Maznfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah

Di Bulan Ramadhan, Umat Muslim akan menunaikan ibadah puasa. Puasa ternyata juga dikenal bukan hanya umat muslim saja.

Beberapa pakar kesehatan dan komunitas kesehatan juga meyakini, puasa memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Berikut ini manfaat puasa yang mungkin belum kamu ketahui:

1. Turunkan berat badan

Berpuasa bisa jadi cara aman untuk turunkan berat badan. Banyak riset yang menunjukkan puasa intermiten (puasa yang dilakukan secara berkala) dapat membuat tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif dari diet biasa.

Puasa sangat memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula.

Bahkan, kini banyak atlet yang menggunakan puasa sebagai sarana untuk mengurangi lemak tubuh ketika menghadapi kompetisi.

2. Tingkatkan sensivitas insulin

Puasa terbukti memiliki efek positif pasa sensitivitas insulin. Hal tersebut memungkinkan tubuh untuk mentoleransi gula (karbohidrat) lebih baik.

Sebuah penelitian menyebutkan, setelah periode berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam "menginfokan" sel untuk membawa glukosa dari darah.

3. Meningkatkan metabolisme

Berpuasa membuah sistem pencernaan beristirahat. Hal tersebut dapat memberikan energi pada metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Jika sistem pencernaan buruk, maka kondisi itu dapat memengaruhi kemampuan untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak.

Puasa pun dapat mengatur pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat. Dengan pencernaan yang sehat, metabolisme tubuh juga akan meningkat.

4. Mengatur hormon rasa lapar

Jika ada pertanyaan, bisakah kita benar-benar mengalami rasa lapar jika kita makan setiap 3-4 jam?Jawabannya tentu saja tidak bisa.

Bahkan, untuk mengalami rasa kelaparan yang sebenarnya, tubuh kita harus membutuhkan waktu 12-24 jam. Puasa dapat membantu mengatur hormon dalam tubuh sehingga kita benar-benar merasa lapar.

Mereka yang memiliki berat badan lebih tidak menerima sinyal yang tepat tentang rasa lapar. Hal tersebut terjadi karena mereka memiliki pola makan yang berlebihan.

Semakin lama kita berpuasa, semakin banyak tubuh kita dapat mengatur dirinya sendiri untuk melepaskan hormon yang tepat. Dengan cara ini, kita mampu merasakan rasa lapar yang sebenarnya.

5. Memperbaiki pola makan

Puasa sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan. Dengan berpuasa, mereka yang mempunyai pola makan tidak teratur akan mulai mengatur pola makannya.

Bagi siapa saja yang ingin mencegah nafsu makan berlebihan, kamu dapat menetapkan waktu di mana kita dapat mengonsuimsi sejumlah harian kalori dalam satu kali waktu. Setelah itu, kita harus menahan nafsu makan sampai hari berikutnya.

6. Tingkatkan fungsi otak

Puasa telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, karena meningkatkan produksi protein yang disebun brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

BDNF mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru dan memicu banyak bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf.

Protein tersebut juga melindungi sel-sel otak kita dari perubahan terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

7. Tingkatkan sistem imun

Puasa dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan berpuasa, tubuh dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh, dan mencegah pembentukan sel kanker.

8. Membantu mencegah kanker 

Selanjutnya, manfaat puasa adalah dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan kanker. 

Salah satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat membantu memblokir pembentukan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pengobatan kanker.

9. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) adalah sejenis protein yang memiliki peran penting bagi banyak aspek kesehatan. Hormon ini menunjang pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot. 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH.

Selain itu, puasa dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin secara stabil sehingga dapat mengoptimalkan kadar HGH.  

10. Detoksifikasi tubuh

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

Demikian manfaat puasa di bulan Ramadan bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum anda ketahui  terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Maznfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak