Tentang Dua Rakaat Sebelum Subuh

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada untaian kata yang pantas diucapkan seorang hamba dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala, semoga rahmat dan karunia-Nya selalu menyertai setiap langkah-langkah kita dalam penghambaan kepada-Nya. 

Tak lupa pula, shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada manusia paling mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang selalu istiqamah dalam menjalankan risalahnya hingga akhir zaman

Saudara sekalian, salat sunah adalah penyempurna salat fardu. Tentunya setiap hamba sangat butuh untuk memperbanyak ibadah sunah agar bisa menutupi kekurangan pada ibadah wajibnya. 

Di antara salat sunah yang sangat besar keutamaannya adalah dua rakaat sebelum Subuh. 

Berikut akan kami sebutkan beberapa pembahasan tentang pembahasan dua rakaat sebelum Subuh dari para ulama. 

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Keutamaan

Tentang keutamaan dua rakaat sebelum Subuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Dua rakaat fajar (sunah sebelum Subuh) lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya” (Muslim, no 752 dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha).

Karena keutamaannya yang sangat besar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam rutin mengerjakannya. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau berkata,

لم يكن النبي صلى الله عليه وسلم على شيء من النوافل أشد منه تعاهداً على ركعتي الفجر

“Tidak ada ibadah sunah yang paling Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam jaga (rutinkan) selain dua rakaat fajar (sebelum Subuh).” (Al-Bukhari, no. 1.169).

Kemudian dalam lafaz yang lain disebutkan,

أنَّ النبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ لم يكن على شيءٍ من النَّوافلِ، أشدَّ معاهدةً منه، على ركعتَينِ قبلَ الصبحِ

“Tidak ada ibadah sunah yang paling Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam jaga (rutinkan) selain dua rakaat sebelum Subuh” (Muslim, no. 724).

Kenapa dua rakaat sebelum Subuh dikatakan lebih baik daripada dunia beserta isinya? 

Al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-Mubarakfuri rahimahullah mengatakan,

قال الشاه ولي الله الدهلوي في حجة الله البالغة إنما كانتا خيرا منها؛ لأن الدنيا فانية ونعيمها لا يخلو عن كدر النصب والتعب، وثوابهما باق غير كدر

“Syah Waliyullah al-Dahlawi mengatakan, hanya saja dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya karena dunia serta kenikmatannya itu fana, tidak lepas dari rasa letih dan lelah. Adapun pahala dua rakaat sebelum Subuh tetap dan tidak luntur.”

(Tuhfah al-Ahwadzi, Jilid 2, hlm. 388).

Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

الدنيا منذ خلقت إلى قيام الساعة بما فيها من كل الزخارف من ذهب وفضة ومتاع وقصور ومراكب وغير ذلك، هاتان الركعتان خير من الدنيا وما فيها؛ لأن هاتين الركعتين باقيتان والدنيا زائلة

“Dunia sejak diciptakan hingga hari kiamat dengan segala bentuk perhiasan di dalamnya, entah berupa emas, perak, perhiasan, istana, kendaraan atau yang lainnya, maka dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya tersebut. Hal itu karena dua rakaat ini (pahalanya) tetap, sedangkan dunia pasti akan sirna” (Al-Syarh al-Mumti‘, Jilid 4, hlm. 70).

Beliau juga mengatakan,

سنة الفجر الراتبة خير من الدنيا وما فيها، الدنيا من أولها إلى آخرها بملوكها ورؤسائها وزخارفها (ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها) والله نعم يا إخوان، نعم، نعم! يعني: أنت إذا صليت راتبة الفجر كأنما الدنيا كلها من أولها إلى آخرها قد حصلت عليها، بل حصلت على خير منها (ركعتا الفجرخير من الدنيا وما فيها)

“Salat sunah sebelum Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya dari awal sampai akhirnya; kerajaan-kerajaannya, pemimpin-pemimpinnya, dan segala perhiasannya. ‘Dua rakaat sebelum Subuh lebih baik daripada dunia beserta isinya,’ yakni apabila engkau salat sunah sebelum Subuh, seakan-akan dunia semuanya dari awal hingga akhir sungguh telah engkau dapatkan. Bahkan, engkau telah mendapatkan yang lebih baik daripada itu semua” (Al-Liqa’ al-Syahri, Jilid 52, hlm. 23).

Hukum

Terjadi perbedaan pendapat tentang hukum salat dua rakaat sebelum Subuh. 

Namun, pendapat yang paling kuat adalah sunah muakadah karena tidak ada pengharusan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, wallahu a’lam. 

Inilah pendapat jumhur ulama. Al-Imam al-Nawawi rahimahullah berkata,

وأنهما سنة ليستا واجبنين وبه قال جمهور العلماء

“Dua rakaat tersebut hukumnya sunah, tidak wajib. Inilah pendapat jumhur ulama” (Syarh Shahih Muslim, Jilid 6, hlm. 4).

Hukumnya Ketika Safar

Disunahkan bagi setiap muslim untuk selalu mengerjakan salat sunah sebelum Subuh ini, baik dalam keadaan safar maupun mukim, karena di antara salat yang selalu dijaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dua rakaat sebelum Subuh. Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

وكان من هديه صلى الله عليه وسلم فيسفره الاقتصار على الفرض، ولم يحفظ عنه أنه صلى سنة الصلاة قبلها ولا بعدها إلا ما كان من الوتر، وسنة الفجر فإنه لم يكن ليدعهما حضرا ولا سفرا

“Termasuk petunjuk beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika safar adalah mencukupkan salat fardu (tidak mengerjakan salat rawatib). Tidak terdapat riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau mengerjakan salat sunah sebelum dan sesudahnya kecuali salat witir serta dua rakaat sebelum Subuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya, baik dalam safar maupun mukim” (Zad al-Ma’ad, Jilid 1, hlm. 456).

Syekh ‘Abdul‘aziz bin Baz rahimahullah tatkala ditanya tentang mengerjakan salat sunah rawatib ketika safar menjelaskan,

الأولى تركها في السفر إلا سنة الفجر تأسيا بالنبي صلى الله عليه وسلم، فيصلي سنة الفجر معها، أما سنة الظهر والمغرب والعشاء والعصر أفضل تركها لأن الله خفف على المسافر نصف الصلاة، فيترك التطوعات التي مع الفريضة، أما كونه يصلي صلاة الضحى أو سنة الوضوء أو التهجد بالليل، فهذا باق يفعله المسافر وغيره، كان النبي صلى الله عليه وسلم يتهجد من الليل، يصلي الضحى وهو مسافر لكن سنة الظهر القبلية والبعدية، وسنة العصر قبلها، وسنة المغرب بعدها، وسنة العشاء بعدها الأفضل تركها في السفر

“Yang lebih utama adalah tidak mengerjakan salat sunah rawatib kecuali dua rakaat sebelum Subuh karena mencontoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun salat sunah Zuhur, Maghrib, Isya, dan Asar, yang lebih utama adalah ditinggalkan karena Allah meringankan bagi musafir setengah salat. Karena itu, salat-salat sunah yang mengiringi salat wajib ditinggalkan. Adapun salat duha, sunah wudu, atau tahajud, tetap dilakukan musafir dan yang bukan musafir karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam salat tahajud dan salat duha dalam keadaan beliau musafir. Adapun salat sunah Zuhur qabliyah dan ba‘diyah, salat qabliyah Asar, ba‘diyah Maghrib, serta ba‘diyah Isya, yang lebih utama adalah tidak dikerjakan ketika safar” (Fatawa Nur ‘ala al-Darb, Jilid 10, hlm. 381).

Sifat

Dua rakaat ini tidak sulit untuk dikerjakan. Yang sesuai dengan sunah adalah dikerjakan dengan dua rakaat ringan dan tidak panjang. Dari Hafshah radhiyallahu ‘anha berkata,

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا طلع الفجر لا يصلي إلا ركعتين خفيفتين

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila waktu fajar telah terbit, tidaklah beliau mengerjakan salat melainkan dua rakaat ringan sebelum Subuh” (Muslim, no. 723).

Al-Imam al-Nawawi rahimahullah menjelaskan,

يسن تخفيف سنة الصبح وأنهما ركعتان

“Disunahkan meringankan salat sunah Subuh dan bilangannya adalah dua rakaat” (Syarh Shahih Muslim, Jilid 6, hlm. 2).

Meskipun sifatnya dua rakaat ringan, tidak boleh dikerjakan dengan tergesa-gesa dan harus tetap menjaga thuma’ninah karena itu merupakan keharusan dan termasuk dari rukun salat. 

Apa itu thuma’ninah? Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

المحافظة على الطمأنينة ركن من أركان الصلاة

“Menjaga thuma’ninah termasuk rukun dari rukun-rukun salat” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 15, hlm. 155).

Beliau juga mengatakan,

الطمأنينة كما قال الفقهاء: السكون وإن قل

“Thuma’ninah sebagaimana kata fukaha adalah sifat tenang walaupun dalam waktu yang sebentar (berhenti dan diam walaupun sejenak–pen)” (Fath Dzi al-Jalali wa al-Ikram, Jilid 2, hlm. 13).

Surah Yabg Dibaca

Setelah bacaan al-Fatihah disunahkan membaca beberapa surah sebagai berikut.

Surah al-Kafirun di rakaat pertama dan al-Ikhlas di rakaat kedua berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قرأ في ركعتي الفجر

(قل ياأيها الكافرون)

(قل هو الله أحد)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surah qul ya ayyuhal kafirun dan qul huwallahu ahad di dua rakaat sebelum Subuh” (Muslim, no. 726).

Surah al-Baqarah ayat ke-136 di rakaat pertama dan surah Ali ‘Imran ayat ke-52 di rakaat kedua berdasarkan hadis dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في ركعتي الفجر في الأولى منهما

(قولوا آمنا بالله وما أنزل إلينا)

الآية التي في البقرة وفي الآخرة منهما

(آمنا بالله واشهد بأنا مسلمون)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dua rakaat sebelum Subuh membaca qulu amanna billah wa ma unzila ilaina, yaitu ayat yang terdapat di dalam surah al-Baqarah; dan di rakaat yang kedua amanna billahi wasyhad bianna muslimun” (Muslim, no. 727).

Surah al-Baqarah ayat ke-136 di rakaat pertama dan surah Ali ‘Imran ayat ke-64 di rakaat kedua berdasarkan hadis dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في ركعتي الفجر

(قولوا آمنا بالله وما أنزل إلينا)

والتي في آل عمران

(تعالوا إلى كلمة سواء بيننا وبينكم)

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca di dua rakaat sebelum Subuh quluu amanna billahi wama unzila ilaina dan ayat yang ada pada surah Ali ‘Imran ta’alau ila kalimatin sawa’in bainana wa bainakum” (Muslim, no 727).

Yang sunah adalah dia meragamkan bacaannya, terkadang membaca ayat ini dan terkadang ayat ini sesuai yang disunahkan tersebut. Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

إن الأفضل أن يفعل هذا تارة وهذا تارة ليأتي بالسنة على وجوهها الواردة

“Sesungguhnya yang afdal adalah terkadang dia melakukan ini dan terkadang melakukan ini agar dapat mengamalkan semua sunah yang datang (tentang bacaan tersebut)” (Fatawa Nur ’ala al-Darb, Jilid 8, hlm. 2).

Namun, jika waktu sempit karena sudah mendekati ikamah, tidak mengapa mencukupkan dengan bacaan al-Fatihah saja. Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

لا حرج أن تقتصر على الفاتحة في ركعتي الفجر

“Tidak mengapa mencukupkan dengan al-Fatihah saja pada dua rakaat sebelum Subuh” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 13, hlm. 155).

Tatkala Bangun Kesiangan

Dalam hal ini Syekh ‘Abdul‘aziz bin Baz rahimahullah menjelaskan,

إن فاتته هذه السنة بأن نام مثلا ولم يستيقظ إلا بعد طلوع الفجر فإنه يبدأبسنة الفجر ثم يصلي الفريضة كما فعل النبي صلى الله عليه وسلم لما نام هو وأصحابه في بعض الأسفار عن صلاة الفجر

“Jika sunah ini terluputkan bagi seseorang pada waktunya, misal karena tertidur, tidaklah dia bangun kecuali setelah fajar terbit, maka yang semestinya dia lakukan adalah memulai dengan salat sunah Subuh kemudian salat wajib, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala tertidur dari salat Subuh bersama para sahabatnya dalam sebagian safarnya” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 11, hlm. 377).

Hukum Menggodanya

Tatkala seseorang terluputkan untuk melaksanakan salat sunah sebelum Subuh karena sudah didahului ikamah, maka boleh bagi seseorang mengqada salat sunah rawatib secara umum, selama dia meninggalkannya karena uzur. Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

من فاته شيء من هذه الرواتب، فإنه يسن له قضاؤه، بشرط أن يكون الفوات لعذر كاالنسيان والنوم والانشغال بما هو أهم

“Barang siapa yang terluputkan sesuatu dari sunah-sunah rawatib ini, maka disunahkan untuk diqada dengan syarat luput karena uzur, seperti lupa, tertidur, atau tersibukkan dengan urusan yang lebih penting” (Al-Syarh al-Mumti‘, Jilid 4, hlm. 72–73).

Adapun jika dia meninggalkannya dengan sengaja, maka tidak sah jika diqada. Beliau kembali menjelaskan,

أما إذا تركها عمدا حتى فات وقتها فإنه لا يقضيها ولو قضاها لم تصح منه راتبة وذلك لأن الرواتب عبادات مؤقتة والعبادات المؤقتة إذا تعمد الإنسان إخراجها عن وقتها لم تقبل منه ودليل ذلك من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد

“Adapun jika dia meninggalkannya dengan sengaja sampai terluput waktunya, maka hendaknya tidak dia qada. Jika dia lakukan, maka tidak sah karena salat rawatib adalah ibadah yang ditentukan waktunya. Jika seseorang sengaja meninggalkannya sampai keluar dari waktunya, maka tidak akan diterima. Yang menjadi landasan dalam hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Barang siapa melakukan amalan yang tidak ada contoh dari kami, maka tertolak'” (Al-Syarh al-Mumti‘, Jilid 4, hlm. 73).

Waktu Qada

Dalam hal ini terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ibnu Qudamah menyebutkan bahwa al-Imam Ahmad berpendapat, diqada pada waktu duha. 

Jika dikerjakan langsung setelah Subuh, maka sah. Adapun Atha’, Ibnu Juraij, dan al-Imam al-Syafi’i berpendapat diqada setelah Subuh, sementara al-Imam Abu Hanifah berpendapat tidak diqada setelah subuh” (Al-Mughni, Jilid 2, hlm. 89).

Pendapat yang kuat adalah pendapat al-Imam Ahmad rahimahullah bahwa yang afdal adalah dikerjakan pada waktu tatkala matahari telah terbit, yaitu pada waktu duha. 

Hal itu berdasarkan hadis sahih dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من لم يصل ركعتي الفجر فليصلهما بعد ما تطلع الشمس

“Barang siapa yang belum mengerjakan dua rakaat sebelum subuh, hendaknya dilakukan setelah matahari terbit” (Al-Tirmidzi; Ibnu Khuzaimah; Ibnu Hibban; dan yang lainnya; disahihkan oleh Syekh al-Albani dalam al-Shahihah, no 2.361).

Jika dilakukan langsung setelah salat Subuh pun boleh meskipun pada waktu terlarang karena telah disebutkan di dalam hadis.

رأَى رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ رجلًا يصلِّي بعدَ الغداةِ فقالَ يا رسولَ اللَّهِ لم أكُنْ صلَّيتُ ركعتيِ الفجرِفصلَّيتُهما الآنَ فلم يقُل شيئًا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki salat setelah salat Subuh, maka dia berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku belum sempat mengerjakan salat dua rakaat sebelum Subuh, maka aku kerjakan sekarang.’ Nabi tidak mengatakan sesuatu pun” (Ahmad, no. 23.760; al-Tirmidzi, no. 422; dan Abu Dawud, no. 1.267).

Al-Imam al-Syaukani rahimahullah menguatkan hadis ini setelah menyebutkan beberapa riwayat. Beliau berkata,

قال العراقي وإسناده حسن ويحتمل أن الرجل هو قيس المتقدم

“Al-‘Iraqi mengatakan sanad hadis ini hasan (dengan dikumpulkan jalan-jalannya) dan kemungkinan (besar) laki-laki ini adalah Qais bin ‘Amr bin Sahl radhiyallahu ‘anhu” (Nail al-Authar, Jilid 3, hlm. 33).

Al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-Mubarakfuri rahimahullah mengatakan,

وقد ثبت هذا الحديث

“Sungguh telah tetap (sanad) hadis ini” (Tuhfah al-Ahwadzi, Jilid 2, hlm. 403).

Al-Imam Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

 وسكوت النبي صلى الله عليه وسلم يدل على الجواز، ولأن النبي صلى الله عليه وسلم قضى سنة الظهر بعد العصر

“Diamnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang hal ini menunjukkan bahwa perbuatan ini dibolehkan karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengqada salat sunah Zuhur setelah Asar (ketika itu beliau tersibukkan dengan tamu–pen)” (Al-Mughni, Jilid 2, hlm. 89).

Namun, jika dikerjakan pada waktu duha, itulah yang afdal keluar dari khilaf. Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan,

وإذا كان الأمر هكذا كان تأخيرها إلى وقت الضحى أحسن لنخرج من الخلاف ولا نخالف عموم الحديث وإن فعلها فهو جائز

“Jika dia mengerjakannya pada waktu duha, niscaya lebih baik agar keluar dari perselisihan dan tidak menyelisihi dalil-dalil umum (yang melarang salat setelah subuh sampai matahari terbit). Jika dia kerjakan setelah Subuh, maka tidak mengapa” (Al-Mughni, Jilid 2, hlm. 89).

Al-‘Allamah Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan tentang hal ini,

قضاء سنة الفجر بعد صلاة الفجر لا بأس به على القول الراجح. ولا يعارض ذلك حديث النهي عن الصلاة بعد صلاة الفجر؛ لأن المنهي عنه الصلاة التي لا سبب لها. ولكن إن أخر قضاءها إلى الضحى ولم يخش من نسيانها، أو الانشغال عنها فهو أولى

“Tidak mengapa mengqada salat sunah Subuh setelah salat Subuh menurut pendapat yang kuat. Hal ini tidak bertentangan dengan hadis larangan salat setelah salat Subuh karena larangan tersebut berlaku bagi salat yang tidak ada sebabnya. Akan tetapi, jika dia akhirkan sampai waktu duha dan tidak khawatir terlupakan serta tersibukkan dengan yang lainnya, hal ini lebih utama” (Majmu‘ Fatawa, Jilid 14, hlm. 280).

Oleh: Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu Umar غفر الرحمن له.

0 Response to "Tentang Dua Rakaat Sebelum Subuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak