan itu denga baik, niscaya akan diberikan balasan berupa kedudukan yang mulia dari AllahSubhanahu wata'ala Sebagaimana firman Allah :

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Artinya : Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S. al-Mujadalah : 11)

2. Dijadikan hamba yang dirindukan Allah Subhanahu wata'ala

Allah mencintai orang-orang yang suka menuntut ilmu. Merekalah yang sangat dirindukan kehadirannya oleh Allah, dan mereka pulalah yang selalu membenarkan ajaran-ajaran Allah dan Rasul-Nya. Sebagaimana firman allah Subhanahu wata'ala

ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُخْزِيهِمْ وَيَقُولُ أَيْنَ شُرَكَائِيَ الَّذِينَ كُنْتُمْ تُشَاقُّونَ فِيهِمْ ۚ قَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ إِنَّ الْخِزْيَ الْيَوْمَ وَالسُّوءَ عَلَى الْكَافِرِينَ

Artinya : Kemudian Allah menghinakan mereka di hari kiamat, dan berfirman: "Di manakah sekutu-sekutu-Ku itu (yang karena membelanya) kamu selalu memusuhi mereka (nabi-nabi dan orang-orang mukmin)?" Berkatalah orang-orang yang telah diberi ilmu: "Sesungguhnya kehinaan dan azab hari ini ditimpakan atas orang-orang yang kafir",(Q.S. an-Nahl ayat 27)

3. Memiliki keutamaan diatas ahli ibadah

Dari Abu Umamah radhiyallahu'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

فَضْلُ العَالِمِ عَلَى العَابِدِ كَفَضْلِي عَلَى أَدْنَاكُمْ

“Keutamaan orang berilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah dari kalian.” (HR. Tirmidzi)

Dalam riwayat lain disebutkan, “Keutamaan orang berilmu atas orang ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan pada malam purnama atas seluruh bintang-bintang.” (Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban, dan itu sepotong dari hadits Abu Darda’)

4. Dimasukkan ke Surga Allah Subhanahu wata'ala

Orang yang berilmu niscaya akan diberi balasan-balasan yang baik dari Allah Swt. Termasuk pahala, rahmat dan surga-Nya.

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ.

Artinya : Rasulullah Saw. bersabda "Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah mudahkan baginya jalan menuju Surga.” (HR. Muslim).

asulullah bersabda : “Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah di antara kalian.” Setelah itu beliau melanjutkan, “Sesungguhnya Allah, para malaikat, para penduduk langit dan bumi, bahkan semut di lubangnya, dan para ikan mendoakan pengajar kebaikan pada manusia.” (HR. Tirmidzi). 

Imam Al-Ghazali berkata, “Semua manusia itu celaka, kecuali orang berilmu, semua orang berilmu itu celaka kecuali orang yang beramal. Dan semua orang beramal akan celaka kecuali orang yang ikhlas. Dan orang yang Ikhlas akan selalu dibayangi  bahaya yang besar.” Itulah artikel mengenai Keutamaan belajar dan mengajar (Menuntut Ilmu).

0 Response to "Keutamaan Menuntut Ilmu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak