Fitnah dan Bahayanya

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam keluarga sahabat dan para pengikutnya yang setia dan istiqamah.

Tidak sedikit, orang-orang yang menginginkan suatu hal dengan menggunakan berbagai cara, bahkan dengan mengatasnamakan agama untuk menyerang pribadi dan karakter orang yang menjadi lawannya.

Padahal, dalam Islam, umat muslim sangat amat dianjurkan untuk melakukan perbuatan baik kepada sesama manusia.

Demi kepentingan dunia/harta, terkadang manusia tergoda untuk mendapatkanya dengan melakukan perbuatan yang tidak terpuji. 

Kebiasaan manusia,terkadang gampang sekali tergoda untuk membicarakan orang lain hingga mereka memfitnahnya. 

Fitnah itu banyak ragamnya. Ia semakin banyak dan dahsyat serta terus bermunculan di akhir zaman. Dan manusia sepanjang hayatnya selalu berdampingan dengan fitnah, hanya saja ada yang bergesekan dengan fitnah dalam porsi sedikit, ada yang banyak.

Seseorang yang suka memfitnah orang lain secara tidak sadar, ia sedang mencelakai dirinya sendiri. Tanpa disadarinya, cepat atau lambat perbuatan tersebut akan dibalas oleh Allah subhanahu wata'ala. 
Di dalam surat Al-Baqarah: 217, “Fitnah lebih kejam daripada yang melakukan pembunuhan.”

Allรขh Subhanahu wata'ala memberitakan bahwa harta dan anak-anak adalah fitnah. Allรขh Subhanahu wata'ala berfirman:

 ุฅِู†َّู…َุง ุฃَู…ْูˆَุงู„ُูƒُู…ْ ูˆَุฃَูˆْู„َุงุฏُูƒُู…ْ ูِุชْู†َุฉٌ ۚ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุนِู†ْุฏَู‡ُ ุฃَุฌْุฑٌ ุนَุธِูŠู…ٌ 

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allรขh-lah pahala yang besar. (At-Taghรขbun/64:15)

Jadi, harta dan anak keturunan adalah fitnah. Barangsiapa yang lebih mendahulukan kecintaan kepada harta, anak, pada negeri, kaum keluarga, perniagaan dan kecintaan pada tempat tinggal daripada kecintaan kepada Allรขh dan Rasรปl-Nya, maka tunggulah akibat yang sangat mengenaskan. 

Allรขh Subhanahu wata'ala berfirman:

 ู‚ُู„ْ ุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ุขุจَุงุคُูƒُู…ْ ูˆَุฃَุจْู†َุงุคُูƒُู…ْ ูˆَุฅِุฎْูˆَุงู†ُูƒُู…ْ ูˆَุฃَุฒْูˆَุงุฌُูƒُู…ْ ูˆَุนَุดِูŠุฑَุชُูƒُู…ْ ูˆَุฃَู…ْูˆَุงู„ٌ ุงู‚ْุชَุฑَูْุชُู…ُูˆู‡َุง ูˆَุชِุฌَุงุฑَุฉٌ ุชَุฎْุดَูˆْู†َ ูƒَุณَุงุฏَู‡َุง ูˆَู…َุณَุงูƒِู†ُ ุชَุฑْุถَูˆْู†َู‡َุง ุฃَุญَุจَّ ุฅِู„َูŠْูƒُู…ْ ู…ِู†َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆู„ِู‡ِ ูˆَุฌِู‡َุงุฏٍ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِู‡ِ ูَุชَุฑَุจَّุตُูˆุง ุญَุชَّู‰ٰ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِุฃَู…ْุฑِู‡ِ ۗ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ู„َุง ูŠَู‡ْุฏِูŠ ุงู„ْู‚َูˆْู…َ ุงู„ْูَุงุณِู‚ِูŠู†َ 

Artinya: “Katakanlah, “jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allรขh dan Rasรปl-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allรขh mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allรขh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. (At-Taubah /9:24)

Janganlah kita dahulukan kecintaan kepada mereka di atas kecintaan kepada Allรขh Subhanahu wata'ala  dan Rasรปl-Nya. 

Jangan kita dahulukan ketaatan kepada mereka di atas ketaatan kepada Allรขh dan Rasรปl-Nya. Berhati-hatilah! Jangan sampai karena mereka kita menjadi tersibukkan (sehingga meninggalkan) hal-hal yang bisa mendekatkan kita kepada Allรขh.

Allรขh berfirman: 

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ุฅِู†َّ ู…ِู†ْ ุฃَุฒْูˆَุงุฌِูƒُู…ْ ูˆَุฃَูˆْู„َุงุฏِูƒُู…ْ ุนَุฏُูˆًّุง ู„َูƒُู…ْ ูَุงุญْุฐَุฑُูˆู‡ُู…ْ 

Artinya: “Hai orang-orang Mukmin! Sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka. (At-Taghรขbun/64:14)

Kita harus berhati-hati terhadap fitnah ujian mereka. Berhati-hati agar jangan sampai kita memihak mereka kala terjadi pertentangan antara kecintaan mereka dengan kecintaan kepada Allรขh dan Rasรปl-Nya. 

Kita harus memprioritaskan kecintaan kepada Allรขh dan Rasรปl-Nya di atas kecintaan terhadap harta dan anak. Ketika itulah Allรขh Subhanahu wata'ala akan memperbaiki harta kalian dan juga memperbaiki anak-anak kalian.

Allรขh Subhanahu wata'ala berfirman:

 ูˆَู†َุจْู„ُูˆูƒُู…ْ ุจِุงู„ุดَّุฑِّ ูˆَุงู„ْุฎَูŠْุฑِ ูِุชْู†َุฉً ۖ ูˆَุฅِู„َูŠْู†َุง ุชُุฑْุฌَุนُูˆู†َ 

Artinya: Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (Al-Anbiyรข’/21:35) 

Kebaikan dalam segala ragamnya, seperti harta, hujan, dan kesuburan dan lain sebagainya adalah fitnah yang bisa menghadang manusia, sebagaimana firman Allah di atas. 

Demikian pula ketaatan dan kemaksiatan juga fitnah. Manusia diperintahkan untuk taat dan dilarang dari perbuatan maksiat. 

Saat moment ketaatan datang, misalnya waktu shalat dan ibadah datang, di waktu yang sama datang pula saat untuk menikmati kelezatan makan, minum dan bersenang-senang atau lainnya, maka manakah yang ia dahulukan? Ini adalah cobaan dan ujian. Cobaan dan ujian dari Allรขh Subhanahu wata'ala .

Allรขh berfirman:

 ูˆَุฌَุนَู„ْู†َุง ุจَุนْุถَูƒُู…ْ ู„ِุจَุนْุถٍ ูِุชْู†َุฉً ุฃَุชَุตْุจِุฑُูˆู†َ 

Dan kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. Maukah kamu bersabar?; (Al-Furqรขn /25: 20) 

Allรขh menguji manusia sebagian mereka dengan sebagian lainnya. Seorang Mukmin diuji dengan orang kafir, begitu pula seorang Mukmin diuji dengan orang munafik. Dia menguji hamba-Nya antara sebagian dengan sebagian lainnya. 

ุฐَٰู„ِูƒَ ูˆَู„َูˆْ ูŠَุดَุงุกُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู„َุงู†ْุชَุตَุฑَ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ ูˆَู„َٰูƒِู†ْ ู„ِูŠَุจْู„ُูˆَ ุจَุนْุถَูƒُู…ْ ุจِุจَุนْุถٍ 

Artinya: Demikianlah apabila Allรขh menghendaki niscaya Allรขh akan membinasakan mereka tetapi Allรขh hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. (Muhammad / 47:4) 

Seorang Mukmin dan Muslim diuji dengan para musuhnya agar tampak jelas sikap mereka terhadap para musuh tersebut, yaitu dengan mendakwahi mereka kepada jalan Allรขh.

Dengan memerintahkan yang ma’ruf dan melarang yang mungkar dan dengan jihad, atau malah justru ia menyerah dan lebih condong untuk mencari kenyamanan?! 

Bila pilihannya adalah yang pertama yaitu dengan berdakwah, beramar ma’ruf nahi mungkar dan jihad maka ia berada dia atas kebaikan. Ia lulus dalam ujian. 

Tapi kalau ia memilih yang kedua yaitu menyerah dan cenderung memilih jalan nyaman maka kerugian yang ia dapat dan ia gagal dalam ujian. Demikian pula orang kaya diuji dengan orang fakir. 

Allรขh berfirman: 

ูˆَูƒَุฐَٰู„ِูƒَ ูَุชَู†َّุง ุจَุนْุถَู‡ُู…ْ ุจِุจَุนْุถٍ ู„ِูŠَู‚ُูˆู„ُูˆุง ุฃَู‡َٰุคُู„َุงุกِ ู…َู†َّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ู…ِู†ْ ุจَูŠْู†ِู†َุง ۗ ุฃَู„َูŠْุณَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِุฃَุนْู„َู…َ ุจِุงู„ุดَّุงูƒِุฑِูŠู†َ 

Dan demikianlah telah Kami uji sebahagian mereka (orang-orang kaya) dengan sebahagian mereka (orang-orang miskin), supaya (orang-orang yang kaya itu) berkata: “Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah Allรขh kepada mereka?” (Allรขh berfirman): “Tidakkah Allรขh lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur (kepada-Nya)?” (Al-An`รขm/6:53)

Orang-orang kafir menghina kaum fakir dari kalangan Muslimin. Mereka berkata, ‘Apakah mereka ini adalah orang-orang yang telah Allรขh beri anugerah di antara kita?’ 

Mereka adalah orang-orang fakir, tidak punya apa-apa. Bagaimana bisa mereka ini berada di atas petunjuk sedangkan kami berada di atas kesesatan?! Sementara kami ini para pemiliki harta dan dunia. 

Kami ini adalah orang-orang yang memegang kepemimpinan dan mempunyai ide serta pikiran cemerlang. Kami ini adalah para ahlul halli wal aqd (para pemegang keputusan dalam urusan kelembagaan dan pemerintahan). 

Sedangkan mereka adalah orang-orang fakir miskin. Namun kendati demikian, mereka justru mendakwakan diri lebih baik daripada kami.

Fitnah dapat diartikan dengan suatu perkataan bohong/dusta/palsu/ tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang lain. Kata fitnah berasal dari serapan bahasa Arab (ุงู„ูِุชْู†َุฉُ) yang bermakna ujian dan cobaan.

Di dalam Al-Qur’an dan hadist sendiri ada banyak makna tentang fitnah, seperti fitnah bermaksud Syirik Dalam Islam, berpaling dari jalan yang benar, sesat, pembunuhan dan kebinasaan, perselisihan dan peperangan, kemungkaran dan kemaksiatan. 

Termasuk adalah menyebar berita dusta/ palsu/ bohong/ mengada-ngada yang kemudian merugikan orang lain juga termasuk dalam fitnah. 

Allรขh berfirman, 

ุฃَู„َูŠْุณَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِุฃَุนْู„َู…َ ุจِุงู„ุดَّุงูƒِุฑِูŠู†َ 

Artinya: “Tidakkah Allรขh lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur (kepadaNya)?” (Al-An`รขm/6:53) 

Allรขh Subhanahu wa ta’ala tidak melihat bentuk fisik dan harta kalian. Dia hanya melihat pada hati dan amal kalian. Seorang fakir yang bersyukur, yang beriman kepada Allรขh, yang mencintai kebaikan, dialah wali Allรขh Subhanahu wa ta’ala. 

Adapun orang yang besar diri dan merasa tinggi tak sudi menerima kebenaran, yang merasa takjub dengan harta, diri dan kedudukan jabatannya, maka orang seperti ini tidak ada nilainya sama sekali di sisi Allรขh Subhanahu wa ta’ala. 

Meskipun menurut kaca mata dirinya, ia memiliki bobot yang besar, namun di sisi Allรขh ia tidak memiliki bobot sedikitpun. 

Allรขh berfirman:

ูˆَูƒَุฐٰู„ِูƒَ ูَุชَู†َّุง ุจَุนْุถَู‡ُู…ْ ุจِุจَุนْุถٍ ู„ِّูŠَู‚ُูˆْู„ُูˆْุٓง ุงَู‡ٰุٓคُู„َุงุۤกِ ู…َู†َّ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ู…ِّู†ْۢ ุจَูŠْู†ِู†َุงۗ ุงَู„َูŠْุณَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุจِุงَุนْู„َู…َ ุจِุงู„ุดّٰูƒِุฑِูŠْู†َ

Artinya: “Demikianlah Kami telah menguji sebagian mereka (orang yang kaya) dengan sebagian yang lain (orang yang miskin), agar mereka (orang yang kaya itu) berkata, “Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah oleh Allah?” (Allah berfirman), “Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang mereka yang bersyukur (kepada-Nya)?”” (Al-An`am / 6: 53) 

Mereka mendapatkan hidayah petunjuk, sementara kami tidak. Padahal mereka ini didera kefakiran dan kebutuhan. 

Kami ini lebih mulia dari mereka. Kami lebih hebat dari mereka. Ini semua atas dasar sangkaan mereka belaka. 

Karena barometer yang ada pada mereka adalah barometer kekayaan, harta dan jabatan kedudukan; bukan barometer hati dan amalan. Padahal barometer di sisi Allรขh adalah atas dasar hati dan amalan.

 ูˆَู„َูƒِู†ْ ูŠَู†ْุธُุฑُ ุฅِู„َู‰ ู‚ُู„ُูˆุจِูƒُู…ْ ูˆَุฃَุนْู…َุงู„ِูƒُู…ْ 

Akan tetapi Dia (Allรขh) melihat pada hati dan amalan kalian.(HR. Muslim)

Fitnah merupakan suatu kebohongan besar yang sangat merugikan dan termasuk dalam dosa yang tak terampuni oleh Allah Subhanahu wata'ala. Oleh karenya, Islam melarang umatnya memfitnah sebab fitnah adalah haram.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆุง ุงุฌْุชَู†ِุจُูˆْุง ูƒَุซِูŠْุฑًุง ู…ِّู†َ ุงู„ุธَّู†ِّۖ ุงِู†َّ ุจَุนْุถَ ุงู„ุธَّู†ِّ ุงِุซْู…ٌ ูˆَّู„َุง ุชَุฌَุณَّุณُูˆْุง ูˆَู„َุง ูŠَุบْุชَุจْ ุจَّุนْุถُูƒُู…ْ ุจَุนْุถًุงۗ ุงَูŠُุญِุจُّ ุงَุญَุฏُูƒُู…ْ ุงَู†ْ ูŠَّุฃْูƒُู„َ ู„َุญْู…َ ุงَุฎِูŠْู‡ِ ู…َูŠْุชًุง ูَูƒَุฑِู‡ْุชُู…ُูˆْู‡ُۗ ูˆَุงุชَّู‚ُูˆุง ุงู„ู„ّٰู‡َ ุۗงِู†َّ ุงู„ู„ّٰู‡َ ุชَูˆَّุงุจٌ ุฑَّุญِูŠْู…ٌ

Artinya ; “Wahai orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka, (sehingga kamu tidak menyangka sangkaan yang dilarang) karena sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah sebagian kamu menggunjing setengahnya yang lain. Apakah seseorang dari kamu suka memakan daging saudaranya yang telah mati? ( Jika demikian kondisi mengumpat) maka sudah tentu kamu jijik kepadanya. (Jadi patuhilah larangan-larangan tersebut) dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Q. S. Al-Hujarat : 12).

Di antara fitnah yang paling dahsyat adalah fitnah perpecahan dan pertikaian, serta kemunculan berbagai firqah (kelompok) dan jamaah. 

Keadaan ini telah diberitakan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , sebagaimana dalam hadits `Irbรขdh bin Sรขriyah Radhiyallahu anhu, Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

ูˆَุนَุธَู†َุง ุฑุณูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…َูˆุนุธุฉً ุจَู„ูŠุบَุฉً ูˆَุฌِู„َุชْ ู…ِู†ْู‡َุง ุงู„ู‚ُู„ُูˆุจُ ، ูˆَุฐَุฑَูَุชْ ู…ِู†ْู‡َุง ุงู„ุนُูŠُูˆู†ُ ، ูَู‚ُู„ْู†َุง ูŠَุง ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ِ ، ูƒَุฃَู†َّู‡َุง ู…َูˆْุนِุธَุฉُ ู…ُูˆَุฏِّุนٍ ูَุฃูˆْุตِู†َุง ، ู‚َุงู„َ : ุฃُูˆุตِูŠูƒُู…ْ ุจِุชَู‚ْูˆَู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงู„ุณَّู…ْุนِ ูˆَุงู„ุทَّุงุนَุฉِ 

Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi wejangan kepada kami dengan wejangan yang sangat mengesankan. Hati menjadi takut karenanya, mata meneteskan air mata disebabkannya. Lalu kami berkata, “Wahai Rasรปlullรขh! Seakan ini wejangan orang yang hendak berpisah, maka berilah wasiat kepada kita.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allรขh, dan mendengar serta taat.”(HR. Abu Daud)

(Mendengar dan taat) kepada yang memegang kendali urusan kaum Muslimin (pemimpin). Mengingat dalam hal itu terdapat persatuan kalimat kaum Muslimin, kekuatan dan kewibawaan umat, sehingga disegani para musuhnya. 

Bila umat ini berhimpun di bawah kendalinya, di bawah kepemimpinannya yang mukmin, maka hal itu akan menjadikan umat ini mempunyai wibawa dan kekuatan.

ูˆَุงู„ุณَّู…ْุนِ ูˆَุงู„ุทَّุงุนَุฉِ ูˆَุฅู†ْ ุชَุฃู…َّุฑ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุนَุจْุฏٌ

Dan kalian harus mendengar dan taat, meskipun yang memimpin kalian adalah seorang budak.(HR. Al-Bukhรขri dalam al-Ahkรขm)

Artinya: janganlah engkau menghina pemimpinmu bagaimanapun dia. Akan tetapi dengar dan taatlah, selama ia masih memerintahkan ketaatan kepada Allรขh. 

 ูَุฅِู†َّู‡ُ ู…َู†ْ ูŠَุนِุดْ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ูَุณَูŠَุฑَู‰ ุงุฎุชِู„ุงูุงً ูƒَุซِูŠْุฑًุง ูَุนَู„ูŠْูƒُู…ْ ุจุณُู†َّุชِูŠ ูˆุณُู†َّุฉِ ุงู„ุฎُู„َูุงุกِ ุงู„ุฑَّุงุดِุฏِูŠู†َ ุงู„ู…َู‡ْุฏِูŠِูŠِّู†َ ู…ِู†ْ ุจَุนْุฏِูŠ, ุชَู…َุณَّูƒُูˆุง ุจِู‡َุง ุนَุถُّูˆุง ุนَู„َูŠْู‡َุง ุจุงู„ู†َّูˆุงุฌِุฐِ ، ูˆَุฅِูŠَّุงูƒُู…ْ ูˆَู…ُุญْุฏَุซَุงุชِ ุงู„ْุฃُู…ُูˆุฑِ، ูَุฅِู†َّ ูƒُู„َّ ู…ُุญْุฏَุซَุฉٍ ุจِุฏْุนَุฉٌ، ูˆَูƒُู„َّ ุจِุฏْุนَุฉٍ ุถَู„َุงู„َุฉ 

Karena sesungguhnya barangsiapa yang masih hidup di antara kalian, maka ia akan melihat banyak perselisihan. Berpeganglah kalian pada sunnahku, dan sunnah para khulafa’ rasyidin yang mendapatkan bimbingan sepeninggalku. Peganglah dan gigitlah ia dengan gigi gerahammu. Jauhilah oleh kalian perkara-perkara yang diada-adakan. Karena sesungguhnya setiap perkara yang diada-adakan adalah bid’ah, sedangkan setiap bid’ah adalah sesat.(HR. At-Tirmidzi)

Demikianlah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberitakan tentang terjadinya perselisihan dalam hal pendapat dan pikiran, berbagai madzhab dan jamaah serta kelompok. 

Lalu Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan ketika itu untuk berpegang teguh dengan Kitabullah dan Sunnah Rasรปl-Nya, dan apa yang dipegang oleh para khulafa’ rasyidin. 

Itu akan menjadi jaminan keselamatan bagi orang yang mengamalkannya. Adapun orang yang terlepas dari Sunnah Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan manhaj para Khulafรข’ Rรขsyidin, maka ia akan terjatuh bersama dengan berbagai kelompok yang berbeda-beda tersebut.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

 ูَู…َู†ْ ุงَุธْู„َู…ُ ู…ِู…َّู†ْ ูƒَุฐَุจَ ุนَู„َู‰ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ูˆَูƒَุฐَّุจَ ุจِุงู„ุตِّุฏْู‚ِ ุงِุฐْ ุฌَุงุۤกَู‡ٗۗ ุงَู„َูŠْุณَ ูِูŠْ ุฌَู‡َู†َّู…َ ู…َุซْูˆًู‰ ู„ِّู„ْูƒٰูِุฑِูŠْู†َ

Artinya; “Maka nyatalah bahwa tidak ada yang lebih zhalim dari orang yang mereka-reka perkara-perkara yang dusta terhadap Allah, dan mendustakan sebaik-baik saja kebenaran itu disampaikan kepadanya. Bukankah (telah diketahui bahwa) dalam neraka jahanam tersedia tempat tinggal bagi orang-orang kafir?” (Q. S. Az-Zumar : 32).

ู‡َู„ۡ ุงُู†َุจِّุฆُูƒُู…ۡ ุนَู„ٰู‰ ู…َู†ۡ ุชَู†َุฒَّู„ُ ุงู„ุดَّูŠٰู€ุทِูŠูۡ†ُؕ :ูขูขูก ุชَู†َุฒَّู„ُ ุนَู„ٰู‰ ูƒُู„ِّ ุงَูَّุงูƒٍ ุงَุซِูŠูۡ…ٍۙ‏ :ูขูขูข ูŠُّู„ูۡ‚ُูˆูۡ†َ ุงู„ุณَّู…ุۡนَ ูˆَุงَูƒุۡซَุฑُู‡ُู…ۡ ูƒٰุฐِุจُูˆูۡ†َؕ‏ :ูขูขูฃ

“Maukah Aku beritakan kepadamu, kepada siapakah syaitan-syaitan itu selalu turun? Mereka turun ke tiap-tiap pendusta yang berdosa, yang mendengar sungguh-sungguh (apa yang disampaikan oleh syaitan-syaitan itu) sedangkan kebanyakan beritanya adalah dusta.”  (Q. S. Asy-Syuras : 221-223).

Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam khutbah dan pembicaraannya mengucapkan: 

ุฅู†َّ ุฎَูŠْุฑَ ุงู„ุญَุฏูŠุซِ ูƒِุชَุงุจُ ุงู„ู„ู‡ ، ูˆَุฎَูŠุฑَ ุงู„ู‡َุฏْูŠِ ู‡َุฏْูŠُ ู…ُุญَู…َّุฏٍ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ، ูˆَุดَุฑَّ ุงู„ุฃُู…ُูˆุฑِ ู…ُุญْุฏَุซَุงุชُู‡َุง ، ูˆَูƒُู„َّ ุจِุฏْุนَุฉ ุถَู„ุงู„َุฉٌ   ูˆَุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ุจِุงู„ْุฌَู…َุงุนَุฉِ ูَุฅู†َّ ูŠَุฏَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฌَู…َุงุนَุฉِ، ูˆَู…َู†ْ ุดَุฐَّ ุดَุฐَّ ูِูŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ 

Sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah Kitabullah. Dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Sedangkan seburuk-buruk  perkara adalah hal-hal yang diada-adakan. Dan setiap bid’ah adalah sesat. Berpeganglah kalian pada jamaah. Karena sesungguhnya tangan Allรขh di atas jamaah. Dan barangsiapa yang menyendiri (dari jamaah), ia terasing di neraka.(HR. Muslim)

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan jalan selamat dari fitnah yaitu berpegang pada Kitabullah dan petunjuk Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ; 

Serta berhati-hati dari perkara-perkara yang diada-adakan. Kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, yang artinya, ‘Berpeganglah kalian pada jamaah.’(HR. Ahmad)

Ini juga di antara jalan selamat. Yaitu ketika muncul perpecahan, perselisihan dan jamaah-jamaah yang beraneka ragam, maka seorang Muslim berdiri bersama jamaah Muslimin. 

Yaitu jamaah yang berjalan di atas derap langkah Rasรปl Shallallahu ‘alaihi wa sallam , yang meniti manhaj Rasรปl Shallallahu ‘alaihi wa sallam . 

Ia tidak mengikuti jalan para ahli kalam (mutakallimin), atau ahli jadal (ahli dialektika), atau ahli bid’ah; meskipun mereka menamakan diri dengan nama-nama yang memukau namun mengecoh. 

Jamaah di sini adalah yang berada di atas jalan yang ditempuh oleh Rasรปl Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Sahabatnya, meskipun jumlahnya sedikit. 

Jumlah yang banyak bukan menjadi syarat jamaah dan bukan indikasi bahwa ia berada di atas kebenaran. 

Allรขh Subhanahu wata'ala berfirman.

 ูˆَุฅِู†ْ ุชُุทِุนْ ุฃَูƒْุซَุฑَ ู…َู†ْ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูŠُุถِู„ُّูˆูƒَ ุนَู†ْ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ۚ ุฅِู†ْ ูŠَุชَّุจِุนُูˆู†َ ุฅِู„َّุง ุงู„ุธَّู†َّ 

“Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allรขh. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka,. (Al-An’am/6:116)

Selama mereka masih mengikuti persangkaan, maka mereka akan tersesat dari jalan Allรขh, meski jumlah mereka mencapai ratusan ribu atau jutaan. 

Adapun orang yang berada di atas kebenaran, maka itulah jamaah. Ialah kelompok yang selamat lagi mendapat pertolongan (firqah nรขjiyah manshรปrah). Ialah kelompok yang mendapat pertolongan. 

Mereka adalah ahlussunnah wal jamaah; seperti yang disabdakan Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

 ู„َุง ุชَุฒَุงู„ُ ุทَุงุฆِูَุฉٌ ู…ِู†ْ ุฃُู…َّุชِูŠ ุนَู„َู‰ ุงู„ْุญَู‚ِّ ุธَุงู‡ِุฑِูŠู†َ ู„ุงَ ูŠَุถُุฑُّู‡ُู…ْ ู…َู†ْ ุฎَุฐَู„َู‡ُู…ْ ูˆَู„ุงَ ู…َู†ْ ุฎَุงู„َูَู‡ُู…ْ ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุฃَู…ْุฑُ ุงู„ู„ู‡ِ ุชَุจَุงุฑَูƒَ ูˆَุชَุนَุงู„َู‰ 

Masih saja ada sekelompok dari umatku yang berada di atas kebenaran dengan mendapat kemenangan. Tidak akan membahayakan mereka (kelompok tersebut) orang yang menelantarakan mereka, tidak pula orang yang menyelisihi mereka, hingga datang putusan dari Allรขh.(HR. Al-Bukhรขri)

Berpegang pada jalan yang  ditempuh oleh Rasรปl Shallallahu ‘alaihi wa sallam perlu kesabaran. Terlebih di akhir zaman. 

Karena di penghujung masa, orang yang berpegang dengan sunnah Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menetapi jamaah kaum Muslimin akan menjumpai kepayahan yang begitu berat. Seperti dalam hadits, Rasรปlullรขh bersabda:

 ูŠَุฃْุชِูŠ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†َّุงุณِ ุฒَู…َุงู†ٌ ุงู„ุตَّุงุจِุฑُ ูِูŠู‡ِู…ْ ุนَู„َู‰ ุฏِูŠู†ِู‡ِ ูƒَุงู„ู‚َุงุจِุถِ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฌَู…ْุฑِ 

Artinya: Akan datang suatu zaman, di mana orang yang bersabar dari mereka di atas agamanya, laksana orang yang memegang bara api.(HR. At-Tirmidzi)

 Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda: 

ูَุฅِู†َّ ู…ِู†ْ ูˆَุฑَุงุฆِูƒُู…ْ ุฃَูŠَّุงู…ًุง ุงู„ุตَّุจْุฑُ ูِูŠู‡ِู†َّ ู…ِุซْู„ُ ุงู„ู‚َุจْุถِ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฌَู…ْุฑِ، ู„ِู„ْุนَุงู…ِู„ِ ูِูŠู‡ِู†َّ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِ ุฎَู…ْุณِูŠู†َ ุฑَุฌُู„ًุง ูŠَุนْู…َู„ُูˆู†َ ู…ِุซْู„َ ุนَู…َู„ِูƒُู…ْ 

Artinya: Sesungguhnya di belakang kalian (nanti) ada hari-hari, di mana bersabar pada waktu tersebut seperti halnya memegang bara api. Orang yang beramal di waktu tersebut seperti (mendapat) pahala 50 orang, yang beramal seperti amal kalian. 

Terdapat tambahan lain dalam riwayat perawi lain, bahwa Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya: “Wahai Rasรปlullรขh! (mendapatkan) Pahala 50 orang dari kami atau dari mereka? Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Bahkan pahala 50 orang dari kalian.(HR. At-Tirmidzi)

Maksudnya sepadan dengan pahala 50 orang Sahabat. Orang yang berpegang pada sunnah pada akhir zaman, saat berbagai fitnah bermunculan, ia tidak mempunyai para penolong. 

Bahkan kebanyakan manusia menentangnya, sampaipun orang-orang yang mengaku diri sebagai penganutnya. Mereka membuatnya cemas, menjelekkannya, dan menyalahkannya. Sehingga ia membutuhkan kesabaran. 

Oleh karena itu, ia mendapat pahala yang begitu agung, disebabkan ketegarannya di atas kebenaran saat berbagai fitnah bermunculan dan rintangan begitu banyak. 

Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan mereka sebagai kaum terasing (ghurabรข’). Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 ุทُูˆุจَู‰ ู„ِู„ْุบُุฑَุจَุงุกِ ู‚ِูŠู„َ ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَู…َู†ْ ุงู„ْุบُุฑَุจَุงุกُ ู‚َุงู„َ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุตْู„ِุญُูˆู†َ ุฅِุฐَุง ูَุณَุฏَ ุงู„ู†َّุงุณُ 

Beruntunglah orang-orang yang dianggap asing (ghurabรข’).” Rasรปlullรขh ditanya, “Wahai Rasรปlullรขh, siapakah orang-orang terasing itu?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “(Yaitu) orang-orang yang melakukan perbaikan tatkala orang-orang rusak.”(HR. Ahmad) 

Dalam riwayat lain:

 ูŠُุตْู„ِุญُูˆู†َ ู…َุง ุฃَูْุณَุฏَ ุงู„ู†َّุงุณُ 

Yaitu yang memperbaiki apa yang telah dirusak orang-orang.(HR. At-Tirmidzi)

Ini memperlihatkan kepada kita tentang suatu perkara besar yang akan terjadi di akhir zaman. Maka menjadi kewajiban kita untuk memohon ketegaran kepada Allรขh Subhanahu wata'ala dan memohon agar diwafatkan di atas Islam. 

Di samping itu, kita harus bersungguh-sungguh untuk mengetahui kebenaran dan mengenali orang-orang yang berpegang dengannya; serta mengetahui yang batil dan orang-orangnya. 

Tujuannya, agar kita bisa bergabung dengan kebenaran dan orang-orangnya, serta berhati-hati dari kebatilan dan orang-orangnya. 

Ini berarti memerlukan pemahaman dalam agama (tafaqquh fiddรฎn). Ini tidak bisa dilakukan oleh orang jahil. 

Ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang diberikan pemahaman dalam agama oleh Allรขh; yang diberikan bashรฎrah dengan ilmu yang bermanfaat; yang bisa membedakan antara petunjuk dan kesesatan, antara yang hak dan batil. 

Jadi, untuk selamat dari fitnah ini cukup sulit, padahal kita sudah melihat sendiri betapa gelombang fitnah begitu dahsyat melanda dunia dewasa ini.

Dunia sekarang ini terasa semakin berdekatan. Apa yang terjadi di ujung dunia, beritanya bisa sampai hingga ujung dunia yang lain dengan cepat. 

Keburukan, kefasikan dan kemaksiatan yang terjadi pun berpindah. Berpindah dengan perantara berbagai fasilitas canggih sekarang ini. 

Bahkan bisa masuk ke rumah-rumah yang tertutup, hingga pun sampai ke pedalaman di rumah-rumah (tenda-tenda) yang terbuat dari bulu domba. 

Mereka bisa menontonnya seakan turut hadir di tempat kejadian. Bukan hanya itu, bahkan bisa jadi itu, lebih jelas daripada di tempat terjadinya suatu keburukan. 

Ini termasuk ujian dan cobaan. Dunia ini sekarang telah diterpa gelombang fitnah. Fitnah syahwat yang sangat banyak bentuknya, juga fitnah syubhat, kesesatan dan ilhad. 

Semua ini “diekspor” ke seluruh penjuru dunia, sampai ke daerah yang paling ujung di segala penjuru, kecuali yang dirahmati Allรขh Azza wa Jalla . 

Untuk menghadapi ini, manusia memerlukan bashรฎrah (kekuatan ilmu). Ia harus mengambil langkah hati-hati. Ia harus mengetahui berbagai bahaya yang merupakan produk yang didatangkan dari luar sehingga ia bisa menjauhinya. 

Orang yang tidak punya bashรฎrah, tidak punya ilmu agama, mungkin saja ia akan memandang hal-hal tersebut sebagai bentuk kemajuan dan peradaban serta simbol kemakmuran, bahkan sebagian menganggapnya sebagai nikmat. 

Ia tidak tahu bahaya dan keburukan yang terkandung dalam perangkat modern tersebut. Jadi, ini masalah yang sangat serius. 

Sekarang ini, berbagai fitnah dipertontonkan dan ditawarkan kepada umat manusia, seperti yang digambarkan Rรขsulullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

ุชُุนْุฑَุถُ ุงู„ْูِุชَู†ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู‚ُู„ُูˆุจِ ูƒَุงู„ْุญَุตِูŠุฑِ ุนُูˆุฏًุง ุนُูˆุฏًุง، ูَุฃَูŠُّ ู‚َู„ْุจٍ ุฃُุดْุฑِุจَู‡َุง، ู†ُูƒِุชَ ูِูŠู‡ِ ู†ُูƒْุชَุฉٌ ุณَูˆْุฏَุงุกُ، ูˆَุฃَูŠُّ ู‚َู„ْุจٍ ุฃَู†ْูƒَุฑَู‡َุง، ู†ُูƒِุชَ ูِูŠู‡ِ ู†ُูƒْุชَุฉٌ ุจَูŠْุถَุงุกُ ، ุญَุชَّู‰ ุชَุตِูŠุฑَ ุนَู„َู‰ ู‚َู„ْุจَูŠْู†ِ، ุนَู„َู‰ ุฃَุจْูŠَุถَ ู…ِุซْู„ِ ุงู„ุตَّูَุง ูَู„َุง ุชَุถُุฑُّู‡ُ ูِุชْู†َุฉٌ ู…َุง ุฏَุงู…َุชِ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชُ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถُ، ูˆَุงู„ْุขุฎَุฑُ ุฃَุณْูˆَุฏُ ู…ُุฑْุจَุงุฏًّุง ูƒَุงู„ْูƒُูˆุฒِ، ู…ُุฌَุฎِّูŠًุง ู„َุง ูŠَุนْุฑِูُ ู…َุนْุฑُูˆูًุง، ูˆَู„َุง ูŠُู†ْูƒِุฑُ ู…ُู†ْูƒَุฑًุง، ุฅِู„َّุง ู…َุง ุฃُุดْุฑِุจَ ู…ِู†ْ ู‡َูˆَุงู‡ُ 

Dilekatkan fitnah pada sisi hati (atau dipaparkan pada hati) seperti halnya tikar yang dilekatkan (dipintal) sehelai demi sehelai. Maka hati manapun bila telah tercampur terasukinya (fitnah tersebut), maka digoreskan padanya titik hitam. 

Dan hati mana saja yang mengingkarinya (menolaknya), maka digoreskan padanya titik putih. Sehinga hati manusia terbagi menjadi dua hati; hati yang putih seperti batu marmer yang halus. Ketika itu fitnah tidaklah membahayakannya, sepanjang langit dan bumi tetap tegak. 

Sedangkan yang lain hati yang hitam kelam; seperti cangkir yang dibalikkan. Ia tidak mengenal yang ma’ruf (yang baik) dan tidak mengingkari yang munkar; kecuali apa-apa yang telah terasuki oleh hawa nafsunya.(HR. Muslim)

Fitnah ini ditunjukkan pada hati manusia. Hati manakah yang mengingkari fitnah ini? Hati yang mengingkarinya adalah hati yang faqรฎh (yang memahami agama) lagi mempelajari Kitabullah; yang mengetahui hukum Allรขh dalam masalah-masalah ini. Adapun orang yang tidak tahu, maka ia akan terwarnai fitnah. 

Terkadang ia justru terpana dengan fitnah tersebut, dan menganggapnya bentuk peradaban dan kemajuan. Ia menyangka bahwa menjauhi hal tersebut justru masuk dalam kategori gaya hidup yang kasar dan keras. 

Tidak ada yang bisa menjaga dari berbagai fitnah ini, kecuali apa yang telah Allรขh jadikan sebagai penjaga dan pelindung. Yaitu Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Allรขh berfirman.

 ูƒِุชَุงุจٌ ุฃَู†ْุฒَู„ْู†َุงู‡ُ ุฅِู„َูŠْูƒَ ู„ِุชُุฎْุฑِุฌَ ุงู„ู†َّุงุณَ ู…ِู†َ ุงู„ุธُّู„ُู…َุงุชِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†ُّูˆุฑِ ุจِุฅِุฐْู†ِ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ุฅِู„َู‰ٰ ุตِุฑَุงุทِ ุงู„ْุนَุฒِูŠุฒِ ุงู„ْุญَู…ِูŠุฏِ

 “(Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Rabb mereka, (yaitu) menuju jalan Rabb Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji. (Ibrรขhรฎm/14:1)

Allรขh juga berfirman dalam awal Surat Al-Baqarah

 ุงู„ู… ﴿ูก﴾ ุฐَٰู„ِูƒَ ุงู„ْูƒِุชَุงุจُ ู„َุง ุฑَูŠْุจَ ۛ ูِูŠู‡ِ ۛ ู‡ُุฏًู‰ ู„ِู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ ﴿ูข﴾ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุจِุงู„ْุบَูŠْุจِ ูˆَูŠُู‚ِูŠู…ُูˆู†َ ุงู„ุตَّู„َุงุฉَ ูˆَู…ِู…َّุง ุฑَุฒَู‚ْู†َุงู‡ُู…ْ ูŠُู†ْูِู‚ُูˆู†َ ﴿ูฃ﴾ ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุจِู…َุง ุฃُู†ْุฒِู„َ ุฅِู„َูŠْูƒَ ูˆَู…َุง ุฃُู†ْุฒِู„َ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِูƒَ ูˆَุจِุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ู‡ُู…ْ ูŠُูˆู‚ِู†ُูˆู†َ ﴿ูค﴾ ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ุนَู„َู‰ٰ ู‡ُุฏًู‰ ู…ِู†ْ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ۖ ูˆَุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْู…ُูْู„ِุญُูˆู†َ 

Alif laam miim; Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. dan mereka yang beriman kepada Kitab (al-Qur’รขn) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Rabb mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. [Al-Baqarah /2: 1-5] 

Dalam permulaan surat di atas, Allรขh Subhanahu wa Ta’alamenyebutkan bahwa al-Qur’รขn ini adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa; khusus untuk orang bertakwa. Kemudian Allรขh menjelaskan siapakah mereka yang bertakwa? Kemudian Allรขh menyebutkan golongan kedua, yaitu kaum kafir, dan golongan ketiga, yakni kaum munafik. 

Allรขh menyebutkan bahwa manusia dilihat dari sikap mereka terhadap Al-Quran ada tiga golongan: Yang beriman kepadanya, secara lahir maupun batin. Mereka adalah kaum bertakwa. Mereka yang kufur terhadap Kitab ini, baik secara lahir maupun batin. Allรขh berfirman yang artinya: 

Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allรขh telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. (Al-Baqarah /2: 6-7). 

Mereka yang secara lahiriah (mengaku) beriman dengannya, namun mereka mengkufurinya dalam hati. Mereka adalah kaum munafik. Allรขh Subhanahu wata'ala menyebutkan belasan ayat tentang mereka, mulai dari ayat ke-8 sampai ayat ke-20 dari Surat al-Baqarah. 

Intinya, bahwa dalam Kitabullah terdapat petunjuk dan cahaya. Barangsiapa ingin selamat dari berbagai fitnah ini, maka ia harus berpegang pada Kitabullah. 

Ia harus membacanya dan mengamalkan isi kandungannya. Ia adalah sumber pertama untuk mendapat petunjuk dan keselamatan dari keburukan di dunia dan akhirat. Ia harus sering membaca, mentadabburi al-Quran yang agung ini serta mengamalkannya. 

Demikian juga (harus berpegang pada) Sunnah Rasรปlullรขh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , karena ia menafsirkan dan menjelaskan al-Qur’รขn, sebagaimana firman Allรขh Subhanahu wata'ala , yang artinya, 

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). (An-Najm/53:3-4)

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda: 

ุฅِู†ِّูŠ ู‚َุฏْ ุชَุฑَูƒْุชُ ูِูŠْูƒُู…ْ ุดَูŠْุฆَูŠْู†ِ ู„َู†ْ ุชَุถِู„ُّูˆุง ุจَุนْุฏَู‡ُู…َุง ูƒِุชَุงุจَ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุณُู†َّุชِูŠ 

Sesungguhnya aku tinggalkan untuk kalian (sesuatu), yang bila kalian berpegang padanya, kalian tidak akan tersesat sepeninggalku: Kitabullah dan Sunnahku.(HR. Hakim)

Inilah yang bisa menjaga dan menjamin dari berbagai fitnah bagi orang yang berpegang pada keduanya. Dan Nabi memberitakan dalam berbagai hadits, bahwa akan ada berbagai fitnah:

 ุจَุงุฏِุฑُูˆุง ุจِุงู„ْุฃَุนْู…َุงู„ِ ูِุชَู†ًุง ูƒَู‚ِุทَุนِ ุงู„ู„َّูŠْู„ِ ุงู„ْู…ُุธْู„ِู…ِ ูŠُุตْุจِุญُ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ู…ُุคْู…ِู†ًุง ูˆَูŠُู…ْุณِูŠ ูƒَุงูِุฑًุง ุฃَูˆْ ูŠُู…ْุณِูŠ ู…ُุคْู…ِู†ًุง ูˆَูŠُุตْุจِุญُ ูƒَุงูِุฑًุง ูŠَุจِูŠุนُ ุฏِูŠู†َู‡ُ ุจِุนَุฑَุถٍ ู…ِู†ْ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง 

Bergegas-gegaslah untuk beramal, (karena akan datangnya) berbagai fitnah seperti penggalan-penggalan malam yang gulita. Seseorang berada di waktu pagi dalam keadaan beriman, sedangkan petang harinya menjadi kafir. Atau sore harinya ia dalam keadaan mukmin, namun di waktu pagi ia menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan kesenangan (hina) dunia.(HR Muslim) 

Ia menjual agamanya dengan kesenangan dunia yang hina. Ia lebih mendahulukan dunia daripada akhirat. Ia meninggalkan shalat, tidak mengeluarkan zakat, durhaka kepada Allรขh dan Rasรปl-Nya. 

Ia justru menuruti syaitan dan para pengikutnya. Kita memohon kepada Allรขh agar diberi keselamatan dari berbagai fitnah dahsyat ini. 

Berbagai fitnah semakin menjadi-jadi. Semakin zaman surut ke belakang, makin parah pula fitnah-fitnah yang menerpa, hingga akan datang fitnah-fitnah besar yang beruntun hingga terjadinya Hari Kiamat. 

Jadi, manusia hidup di dunia ini beriringan dengan berbagai fitnah. Ia akan hidup beriringan dengan fitnah, khususnya mereka yang hidup di akhir zaman, mereka lebih banyak beriring berdampingan dengan fitnah. 

Berbagai fitnah di masa mereka lebih banyak, dikarenakan dekatnya Hari kiamat dan penghabisan dunia.

Bahaya Fitnah

Allah Subhanahu wata'ala berfirman;

ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุٓง ุงِู†ْ ุฌَุงุۤกَูƒُู…ْ ูَุงุณِู‚ٌۢ ุจِู†َุจَุงٍ ูَุชَุจَูŠَّู†ُูˆْุٓง ุงَู†ْ ุชُุตِูŠْุจُูˆْุง ู‚َูˆْู…ًุงۢ ุจِุฌَู‡َุงู„َุฉٍ ูَุชُุตْุจِุญُูˆْุง ุนَู„ٰู‰ ู…َุง ูَุนَู„ْุชُู…ْ ู†ٰุฏِู…ِูŠْู†َ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”.(Q. S. Al Hujurat:6).

Apapun yang kita dengar dari orang lain, segala ucapan itu kita terima dengan telinga, bukan dengan lidah (ucapan). 

Berita-berita itu menyebar luas dari telinga ke telinga seolah keluar dari mulut ke mulut. Hati adalah yang menentukan apakah semua berita yang di dengar itu adalah benar atau salah. Allah Subhanahu wata'ala berfirman :

ุงِุฐْ ุชَู„َู‚َّูˆْู†َู‡ٗ ุจِุงَู„ْุณِู†َุชِูƒُู…ْ ูˆَุชَู‚ُูˆْู„ُูˆْู†َ ุจِุงَูْูˆَุงู‡ِูƒُู…ْ ู…َّุง ู„َูŠْุณَ ู„َูƒُู…ْ ุจِู‡ٖ ุนِู„ْู…ٌ ูˆَّุชَุญْุณَุจُูˆْู†َู‡ٗ ู‡َูŠِّู†ًุงۙ ูˆَّู‡ُูˆَ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„ّٰู‡ِ ุนَุธِูŠْู…ٌ ۚ

“Kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja.Padahal dia pada sisi Allah adalah besar” (Q. S. An Nur : 15).

Selanjutnya, firman AllahSubhanahu wata'ala mengenai pertanggung jawaban panca indera kita di akhirat;

ุฅِู†َّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَุฑْู…ُูˆู†َ ุงู„ْู…ُุญْุตَู†َุงุชِ ุงู„ْุบَุงูِู„ุงุชِ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†َุงุชِ ู„ُุนِู†ُูˆุง ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَุงู„ุขุฎِุฑَุฉِ ูˆَู„َู‡ُู…ْ ุนَุฐَุงุจٌ ุนَุธِูŠู…ٌ (23) ูŠَูˆْู…َ ุชَุดْู‡َุฏُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุฃَู„ْุณِู†َุชُู‡ُู…ْ ูˆَุฃَูŠْุฏِูŠู‡ِู…ْ ูˆَุฃَุฑْุฌُู„ُู‡ُู…ْ ุจِู…َุง ูƒَุงู†ُูˆุง ูŠَุนْู…َู„ُูˆู†َ (24) ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ูŠُูˆَูِّูŠู‡ِู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฏِูŠู†َู‡ُู…ُ ุงู„ْุญَู‚َّ ูˆَูŠَุนْู„َู…ُูˆู†َ ุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู‡ُูˆَ ุงู„ْุญَู‚ُّ ุงู„ْู…ُุจِูŠู†ُ (25)

“Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la’nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka adzab yang besar, pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. Pada hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yang setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka, bahwa Allah-lah Yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya).” (Q. S. An Nur : 23-25).

Fitnah itu hukumnya sangat berat, lebih berat daripada ketidaktaatan atau dosa besar. Sebab fitnah itu sendiri berbahaya;

1. Menimbulkan kesengsaraan

Oleh sebab berita yang disebarkan tidaklah benar, fitnah sangat merugikan terutama bagi orang yang difitnah dan bisa jadi harga dirinya hancur di mata masyarakat dan menjadi bahan cemoohan. Sedangkan bagi yang memfitnah sendiri tidak akan lagi bisa dipercaya dan setiap orang pasti akan menjauhinya.

2. Menimbulkan keresehan

Oleh sebab fitnah yang disebarkan masyarkat jadi tidak tenang karena takut. Misalnya, ada yang difitnah menjadi pencuri, pastinya orang akan takut jika suatu saat mereka akan jadi korban.

3. Memecah kebersamaan dan tali silaturrahmi

Satu fitnah bisa menghancurkan satu bangsa karena satu fitnah saja bisa menimbulkan berbagai masalah yang akhirnya bisa menjadi seperti lingkaran setan (masalah yang tiada akhir). Padahal Keutamaan Menyambung Tali Silaturahmi dalam Islam sangatlah besar.

4. Dapat mencelakai orang lain

Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan, pada kenyataannya itu memang benar. Fitnah umumnya dilatarbelakangi ketidaksukaan atau kebenciaan terhadap orang lain, tidak menutup kemungkinan turut membangkitkan niatan jahat berbuat kriminal yang dapat mencelakai orang lain.

5. Fitnah merugikan orang lain

Sudah sangat jelas bahwa fitnah banyak memberikan korbannya kerugian, mulai dari fisik, psikis, sampai harta benda dan keluarga. Yang paling menyakitkan adalah hancurnya harga diri karena pada dasarnya setiap manusia pasti ingin dihargai di mata manusia lainnya.

6. Tanda orang munafik

Ciri-ciri orang munafik yakni; bicaranya dusta, ketika diberi kepercayaan (amanah) justru mengkhianatinya, dan melanggar janji.

7. Masuk neraka

Fitnah merupakan salah satu dosa besar yang menjadi penghalang seorang Muslim masuk surga. Akibat dari perbuatan fitnah sendiri akan menjadi tanggungannya seumur hidup yang apabila tidak segera bertaubat maka neraka lah ancamannya.

0 Response to "Fitnah dan Bahayanya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak