Mencegah batu ginjal dengan Bahan Alami

Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang. Fungsi ginjal sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup.

Oleh karena itu Ginjal merupakan organ tubuh yang harus dijaga dan dirawat. Biasanya penyakit yang menyertai ginjal yang sering di keluhkan yakni batu ginjal.

Batu ginjal dapat terjadi akibat adanya pengkristalan mineral dan garam sehingga menjadi keras atau membatu di dalam ginjal.Saat kondisi ini terjadi semakin parah, maka seseorang akan merasakan sakitan saat buang air kecil.

Dimana rasa sakit yang muncul seperti ada batu dalam saluran kecingnya.  Batu ginjal yang bertahan di ginjal umumnya tidak menimbulkan gejala penyakit. 

Batu ginjal yang dapat mencapai kandung kencing umumnya dapat keluar dari tubuh lewat urine.Akan tetapi jika batu ginjal bersarang atau tersangkut di ureter, endapan keras berwarna cokelat atau kekuningan ini bisa menghalangi aliran urine yang menyebabkan gejala penyakit.

Karenanya penting bagi kita untuk mencegah batu ginjal ini terlalu lama bersarang di dalam ginjal di ureter.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga segala asupan makanan yang kita konsumsi. Berikut asupan yang berasal dari bahan alami yang bisa membantu mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh kita.

1. Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama batu ginjal. Minum lebih banyak air, minimal delapan gelas memastikan tubuh terhidrasi dan juga membantu mengurangi terbentuknya batu ginjal.

2. Cuka Sari Ape

Cuka sari apel mengandung asam sitrat yang membantu melarutkan batu ginjal yang mengandung banyak kalsium.

Ramuan tersebut dibuat dengan mencampurkan sedikit cuka sari apel ke dalam segelas air dan bisa diminum sebelum makan.

3.  Jus Delima

Ini adalah pengobatan rumahan lain yang cukup banyak dilakukan orang-orang. Dengan rutin minum segelas jus delima setiap hari dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Sifat astringen buah delima menjadikannya obat yang ideal.

4. Kacang Merah

Sama seperti bentuknya, kacang merah bermanfaat jika kita memiliki masalah batu ginjal. kacang merah kaya magnesium, mineral yang bisa membantu mengatasi batu ginjal.  Rebus kacang hingga empuk dan gunakan airnya. 

5. Seledri

Seledri ternyata bisa dimanfaatkan untuk membantu mengeluarkan batu ginjal. Karenanya seledri disebut sebagai makanan super dalam hal kesehatan ginjal.

Kita bisa memasukkannya ke dalam sup atau mencampurnya dengan jus. Biji seledri juga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu menghambat pembentukan batu ginjal.

6. Jus Lemon

Sitrat dikenal memiliki kemampuan untuk memecah batu ginjal yang dibuat oleh timbunan kalsium.Jus lemon memiliki kandungan sitrat yang melimpah, sehingga bisa dijadikan sebagai obat rumahan yang baik untuk batu ginjal.

Minum jus lemon dengan air hangat saat perut kosong sangat bermanfaat.Jus lemon alami lebih disukai karena versi botol memiliki lebih banyak pemanis, yang meningkatkan batu ginjal.

7. Basil

Basil memiliki asam asetat dalam jumlah tinggi, komponen lain yang membantu pemecahan batu ginjal berbasis kalsium.

Basil juga dikenal dapat menyeimbangkan asam urat. Bahkan jus basil dinilai memiliki kemampuan untuk mengeluarkan batu ginjal.

8. Perubahan Pola Makan

Pola makan yang tinggi makanan olahan, kola, dan minuman berenergi dapat memicu munculnya batu ginjal. 

Karenanya mengubah pola makan, dengan lebih condong ke makanan alami seperti konsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan ginjal. Apalagi baik buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh kita.

Gizi seimbang ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang seimbang. Pola makan ini harus meliputi sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah, serta waktu makan yang sesuai.

0 Response to "Mencegah batu ginjal dengan Bahan Alami"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak