Pentingnya Backlink Blog

Backlink merupakan salah satu bagian yang penting yang bisa menentukan posisi website/ blog di dalam penelusuran mesin pencari. 

Hal ini yang menjadi pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink gratis kerap kali melintas di benak sebagian besar blogger maupun web developer.

Mempelajari dan memahami mengenai backlink memang tidak mudah bagi seorang blogger. karena itu, selalu saja ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerak-gerik yang dinilai bisa merugikan banyak orang. 

Setiap link yang ditujukan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema link dan melanggar Panduan Webmaster Google. Ini mencakup perilaku apa pun yang memanipulasi link ke situs atau link yang keluar dari situs Anda.

Salah satunya yakni kehadiran algoritma Google Penguin yang diplot untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

Selain itu, membuat link yang tidak ditempatkan atau dijamin secara editorial oleh pemilik situs di sebuah halaman, atau yang biasa disebut sebagai link tak wajar, dapat dianggap melanggar panduan.

Lantas bagaimana, agar kita dapat semakin mengenal seputar backlink dan berbagai hal yang lainya, pada artikel kali ini secara khusus sudah merangkum pengertian backlink lengkap dengan contoh backlink, tips, hingga panduan cara mendapatkan backlink gratis berkualitas.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website kita. Backlink bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekadar untuk keperluan optimasi agar website kita lebih populer di mata mesin pencari.

Dari segi manfaat, backlink dibedakan menjadi dua jenis, yakni dofollow dan nofollow. Kedua jenis backlink di atas sebenarnya tidak berbeda sama sekali jika dilihat secara kasat mata. 

Namun, jenis backlink dofollow lebih banyak disukai karena memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari, sementara jenis nofollow relatif kurang diminati karena tidak memberikan efek berarti untuk website.

Dengan perkembangan bog/situs sekarang ini, kebutuhan backlink semakin berkembang pesat seiring maraknya kampanye berbasis SEO sebagai salah satu strategi untuk menarik calon pembeli. 

Lantas, yang menjadi pertanyaan kira-kira adakah tips atau cara yang ampuh untuk mencari backlink berkualitas tinggi?

Bagi Anda yang baru saja memulai menekuni atau membuat blog atau website, istilah apa itu backlink mungkin masih kurang familiar bahkan mungkin membingungkan. 

Apa yang membedakan backlink dari jenis-jenis link lainnya? Mengapa istilah backlink sering muncul di pembahasan SEO (Search Engine Optimization)? 

Kenapa Anda harus memahami backlink dan menerapkannya di website atau blog anda? Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? 

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke halaman blog/website Anda. 

Kegiatan membangun backlink disebut juga link building. Terdapat juga istilah external link dan inbound link. Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink. 

Anda adalah pemberi backlink ketika meletakkan link website atau blog orang lain di website anda. Penerima backlink adalah website yang mendapatkan link dari pemberi backlink.

Sebenarnya hal ini cukup sederhana. Meskipun terlihat sederhana, backlink juga memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog anda.

Mengapa Backlink Itu Penting?

Setelah kita memahami apa itu backlink, kini saatnya untuk mempelajari mengapa backlink itu penting. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari backlink dan mengapa Anda juga harus memanfaatkannya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink itu penting:

Google Dapat Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Penjelasan mengenai balik pertanyaannya “Mengapa backlink penting?” adalah itulah cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. 

Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu.

Mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling di halaman tersebut, untuk kemudian memasukkannya ke indeks Google.

Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari website lainnya akan sulit ditemukan oleh mesin telusur Google.

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin mudah Google menemukan halaman website Anda. 

Ini yang harus diperhatikan. Anda juga harus mempertimbangkan kualitas backlink. Anda tidak bisa asal-asalan dalam mencari backlink. Sebab backlink tidak berkualitas bisa jadi malah merugikan website anda.

Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google

Ketika orang mencari sebuah kata kunci di Google, Google akan berusaha untuk memberikan hasil pencarian terbaik untuk si pencari. 

Google tentu akan mengarahkan pencarian pada halaman-halaman website yang populer. Bagaimana Google menilai sebuah halaman website populer atau tidak. 

Ini yang penting Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas sebuah halaman website. Semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke website Anda, semakin baik reputasi website anda di penilaian Google.

Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebelumnya sudah  jelaskan sebelumnya bahwa backlink menjadi indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. 

Ini yang perlu diperhatikan juga bahwa Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google juga menilai backlink di website anda berdasarkan relevansinya.

Apa yang dimaksud dengan backlink yang relevan? 

Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan juga. 

sebagai contohnya, sebuah perusahaan computer dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi. Dengan seperti itu maka perusahaan computer tersebut bisa dianggap kredibel oleh Google.

Apa yang terjadi ketika perusahaan computer tersebut mendapatkan backlink dari website atau blog selain dari teknologi misalnya wisata Tentu Google akan mempertanyakan kredibilitas website perusahaan  tersebut.

Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Backlink dapat membantu website untuk lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga bisa muncul di hasil pencarian. 

Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan, semakin bagus juga penilaian Google terhadap website anda. hal ini yang membuat halaman website anda bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

Selain trafik yang anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. 

Apalagi jika website pemberi backlink tersebut sudah memiliki reputasi bagus di Google dan mendapatkan banyak trafik. Trafik yang didapatkan dari website pemberi backlink tersebut juga akan mengarah ke website anda.

 Strategi Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Karena backlink yang berkualitas tidak mungkin didapatkan dengan mudah. Strategi membangun backlink berkualitas terdiri diawali dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan solutif. 

Berikut adalah cara mendapatkan backlink berkualitas di website Anda.

Bangun Kredibilitas

Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, anda harus membangun kredibilitas website atau blog anda terlebih dahulu. 

Ini yang Perlu anda perhatikan. Biasanya website atau blog dengan backlink berkualitas hanya bersedia untuk memberikan backlink ke website dan blog berkualitas. Oleh karena itu, anda perlu membenagun kredibilitas terlebih dahulu.

Tulis Konten yang Lengkap dan Solutif

Pastikan konten di website anda adalah konten yang lengkap dan mampu menjawab pertanyaan para pencari. 

Konten yang anda tulis juga harus solutif. Jadi setelah membaca artikel di blog atau website anda, pembaca bisa menyelesaikan masalah yang dialaminya. 

Dengan menerapkanya di blog anda maka mereka tidak akan ragu untuk membagikan artikel anda di media sosial atau bahkan website atau blognya.

Buat Konten yang Unik

Selain konten yang lengkap dan solutif, konten anda juga harus menarik dan seunik mungkin. Jika memungkinkan, buatlah konten yang belum pernah dibuat oleh orang lain. Sudut pandang yang belum pernah diambil orang lain. 

Misalnya, Anda bisa melakukan studi kasus tentang pelanggan atau bisnis anda. Keunikan konten anda akan menarik orang lain untuk menanamkan link ke website atau blog anda.

Buat Infografik

Terkadang orang malas membaca paragraf-paragraf panjang. Untuk menyiasati ini, anda bisa memanfaatkan infografik. 

Buatlah infografik agar orang-orang tertarik membaca artikel anda. Selain itu, orang-orang juga lebih mudah membagikan infografik karena lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Gunakan Content Sharing Platform

Kebanyakan orang membagikan artikel atau konten terbarunya di media sosial. Hal itu memang wajib dilakukan. 

Akan tetapi, selain membagikan konten di media sosial, anda juga perlu membagikan konten Anda content sharing platform.

Content sharing platform seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare bisa dimanfaatkan untuk menempatkan link website atau blog anda. 

Anda bisa menulis artikel baru yang masih berkaitan dengan topik yang anda bahas lalu letakkan link artikel yang anda inginkan. 

Dengan ini maka anda mendapatkan backlink dari content sharing platform tersebut. Meskipun link-nya bersifat nofollow, metode ini tetap layak diterapkan untuk mempromosikan konten blog atau website.

Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah ketika anda menulis artikel yang tidak untuk diterbitkan di blog anda sendiri, melainkan diterbitkan di blog atau website orang lain. 

Di dalam artikel tersebut Anda meletakkan link menuju blog atau website Anda. Namun, anda perlu memilih blog atau website dengan trafik tinggi agar guest blogging bisa terasa manfaatnya.

Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Anda tidak bisa asal-asalan dalam mencari backlink. Google tidak menilai backlink dari kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas. 

Ingat, backlink tidak berkualitas hanya akan merugikan anda. Jadi anda harus menyeleksi backlink dengan teliti agar mendapatkan backlink berkualitas. 

Berikut enam kriteria backlink berkualitas:

Relevansi

Anda harus mendapatkan backlink yang relevan agar bisa memperoleh efek positif dari backlink. Bagaimana menentukan website yang relevan dengan website anda.

Buatlah skala prioritas website yang potensial untuk ditanami backlink. Anda bisa mengelompokkannya menjadi beberapa kelompok website potensial. Dari sangat relevan, cukup relevan, hingga tidak relevan.

Kelompok backlink sangat relevan adalah website-website yang memang kebanyakan isinya adalah review produk tertentu. 

Misalnya, bisnis anda adalah komputer dan laptop. Carilah website atau blog review yang khusus mereview komputer dan laptop.

Di kelompok backlink cukup relevan, anda bisa memperluas kriteria calon backlink. Anda bisa mencari blog atau website yang kebanyakan postingannya adalah tentang teknologi, tidak hanya laptop dan komputer.

Terakhir, apakah anda bisa menanam backlink di website yang tidak relevan dengan bisnis anda? Jawabannya adalah iya dan tidak. 

Anda bisa menanam backlink di website yang tidak relevan dengan syarat website tersebut memiliki trafik super tinggi dan membahas konten beragam seperti portal berita. 

Jika website tersebut tidak relevan dengan bisnis dan tidak memiliki trafik tinggi, sebaiknya tinggalkan saja.

Punya Pengaruh (Authority)

Relevansi saja tidak cukup. Anda juga harus memastikan website yang akan anda tanami backlink benar-benar memiliki kredibilitas dan berpengaruh. 

Bagaimana cara memastikan kredibilitas sebuah website? Anda bisa memeriksa kredibilitas website menggunakan software seperti Ahrefs. 

Kredibilitas di Ahrefs diukur menggunakan skala 1 sampai 100 yang disebut dengan Domain Rating (DR). 

Domain Rating mengukur berapa banyak backlink berkualitas yang didapatkan sebuah website. Semakin tinggi nilai DR, semakin potensial untuk backlink.

Trafik

Selain Domain Rating (DR), anda juga perlu mempertimbangkan jumlah trafik yang dihasilkan sebuah website sebelum menjadikannya backlink. 

Untuk mengukur berapa trafik yang dihasilkan sebuah website per bulannya anda juga bisa menggunakan Ahrefs. Pastikan website yang akan ditanami backlink benar-benar mendapatkan trafik.

Standar Editorial

Perhatikan juga standar editorial konten website yang akan ditanami backlink. Biasanya yang menghasilkan backlink berkualitas adalah website dengan standar editorial ketat seperti portal berita atau blogger kredibel.

Kualitas Outbound Link

Website dengan kualitas backlink bagus biasanya hanya akan memberikan backlink ke website berkualitas saja. Oleh karena itu, perhatikan outbound link dari calon website yang akan ditanami backlink. 

Terindeks Google

Terakhir dan yang paling penting adalah terindeks Google. Website yang akan anda tanami backlink wajib terindeks oleh Google. 

Jika sebuah website tidak terindeks Google, sebaiknya ditinggalkan. Sebab menanam backlink di website yang tidak terindeks Google adalah hal sia-sia.

Cara mengecek apakah sebuah website sudah terindeks Google atau belum, cukup mudah. Buka Google. Kemudian ketik “site:contohwebsite.com”. Jika setelah itu tidak muncul apa pun, tinggalkan website tersebut

Membangun website dengan backlink berkualitas diperlukan banyak usaha. Perlu diingat bahwa sebelum membangun backlink berkualitas, anda harus membangun pondasi utamanya terlebih dahulu, yaitu konten yang berkualitas. 

Sebanyak apa pun backlink yang anda dapatkan, semuanya akan sia-sia tanpa konten yang unik, lengkap, dan berkualitas. Backlink yang anda dapatkan pun harus memenuhi kriteria tertentu agar efeknya dapat dirasakan. 

Jadi selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan untuk menanam backlink menggunakan indikator yang sudah dibahas di atas. Dengan demikian maka backlink anda akan membuahkan efek positif di website atau blog.

0 Response to "Pentingnya Backlink Blog"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak